Perikanan

Pakan Ikan Bandeng: Komposisi, Jenis, dan Cara Pemberiannya

jenis penyakit ikan bandeng

Ikan bandeng menjadi salah satu jenis ikan yang banyak masyarakat konsumsi, dan olah menjadi berbagai jenis makanan. Hal tersebut membuat permintaan pasar ikan bandeng juga meningkat, sehingga harus ada pasokan bandeng yang dijual di pasaran.

Biasanya budidaya ikan bandeng cukup lama memberikan makan selama kisaran enam bulan sampai dengan satu tahun. Namun, saat ini terdapat cara lebih efektif dan relatif cepat panen ikan bandeng, yakni dengan memilih jenis pakan yang tepat. 

Artikel ini akan membahas cara mempercepat pertumbuhan ikan bandeng agar cepat besar dengan memilih jenis pakan yang dibutuhkan. 

Peluang Bisnis Budidaya Ikan Bandeng

Seperti yang sudah disampaikan di atas bahwa ikan bandeng memiliki permintaan pasar yang cukup luas. Hal tersebut karena ikan bandeng bisa diolah menjadi berbagai jenis lauk pauk, seperti bandeng presto, otak-otak bandeng dan masih banyak lagi. Selain itu, ikan bandeng juga mengandung banyak nutrisi baik dengan rasanya yang lezat.

Fakta tersebut tentunya membuat budidaya ikan bandeng berpotensi memiliki profit yang menjanjikan. Apalagi budidaya ikan bandeng yang hidup di air tawar ini terbilang cukup mudah karena memiliki tingkat kelangsungan hidup yang tinggi. 

Bahkan ikan bandeng mudah beradaptasi di lingkungan baru. Ikan ini bisa dibudidayakan di kolam, tambak, keramba atau jaring apung. 

Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Bandeng Agar Cepat Besar Terbukti Tingkatkan Keuntungan

Komposisi dan Kebutuhan Nutrisi Ikan Bandeng

Pemberian pakan pada ikan bandeng tentunya bertujuan meningkatkan ukuran besar dan bobot ikan, sehingga nilai jual menjadi tinggi. Dalam konsep komposisi pakan ikan bandeng, Anda perlu memastikan bahwa pemberian pakan sesuai dengan komposisi kebutuhannya agar pertumbuhannya tidak terhambat. 

Meski begitu, pemberian pakan secara berlebihan juga dapat mempengaruhi kualitas air karena terlalu banyak bahan organik dalam kolam. 

Berikut komposisi dan kebutuhan nutrisi ikan bandeng:

  1. Kadar protein mulai dari 20 sampai 60 persen dari jumlah ikan yang dulur budidayakan.
  2. Kadar lemak yang dibutuhkan kisaran 4 sampai 18 persen. Berikan pakan dari lemak hewani atau nabati untuk jenis pakan dengan jenis kadar lemak ini. 
  3. Kadar vitamin dan mineral ikan bandeng butuhkan adalah sebanyak 2 sampai 5 persen.
  4. Kadar karbohidrat yang dibutuhkan adalah kisaran 20 sampai 30 persen. Karbohidrat ini kandungan pakan yang terdiri dari serat kasar, bahan ekstrak tanpa nitrogen (BETN). Gunakan jagung, beras, dedak atau tepung terigu untuk memberikan kebutuhan karbohidrat untuk ikan bandeng. 

Jenis Pakan Ikan Bandeng Agar Cepat Besar

pakan ikan bandeng

Banyak alternatif jenis pakan bandeng dengan kadar komposisi nutrisi yang dibutuhkan ikan bandeng yang  bisa digunakan. Berikut jenis pakan ikan bandeng yang mempercepat pertumbuhan ikan menjadi besar. 

Ganggang Kersik

Jenis pakan ganggang kersik (bacillariophyceae) merupakan alga yang mudah ditemukan di kolam air tawar atau air asin. Pakan alami ini memiliki kandungan nutrisi seperti zat kersik, silikat, dan pigmen fotosintesis (klorofil a,c), santrofil (diatosantin, fukosantin, dan diaddinosantin). 

Selain bagus sebagai pakan, ganggang kersik juga memiliki manfaat menjagga kualitas air, yakni menurunkan pH air yang terlalu tinggi yang tidak ikan sukai. 

