Peternakan

Vitamin Ayam Kate Terbaik untuk Tingkatkan Imunitas dan Nafsu Makan

penyakit ayam serama

Ayam kate atau bisa disebut juga sebagai ayam serama merupakan jenis ayam hias yang kerap dirawat sebagai hewan peliharaan. Meski begitu, tak sedikit juga pembudidaya yang mulai beternak ayam kate lantaran jenis unggas satu ini memiliki nilai cuan yang cukup menggiurkan. 

Terlebih ketika ayam kate diberi perawatan dan vitamin khusus, pastinya akan menghasilkan ayam kate berkualitas unggul dan bernilai ekonomi tinggi. Misalnya saja, harga ayam kate saat ini paling tinggi bisa mencapai jutaan rupiah per ekornya, loh.

Nah, bayangkan berapa banyak keuntungan yang bisa Dulur raih dengan menerapkan teknik budidaya ayam kate yang benar dan rutin memberikan asupan vitamin tambahan sebagai perawatan pendamping.

Biar tak melulu berandai-andai, langsung kita simak dulu bagaimana sih peluang berbisnis ternak ayam kate di pasaran berikut ini:

cta ayam kate ternak (3)

Peluang Usaha Ternak Ayam Kate

Ayam kate atau ayam serama memang elok untuk dijadikan sebagai peliharaan. Lantaran ukurannya yang mini, yakni rata-rata memiliki tinggi 15 cm dengan berat 300-350 gram per ekornya. Selain itu, banyak juga jenis ayam kate yang memiliki bulu indah dan tampak mengkilat.

Nah, di Indonesia sendiri pecinta ayam kate ini lumayan tinggi, Lur. Melansir dari Times Indonesia (8/23), seorang peternak di Jawa Barat bahkan bisa memperoleh untung jutaan rupiah hanya dengan menjual seekor ayam kate.

Masih dari sumber yang sama, fenomena ini terjadi lantaran harga jual ayam kate cenderung lebih stabil. Bahkan lebih stabil jika kita bandingkan dengan jenis hewan peliharaan lain atau tanaman hias sekalipun.

Lebih lanjut, harga ayam serama ini justru dipengaruhi oleh kualitas dan umurnya. Jenis ayam kate berkualitas standar berumur 2 bulan bisa berharga sebesar Rp200 ribu dan jika berukuran agak dewasa seharga Rp350-400 ribu.

Sementara untuk jenis ayam kate yang dapat diikutsertakan kontes per ekornya bisa mencapai jutaan rupiah. 

Menurut peternak tersebut, beternak ayam serama atau ayam kate hampir sama dengan memelihara jenis unggas lainnya. Namun, jika ingin memperoleh ayam kate berkualitas tinggi, tentu Dulur harus memberikan perawatan khusus.

Selain dengan memberikan pakan yang tepat dan bergizi, memberikan vitamin penunjang untuk ayam kate juga sangat penting.

Rekomendasi Vitamin Ayam Kate yang Bagus

Seperti yang ada dalam penjelasan di atas, agar menghasilkan ternak berkualitas juara, Dulur perlu memberikan treatment khusus, seperti memenuhi asupan gizi dan vitamin pada ayam kate.

Salah satu produk yang bisa Dulur gunakan adalah Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Peternakan, yang merupakan solusi ideal untuk memenuhi asupan vitamin dan mikronutrien lain bagi ayam kate.

Selain itu, produk GDM ini juga mengandung bakteri apatogen dan berbagai mikronutrien lain yang sangat penting untuk pertumbuhan serta produktivitas ayam kate. Beberapa kandungan yang dimaksud meliputi vitamin, rumput laut, mineral, ekstrak alga, minyak hewani, dan berbagai bahan lainnya.

Khususnya, kandungan hewani pada Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Peternakan ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh ayam kate. Sehingga, ayam kate yang Dulur ternak tak akan mudah terserang penyakit dan memiliki nafsu makan yang lebih lahap.

Kandungan dalam Vitamin Ayam Kate GDM

Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Peternakan mengandung banyak nutrisi terbaik untuk mendukung kesehatan ayam kate, meningkatkan nafsu makan, hingga mendorong sistem imun agar lebih kebal terhadap serangan penyakit.

Nah, lantas apa saja kandungan dalam produk vitamin ayam kate GDM ini? Langsung simak penjelasannya di bawah ini, ya, Lur!

Limbah Organik

Kandungan pertama yang ada dalam vitamin ayam kate GDM adalah limbah organik, yang berasal dari limbah aktivitas pertanian, peternakan, dan perikanan. Bahan ini memiliki banyak kandungan baik yang memberikan berbagai keuntungan dan manfaat pada ternak ayam kate.

Rumput Laut

Selanjutnya, produk perawatan ternak ayam kate dari GDM ini juga mengandung rumput laut pilihan dan berkualitas. Dari bahan inilah dulur, kandungan nutrisi dan mineral untuk ayam kate Anda terpenuhi.

Rumput laut memiliki kandungan vitamin yang beragam dan bermanfaat untuk ayam kate Anda. Jenis kandungan yang ada dalam bahan tersebut meliputi vitamin A, C, dan D, serta beragam mineral lainnya.

Selain itu, produk GDM ini juga terbuat dari ekstrak rumput laut yang berkandungan protein, tepung, dan gula. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan harian ayam kate Anda dan meningkatkan kualitas pakan, bila dulur mencampurkannya pada pakan.

Minyak Hewani

Selanjutnya, produk Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Peternakan juga mengandung minyak hewani yang bermanfaat bagi ayam kate.

