Peternakan

Jenis Pakan Entok agar Cepat Besar dan Gemuk, Apa Saja?

Entok kerap disamakan dengan bebek, padahal nyatanya tidak. Sekilas bebek memiliki fitur tubuh yang cenderung lebih kurus dan juga lebih tegak. Sedangkan entok biasanya nampak lebih berisi daripada bebek. 

Entok sendiri juga sering sekali dikonsumsi dengan berbagai olahan yang memanjakan lidah. Entok bisa diolah menjadi entok goreng, gulai entok, entok rica-rica, rendang entok, dan lain-lain. 

Meski memiliki banyak peminatnya, namun entok dan masakan olahan dari entok masih jarang ditemui jika dibandingkan dengan bebek. Semua ini karena masih jarangnya masyarakat Indonesia yang mau dan menjadi pembudidaya entok. 

Peluang Usaha Budidaya Entok

Sebenarnya entok ini pada awalnya dibudidayakan di daerah Meksiko, yang kemudian menjalar ke daerah lainnya hingga ke Indonesia. Entok ini bisa dibudidayakan untuk dimanfaatkan bulu, telur, dan tentu saja dagingnya.

Lewat suatu penelitian, daging dari entok ini diketahui baik bagi pertumbuhan tulang manusia. Hal ini karena daging entok memiliki kandungan yang tinggi akan kalori, protein, karbohidrat, zat besi, dan juga rendah akan lemak. 

Karena tingginya protein serta rendah akan lemak, daging entok ini tentunya aman untuk orang yang sedang berdiet. Selain itu, kandungan lainnya juga mampu meningkatkan stamina. Oleh karena inilah, entok juga sering diburu orang sehingga permintaan pasarnya juga kian meninggi.

Harga anakan dan juga perawatan entok relatif mudah dan murah. Namun harga pasaran untuk telur dan juga daging entok pun biasanya relatif stabil. Bahkan harga jual untuk entok ini terbilang cukup mahal.

Sebab banyaknya khasiat yang bisa didapatkan dari konsumsi daging dan telur entok. Oleh karenanya membudidayakan entok terbilang dapat memberikan profit yang cukup besar. 

Sedikitnya jumlah pembudidaya entok juga mampu memperbesar relasi di bidang jual beli entok. Karena kompetitor yang tidak begitu banyak, maka peminat entok yang akan membeli kepada dulur juga pastinya akan banyak. Bagaimana dulur, tertarik untuk memulai membudidayakan entok?

Kebutuhan Nutrisi Entok

Entok memiliki tingkat konsumsi ransum atau tingkat takaran pakan harian yang cukup tinggi, yakni kurang lebih 125 – 200 gram per harinya. Namun, hal ini bergantung pada jenis, umur, serta ukuran dari entok. 

Misalnya pada Entok Muscovy, yang merupakan entok terbesar di dunia tentunya membutuhkan kebutuhan pakan yang banyak pula. Kebutuhan entok Muscovy di usia 4 – 6 minggu bahkan mencapai kurang lebih 14,5 – 15 % protein dan mencapai 2850 gram konsumsi ransum. 

Umumnya, ransum dapat kita bagi berdasarkan usia entok. Pada periode awal atau starter yakni di kisaran usia 1 – 2 minggu, entok memerlukan ransum dengan kandungan protein kasar yakni kurang lebih 21% dan energi matabolis sebesar 3000 kilo kalori per kg. 

Pada periode pertumbuhan atau grower yakni di usia 3 – 23 minggu, ransum yang entok butuhkan perlu memiliki kandungan protein kasar sebesar 15% dan energi metabolis mencapai 2600 kkal per kg-nya. Yang terakhir yakni periode layer, saat entok mencapai usia 24 minggu atau lebih. 

Pada periode ini entok butuhkan ransum dengan kandungan protein kasar mencapai 18% dan juga energi metabolis sebesar 2800 kkal per kg. Namun jika ingin menghemat ransum, dulur bisa menggunakan pakan alternatif yang tentunya murah dan juga mudah untuk didapatkan.

Perlu Anda ingat juga untuk entok yang dulur budidayakan, perlu menyesuaikan dengan usia dan jenis dari entok tersebut ya! 

Pemberian Pakan untuk Entok Berdasarkan Usia

jenis pakan entok

Untuk memaksimalkan pertumbuhan dari entok yang dulur budidayakan, tentunya dulur perlu memenuhi kebutuhan harian dari entok. Seperti dalam penjelasan sebelumnya, bahwasannya untuk kebutuhan harian entok bisa kita bedakan menjadi 3 periode. 

Hal tersebut juga berlaku untuk dosis serta jenis pakan entok berdasarkan usianya. Dulur bisa menambahkan 6 gram pakan tiap harinya hingga entok memasuki usia dewasa, selanjutnya pola makan bisa kembali diubah. Berikut ini cara pemberian pakan yang dapat dulur ikuti.