Protozoa

Jenis pakan protozoa memiliki beberapa jenis seperti didinium, calpoda, dan paramecium. Pakan alami dengan kandungan bahan organik ini mudah dikembangbiakkan di air tawar. Biasanya ukuran protozoa sangat kecil, yakni kisaran 25 sampai 300 micron. 

Cacing Tanah

Cacing tanah merupakan pakan yang banyak petambak ikan bandeng gunakan, karena perawatannya yang mudah dan menjadi pakan favorit ikan bandeng. Jenis pakan ini memiliki kandungan protein, lemak dan vitamin yang mempercepat pertumbuhan ikan.

Cacing Darah

Cacing darah berbentuk merah kecoklatan yang hampir mirip dengan larva nyamuk chironomus. Jenis cacing ini ukurannya kisaran satu sampai 3 cm. Jenis pakan ini kaya akan kandungan protein sebanyak 62 persen, kadar lemak 10 persen dan kandungan air. 

Kutu Air

Terdapat dua jenis kutu air yang cocok sebagai pakan ikan bandeng, yakni daphnia dan moina. Memiliki ukuran yang kecil dan berkoloni, kutu air ini mengandung protein yang tinggi, kadar air sebesar 66 persen, dan kadar lemak sebanyak 6 persen. 

Adanya kandungan di atas membantu mempercepat pertumbuhan budidaya ikan bandeng Anda.

Klekap

Klekap merupakan lumut yang juga mudah dikembangbiakkan secara alami di sekitar tambak atau di air tawar. Jenis pakan ini bisa menjadi salah satu pakan ikan bandeng secara alami.  

Artemia

Jenis pakan artemia adalah sejenis udang dengan ukuran kecil atau biasanya disebut sebagai benih udang yang masih hidup di pesisir pantai. Pakan ini memiliki kandungan protein dan lemak sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan ikan bandeng. 

Azola

Azolla merupakan jenis pakan alami, yakni tanaman paku air yang biasa ditemukan di kawasan persawahan. Pakan ini mengandung protein, karbohidrat, vitamin dan mineral yang baik untuk ikan bandeng. Bahkan azolla juga memiliki sumber serat yang membantu dalam pencernaan ikan bandeng. 

Keong Sawah

Keong sawah juga termasuk alternatif pakan yang mudah dulur temukan di sawah. Jenis pakan ini bisa mempercepat pertumbuhan ikan bandeng secara alami. 

Serpih

Serpih merupakan jenis pakan buatan yang termasuk banyak pembudidaya gunakan untuk merawat ikan dalam akuarium. Meski begitu, serpih juga cocok menjadi alternatif pakan untuk ikan bandeng untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. 

Butiran

Butiran juga pakan buatan yang bisa Anda campur dengan pakan jenis serpih. Jika harga pakan serpih berkisar Rp 40 ribu, jenis pakan butiran lebih murah yakni kisaran Rp 20 ribu. 

Tablet

Pakan buatan selanjutnya adalah pakan tablet yang memiliki bobot cukup berat, sehingga pakan ini tidak mudah mengapung dan mudah dimakan ikan.

Daun Talas

Daun talas juga bisa dulur gunakan sebagai pakan alternatif untuk ikan bandengan yang membantu mempercepat pertumbuhannya. Selain itu, daun talas juga memiliki kandungan karbohidrat, serat, protein dan vitamin yang baik untuk ikan bandeng. 

Sebelum memberikan pakan daun talas, pastikan untuk memotongnya dengan ukuran kecil agar mudah ikan makan.

Ampas Kelapa

Ampas kelapa adalah sisa-sisa kelapa dari proses pembuatan santan. Cara memberikan pakan ampas kelapa ini hanya dengan menebar ampas dalam tambak ikan atau dengan mencampurkan tepung ikan pada ampas.

Wolffia

Wolffia merupakan tanaman kecil di bumi yang bisa Anda beli di toko tanaman. Pakan dengan harga kisaran Rp 30 ribu ini cocok untuk ikan bandeng yang masih kecil.

