Perkebunan

Rangkaian Pupuk untuk Tanaman Kayu Manis agar Cepat Besar, Simak Ya!

Budidaya kayu manis bisa menghasilkan keuntungan yang cukup menjanjikan, loh, dulur. Apalagi jika dulur bisa memberikan perawatan dan pupuk untuk tanaman kayu manis, sehingga batang kayu manis jadi besar dan menghasilkan panen berkualitas.

Kayu manis dapat tumbuh di tempat manapun. Mulai dari tempat dengan dataran rendah, hingga tempat di daerah dataran tinggi. Namun, agar kayu manis ini dapat tumbuh dengan maksimal, idealnya bisa dulur tanam di ketinggian 500 – 1500 mdpl.

Meski begitu, dulur bisa juga menanam kayu manis di daerah dataran rendah di bawah 500 mdpl. Kayu manis akan dapat tumbuh dengan sangat cepat. 

Namun, hasil panen nantinya akan terpengaruh. Sebab kualitas kulit kayu manis nantinya akan berbeda. Pada ketebalan kulit dan juga aroma kayu manis yang dikeluarkan akan kurang terasa.

Pada daerah dataran rendah, kayu manis dapat tumbuh dengan baik dan juga dengan hasil panen yang bagus. Namun, hal ini dipengaruhi oleh kondisi lingkungan, kondisi tanah, iklim, dan faktor-faktor pertumbuhan lainnya. 

Sehingga apabila ingin hasil panen kayu manis nantinya bagus, tentunya dibutuhkan perawatan dan pengawasan rutin yang sesuai.

Jika dulur ingin menanam dan memiliki hasil panen kayu manis dengan kualitas terbaik, dulur bisa merawat tanaman dengan sebaik-baiknya. Berikan produk-produk GDM agar tanaman bisa tercukupi asupan mineral serta dapat tumbuh dengan baik.

Peluang Usaha Kayu Manis

Kayu manis ini sendiri merupakan tanaman yang kulitnya diambil untuk dijadikan rempah-rempah masakan. Kulit kayu manis yang digunakan adalah kulit bagian dalam, yang apabila dikeringkan akan menghasilkan aroma manis yang khas. 

pupuk untuk tanaman kayu manis 1

Sehingga kayu manis ini sering digunakan sebagai campuran minuman, kue, rempah-rempah masakan nusantara, obat-obatan, bahkan jura parfum dan kosmetik.

Karena kegunaan dari kayu manis ini, maka permintaan pasar akan kayu manis pun tergolong tinggi. Permintaan pasar yang tinggi, akan menghasilkan profit yang tinggi pula. Jadi, budidaya kayu manis ini tentunya memiliki peluang usaha yang sangat menjanjikan bukan?

Rangkaian Pupuk untuk Tanaman Kayu Manis

Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Perkebunan

pupuk untuk bidara

Sebelum mempersiapkan media tanam dan juga lubang tanam, pemupukan perlu dilakukan agar tanah tercukupi unsur haranya. Oleh karenanya gunakan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Perkebunan untuk memastikan tanaman kayu manis dapat bertahan hidup dan tumbuh dengan  baik.

Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Perkebunan ini sendiri merupakan pupuk organik cair yang terbuat dari bahan organik. Jenis pupuk ini dapat membantu meningkatkan produktivitas pada tanaman kayu manis, membuat batang tumbuh lebih tinggi serta memiliki lingkar batang yang lebih besar. 

Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Perkebunan ini juga dapat mengatasi serangan hama dan penyakit, seperti serangan ulat, jamur, dan kutu putih yang dapat merusak tanaman.

Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Perkebunan ini mampu memperbaiki kualitas tanah, menggemburkan, memberi mineral tambahan, serta mencegah adanya penyakit akibat jamur dan bakteri patogen. 

Karena Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Perkebunan ini memiliki kandungan mineral dan juga bakteri apatogen yang baik untuk tanah dan baik diserap oleh tumbuhan kayu manis. 

Dalam melakukan pemupukan, lebih rincinya dulur bisa menggunakan GDM SaMe Granule Bio Organik dan juga bisa menggunakan GDM Black BOS.