Fungsi utama dari kandungan minyak hewani adalah membantu mempercepat pertumbuhan ayam kate, meningkatkan sistem imun ternak, sehingga tak mudah terserang penyakit.

Alga

Selanjutnya dalam produk vitamin untuk ayam kate GDM terdapat kandungan alga atau ganggang laut. Bahan ini pun memiliki banyak kandungan mikronutrien yang baik untuk ayam kate, seperti vitamin A dan E, juga mineral esensial.

Fungsi utama adanya ekstrak alga adalah dapat memberikan banyak manfaat untuk merawat kesehatan ayam kate, khususnya dengan meningkatkan kualitas pakan dan bekerja sebagai antibiotik alami.

Bakteri Premium

Selanjutnya, produk ini juga memiliki bakteri premium yang tak kalah baiknya dalam perawatan ayam kate. Keberadaan bakteri ini dapat membantu mendorong pertumbuhan ayam kate, meningkatkan nilai gizi pada pakan, dan banyak lainnya.

Beberapa jenis bakteri premium yang terdapat dalam produk vitamin dan vitamin untuk ayam kate GDM adalah:

  1. Bacillus Brevis,
  2. Bacillus Pumilus,
  3. Pseudomonas Alcaligenes,
  4. Bacillus Mycoides,
  5. serta Micrococcus Roseus,

Dosis dan Cara Penggunaan Vitamin Ayam Kate

dosis dan cara pemberian vitamin ayam kate

Nah, dulur untuk mendapatkan manfaat optimal dari vitamin GDM untuk ayam kate ini, sangat penting untuk memperhatikan dosis dan waktu pemberiannya yang tepat. Berikut tata cara pemberian vitamin untuk ayam kate:

  1. Siapkan Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Peternakan secukupnya saja, sesuaikan dengan kebutuhan dan banyaknya jumlah ayam kate yang dulur pelihara, yakni sebanyak 0,3 ml/ekor ayam kate atau 30/100 ekor ayam kate.
  2. Campurkan 0,3 ml Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Peternakan pada air minum ayam kate.
  3. Ulangi pemberian suplemen ini pada ayam kate Anda sebanyak seminggu sekali.

Keuntungan Lain Menggunakan Vitamin Ayam Kate GDM

Kandungan nutrisi yang tinggi pada produk GDM akan membantu memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi ayam kate Anda. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa dulur peroleh ketika menggunakan vitamin GDM untuk ayam kate:

vitamin ayam kate

Memperbaiki Kualitas Pakan

Seperti yang dulur tahu bahwa Suplemen GDM ini diberikan bersamaan dengan pemberian pakan atau minuman ayam kate. Sehingga secara tak langsung, vitamin ini juga akan membantu memperbaiki kualitas pakan yang dulur berikan pada ayam kate.

Selain itu, kandungan bakteri Bacillus pumilus bekerja dengan meningkatkan asupan nutrisi pada makanan ayam kate yang dulur berikan. Bakteri premium ini bekerja dengan menambah protein, karbohidrat, dan nutrien menguntungkan lainnya pada makanan ayam kate.

Meningkatkan Nafsu Makan Ayam Kate

Keuntungan lain menggunakan Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Peternakan sebagai vitamin ayam kate adalah dapat membantu meningkatkan nafsu makan hewan ternak.

Hal ini karena produk GDM mengandung enzim yang mampu melancarkan metabolisme ayam kate, sehingga nafsu makannya pun akan jadi lebih besar dan lahap.

Memperbaiki Sistem Pencernaan Ayam Kate

Penyakit pencernaan pada ayam kate ini bisa membuat obesitas ataupun penyakit lain yang bisa saja berujung pada kematian. Untungnya, penggunaan vitamin organik GDM ini dapat membantu mencegah masalah pencernaan. 

Karena dapat membantu meningkatkan daya cerna pakan yang dulur berikan pada ayam kate, sehingga mencegah terjadinya diare ataupun masalah kesehatan lainnya.

Merangsang dan Meningkatkan Imunitas Ayam Kate

Salah satu penyebab ayam kate mengalami kematian dan tak sehat adalah tubuh yang rentan terpapar penyakit, baik oleh virus maupun bakteri. 

Mempercepat Waktu Panen

Bakteri premium dalam Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Peternakan mengandung hormon pertumbuhan alami pada ternak ayam kate. Sehingga ayam kate akan jadi lebih cepat besar dan mempercepat waktu panen.

Mengurangi Biaya Pakan

Karena nafsu makan ayam kate meningkat dan waktu panen jadi lebih cepat, penggunaan produk dari GDM ini juga terbilang mampu mengurangi pemberian pakan. Sehingga biaya yang Dulur gunakan untuk membeli pakan juga akan lebih berkurang.

Mengurangi Jumlah Kematian

Seperti pada penjelasan sebelumnya, bahwa vitamin GDM untuk ayam kate ini dirancang dengan kandungan terbaik yang bisa meningkatkan sistem imun hewan ternak. Karena itu ayam kate yang kekebalan tubuhnya meningkat akan berumur lebih panjang dan jumlah kematian akan kian berkurang.

Dulur itu adalah pembahasan mengenai rekomendasi vitamin untuk ayam kate yang bagus dan bernutrisi tinggi. Apakah dulur berminat untuk menggunakan vitamin ayam kate GDM ini dalam usaha ternak Anda?

Tunggu apalagi? Yuk, segera pesan produk GDM dan diskusikan kebutuhan dulur terkait cara memulai ternak ayam kate sendiri, pemberian pakan, dan tips lainnya dengan klik tombol di bawah!