Plankton

Plankton merupakan jenis pakan alami yang dapat muncul di tambak ikan bandeng. Agar ikan bandeng melahirkan plankton, pastikan membersihkan kolam agar ikan bandeng melahirkan plankton dengan mudah. Jenis pakan ini memiliki kadar protein  yang tinggi dan bagus untuk pertumbuhan ikan bandeng.

Sistem bioflok bisa meningkatkan kualitas hasil panen komoditas perikanan. Tak hanya itu, sistem bioflok juga menjadi sistem budidaya yang jauh lebih mudah untuk diterapkan. Untuk dulur yang tertarik mempelajari teknik budidaya yang satu ini, dulur bisa langsung aja gabung dengan meng-klik gambar di bawah ini.

Ada banyak sekali ilmu yang akan dulur pelajari dengan mengikuti pelatihan budidaya perikanan secara bioflok. Mulai dari persiapan, pengelolaan kolam, cara memaksimalkan hasil panen, serta teknik mengatasi masalah yang sering terjadi saat budidaya lele berlangsung. Tunggu apa lagi, segera daftarkan diri dengan klik disini.

Selain menyimak apa saja jenis pakan alternatif yang ideal untuk budidaya bandeng, dulur juga bisa cari info tips budidaya yang tepat melalui video berikut ini.

Waktu Pemberian Pakan

Lakukan pemberian pakan tiga kali sehari untuk ikan berusia 0 sampai 2 bulan. Dan berikan pakan sebanyak dua kali sehari untuk ikan berusia 3 sampai 6 bulan. 

Cara Pemberian Pakan Ikan Bandeng

Sebelum mempelajari cara pemberian pakan ikan bandeng dengan baik, Anda perlu mengetahui dan mencatat kebutuhan pakan ikan bandeng. Dengan kata lain, pakan yang dulur berikan tidak kekurangan atau kelebihan. Hal tersebut bisa dulur lakukan dengan mengecek berat dan kondisi ikan. 

Berikut beberapa cara memberikan pakan pada ikan bandeng:

  1. Siapkan pakan dalam ember atau wadah khusus.
  2. Berikan pakan dengan ukuran lima sampai tujuh persen dari bobot ikan yang telah Anda sampling.
  3.  Berikan vitamin tambahan pada pakan dan aduklah secara merata. 
  4. Tebar pakan secara merata pada tambak atau kolam setelah proses persiapan pemberian pakan.

Vitamin Ikan Bandeng Agar Cepat Besar dan Panen Meningkat

Selain memberikan pakan alternatif di atas, dulur juga bisa menggunakan vitamin khusus untuk mendorong pertumbuhan ikan bandeng agar cepat besar. Vitamin yang dimaksud adalah Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Perikanan.

vitamin ikan bandeng

Mitra GDM Organik telah membuktikan kemanjuran produk ini dalam meningkatkan hasil panen bandeng mereka. Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Perikanan memberikan banyak keuntungan untuk tambak bandeng, misalnya;

  1. dapat membantu meningkatkan kualitas air tambak bandeng,
  2. meningkatkan sistem imun ikan bandeng agar tak mudah terserang penyakit,
  3. mampu memperbaiki sistem pencernaan ikan bandeng dan mempercepat proses pembesaran/penggemukan
  4. mencegah serangan hama penyakit dan mempercepat umur panen,
  5. dapat memperbanyak pakan alami dalam tambak,
  6. menjaga ekosistem dan lingkungan tambak agar tetap seimbang, berkelanjutan, serta lestari.

Selain itu penggunaan vitamin ini juga sangat mudah, dulur dapat langsung menyiram atau menyemprotkan Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Perikanan ke seluruh air tambak.

Baiknya gunakan suplemen ini dengan dosis 6 ml/m2, dulur bisa mengulangi pengaplikasiannya dengan interval 10 hari sekali.

Nah, setelah membaca penjelasan mengenai jenis pakan ikan bandengan dan vitamin tambahannya di atas, apakah dulur berminat untuk memulai budidaya ikan bandeng sendiri?

Pastikan untuk menggunakan rangkaian produk GDM Organik untuk membantu meningkatkan pembesaran ikan bandeng, juga membantu membuat hasil panen lebih besar. 

Jika terjadi kendala saat memulai atau melakukan budidaya ikan bandeng, dulur bisa langsung mengonsultasikannya bersama tim kami dengan klik tombol di bawah ini.