GDM SaMe Granule Bio Organik

GDM SaMe Granule Bio Organik ini sendiri merupakan pupuk yang berasal dari ekstrak organik dengan konsentrat tinggi. Produk GDM ini memiliki kandungan yang tidak dimiliki produk pupuk lainnya, yakni bakteri premium dan juga unsur hara yang lengkap. 

Terdapat pula 6 jenis bakteri yang mampu membantu menghasilkan enzim, hormon, dan juga antibiotik alami. Yang mana menunjukkan jika penggunaan GDM SaMe Granule Bio Organik ini dapat membantu meningkatkan produktivitas, imunitas, dan tentunya pertumbuhan pada tanaman kayu manis.

Kandungan bakteri yang terdapat pada GDM SaMe Granule Bio Organik dapat berfungsi sebagai stimulan untuk bakteri apatogen yang secara alami sudah ada di alam. 

Sehingga GDM SaMe Granule Bio Organik ini dapat membantu meningkatkan kualitas tanah, dan mencegah penularan penyakit yang menular dalam tanah seperti pembusukan akar, pembusukan batang, bercak pada daun, tanaman layu, bulai, aeromonas, dan lain sebagainya. 

Selain membantu mencegah penularan penyakit tanaman, GDM SaMe Granule Bio Organik juga mampu menyuburkan kembali tanah yang rusak.

GDM Black BOS

GDM Black BOS ini merupakan produk yang memiliki kandungan unggulan berupa bakteri premium serta unsur hara. Produk GDM ini mampu menjadi stimulan dengan konsentrat tinggi terhadap bakteri apatogen, meningkatan kualitas tanah, mencegah penularan penyakit, memperbaiki kondisi tanah menjadi layak tanam, dan mampu mendegradasi polutan dalam tanah dan logam berat.

GDM Black BOS ini sendiri merupakan pasangan yang cocok untuk digunakan bersamaan dengan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Perkebunan dan GDM Suplemen Organik Cair. Sebab GDM Black BOS mampu meningkatkan hasil panen hingga mencapai keuntungan yang berlipat-lipat loh. 

Selain itu, GDM Black BOS ini memiliki 4 macam kandungan bakteri yang secara enzimatis dan juga sinergis dapat menguraikan limbah dan residu dalam tanah. 

Hal ini mampu membantu mengembalikan kondisi tanah hingga menjadi subur kembali. GDM Black BOS ini terbukti mampu menurunkan tingkat cemaran logam berat yang terdapat dalam tanah hingga 80% loh lur.

Dosis dan Cara Penggunaan Pupuk untuk Kayu Manis

Untuk memaksimalkan lagi pemupukan untuk kayu manis, dulur perlu memberikan pupuk dengan dosis yang tepat sesuai dengan tahan juga usia dari tanaman kayu manis. Berikut ini dosis serta cara penggunaan pupuk yang dapat dulur ikuti.

Pemupukan Dasar

Saat dulur menyiapkan lubang tanam, dulur bisa menaburkan pupuk ke dalamnya. Caranya yakni sebagai berikut:

  • Taburkan 10 gram GDM SaMe Granule Bio Organik ke dalam tiap lubang tanam. Selanjutnya lakukan penaburan ulang dalam interval atau rutin berkala 6 bulan setelah penaburan GDM SaMe Granule Bio Organik yang pertama.
  • Setelahnya siapkan GDM Black BOS Organik dengan perbandingan yakni 10 kg per hektar tanah. Dulur bisa mencampurkan GDM SaMe Granule Bio Organik  tersebut dengan air. Perbandingan yang dapat dulur gunakan yakni 250 ml GDM SaMe Granule Bio Organik  untuk per 14 liter air. Setelahnya dapat disemprotkan ke tiap lubang tanam tanaman kayu manis.

Pemupukan Susulan 1

Setelah melakukan pemupukan dasar, dulur perlu melakukan pemupukan rutin atau pemupukan susulan. Setelah tanaman berusia 0 – 1 tahun setelah penanaman, dulur sudah dapat memberikannya pemupukan susulan yang pertama. 