Pakan untuk Entok Berusia 1 – 14 Hari

Dulur bisa memberikan pakan sesuai ransum seperti dalam penjelasan sebelumnya. Hal ini bisa dulur jadikan sebagai patokan asupan kebutuhan harian dari entok. 

Kandungan nutrisi dan juga protein perlu dulur sesuaikan, sehingga proses pertumbuhan dan perkembangan entok bisa terjadi dengan lebih cepat. Hal ini juga bisa membantu mempercepat terbentuknya sistem kekebalan tubuh dan juga sistem pencernaan yang makin kuat.

Beberapa kebutuhan asupan harian yang dibutuhkan adalah protein kasar, energi atau metabolisme, vitamin, fosfor, dan juga kalsium. Meski membutuhkan banyak asupan, namun takaran pemberian pakan perlu dulur perhatikan dengan baik. 

Karena pemberian pakan yang sembarangan malah bisa membuat entok mengalami masalah makan hingga bisa mengakibatkan entok mogok makan.

Jika dulur ingin membuat entok agar cepat gemuk, maka bisa menggunakan pelet atau konsentrat starter. Pakan ini merupakan pakan buatan pabrik yang memang diformulasikan untuk entok yang masih anakan. 

Sehingga pertumbuhan entok bisa terjadi dengan maksimal. Sehingga entok bisa menjadi gemuk di usia muda tanpa kehilangan kualitas bagus pada dagingnya.

Pakan untuk Entok Berusia 15 – 35 Hari

Pada usia ke 15 – 35 hari, kebutuhan akan pakan pada anakan entok cenderung sedikit menurun daripada di hari-hari awal. Namun, dulur perlu memberikan perhatian lebih sebab pada tahapan ini anakan entok memerlukan energi lebih. 

Hal ini sangat penting, karena pada tahapan ini anakan entok perlu energi agar laju pertumbuhan dan perkembangan bobotnya lebih cepat. Agar membantu mempercepat pertumbuhan, dulur bisa memberikan makanan tambahan dan atau makanan alternatif pula. 

Misalnya ampas tahu, biji jagung, sayur-sayuran, bekatul atau dedak halus, umbi-umbian, dan lain sebagainya. 

Pakan untuk Entok Berusia 30 – 60 Hari

Pada entok yang berusia 36 – 60 hari, biasanya kebutuhan pakannya akan kembali seperti di hari-hari awal anakan entok atau di periode awalnya. Pada usia ini, entok membutuhkan vitamin dan juga mineral dalam jumlah yang terbilang sangat besar. Hal ini penting untuk menjaga daya tahan atau kesehatan entok agar tetap dalam kondisi yang prima. 

Biasanya para peternak entok akan memformulasikan pakan entok. Yang sekiranya bisa membuat entok tetap sehat dan cepat gemuk.

Biasanya dengan cara mencampurkan atau menambahkan pelet dengan jenis pakan lainnya. Dulur bisa memberikan pakan tambahan seperti ikan runcah,  keong, enceng gondok, bekatul, dedak, ampas tahu, nasi aking, limbah rumah tangga, dan lain sebagainya.

Penambahan Suplemen Berkualitas

Selain memperhatikan pakan yang nantinya dulur berikan, perlu juga menambahkan suplemen untuk memaksimalkan pertumbuhan dan kualitas dari telur serta daging dari entok yang dulur budidayakan. 

Gunakanlah suplemen berkualitas yakni seperti Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan. Sebab Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan ini terbuat dari bahan berkualitas yang tentunya alami dan juga organik. Sehingga akan aman untuk dikonsumsi entok dan karena organik, jelas akan ramah terhadap lingkungan. 

Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan ini juga memiliki kandungan seperti mineral, bakteri apatogen, dan juga bakteri-bakteri baik lainnya. 

Seperti pada penjelasan sebelumnya, untuk menunjang perkembangannya, entok membutuhkan vitamin dan juga mineral. Selain memilih jenis pakan yang tepat, pemberian suplemen entok dari GDM juga bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut.

Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Peternakan ini juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh entok, sehingga bisa mencegah terjadinya kematian entok akibat CNE dan juga SNE yang sering menyerang unggas. 

Keuntungan lainnya dari Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan ini mampu mengurangi kadar amonia pada kotoran entok, sehingga kandang entok nantinya tidak akan menimbulkan bau busuk yang menganggu. 

Cara pengaplikasian dari Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan ini cukup mudah loh, lur! Cukup campurkan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan sebanyak 30 ml per 100 ekornya, ke dalam makanan dan atau minuman entok.

Gunakanlah secara rutin tiap harinya, agar dulur bisa mendapatkan hasilnya secara maksimal dan cepat.  Karena banyaknya manfaat dari Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan yang membantu merawat serta menunjang budidaya entok.

Jika dulur berminat dengan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan dan ingin berkonsultasi, langsung saja hubungi kami lewat tombol di bawah ini ya lur!