Berikut dosis dan juga cara pemupukan susulan pertama yang dapat dulur ikuti:

  • Siapkan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Perkebunan sebanyak 12 liter. Atau siapkan 20 ml GDM Spesialis Perkebunan untuk per liter airnya. Yang dicampurkan dan kemudian diberikan pada tiap pohon. Aplikasikan tiap 1 bulan sekali ya, lur
  • Siapkan GDM SaMe Granule Bio Organik sebanyak 250 gram untuk per pohonnya. Taburkan secara merata di sekitaran tanaman kayu manis. Aplikasikan secara berkala tiap 6 bulan sekali.
  • GDM Black BOS perlu diberikan dengan disemprot ke tanah. Siapkan terlebih dahulu GDM Black BOS sebanyak 10 kg per hektarnya. Atau dulur bisa menggunakan gelas air mineral sebanyak 1 cangkir saja dan campurkan dengan air untuk 1 tangki semprot. Aplikasikan secara berkala juga tiap 6 bulan sekali.

Pemupukan Susulan 2

Pemupukan susulan kedua dapat dulur lakukan setelah tanaman kayu manis berusia 1 – 2 tahun. Berikut ini dosis dan juga cara pemupukan yang dapat dulur ikuti:

  • Siapkan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Perkebunan sebanyak 18 liter. Atau 30 ml GDM Spesialis Perkebunan dicampur dengan 2 liter air untuk per pohon. Dapat diaplikasikan tiap 2 bulan sekali.
  • Gunakan GDM SaMe Granule Bio Organik sebanyak 500 gram per pohonnya. Taburkan secara merata di sekitar tanaman kayu manis. Aplikasikan produk GDM ini tiap 6 bulan sekali.
  • Untuk GDM Black BOS, dapat dulur siapkan 10 kg per hektarnya. Atau bisa menggunakan takaran 1 gelas air mineral yang dicampur ke dalam 1 tangki. Setelahnya dapat disemprot secara merata ke tanah di sekitaran tanaman kayu manis. Aplikasikan tiap 6 bulan sekali.

Pemupukan Susulan 3

Setelah tanaman berusia 2 tahun atau lebih, dulur bisa melakukan pemupukan susulan yang ketiga. Berikut ini cara dan dosis yang dapat dulur ikuti.

  • Dulur memerlukan 24 liter Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Perkebunan. Dulur bisa menggunakan perbandingan sebanyak 40 ml GDM Spesialis Perkebunan dan campurkan dengan 2 liter air untuk 1 pohon. Aplikasikan tiap 3 bulan sekali. 
  • GDM Black Bos bisa dulur gunakan dengan takaran 10 kg per hektarnya. Atau 1 gelas air mineral berisi GDM Black BOS dan campurkan ke dalam tangki semprot. Setelahnya semprot secara merata ke tanah di sekitar tanaman kayu manis. Aplikasikan sesuai anjuran, yakni 6 bulan sekali.
  • Selain itu, dulur bisa menggunakan GDM SaMe Granule Bio Organik dengan takaran sebanyak 750 gram per pohon. Dengan cara menaburkannya secara merata di sekitaran tanaman kayu manis tiap 6 bulan sekali.

Keuntungan Menggunakan Rangkaian Pupuk untuk Tanaman Kayu Manis

keuntungan menggunakan pupuk untuk tanaman kayu manis

Dengan menggunakan rangkaian pupuk produksi GDM untuk tanaman kayu manis, tentunya dulur akan mendapatkan hasil panen dengan cepat dan memuaskan. 

Perawatan tanaman kayu manis juga akan cenderung lebih mudah untuk dilakukan. Sebab pemberian pupuk secara rutin akan membantu membuat tanaman kayu manis lebih kuat terhadap serangan hama dan penyakit. Kualitas tanah juga akan menjadi lebih baik. 

Selain itu, tanaman kayu manis akan tumbuh lebih tinggi dan lebih besar. Yang mana tentunya akan membawa profit yang tinggi untuk dulur.

Nah, begitulah penjelasan mengenai cara memupuk tanaman kayu manis yang mampu membantu dulur agar mendapat hasil panen yang maksimal.

Jika dulur tertarik untuk memupuk tanaman kayu manis milik dulur menggunakan Pupuk Organik GDM, dan atau ingin berkonsultasi dengan tim ahli kami, hubungi saja kami melalui tombol di bawah ini ya lur

Semoga penjelasan tersebut bisa dipahami dengan baik, dan selamat mencoba produk Pupuk Organik GDM ya!