Peternakan

Cara Mengawinkan Kambing yang Tepat agar Cepat Hamil, Simak Juga Tip Perawatannya! 

Prospek keuntungan dari ternak kambing tak pernah sedikit, Dulur. Apalagi kalau Dulur menerapkan cara merawat dan mengawinkan kambing yang tepat agar cepat hamil. Tentunya keuntungan yang dulur peroleh juga akan semakin melimpah.

Kambing merupakan salah satu jenis daging yang jadi favorit masyarakat Indonesia dari segala jenis kalangan. Oleh karena tingginya peminat tentunya permintaan pasar pun tinggi juga.

Jadi, kambing perlu dibudidayakan agar pasar tidak kekurangan stok dan membuat harga jualnya tidak stabil. Dulur juga bisa ikut membudidayakan atau memulai ternak kambing. Berikut ini cara budidaya kambing yang dapat Dulur ikuti.

Cara Memilih Indukan Kambing Unggul

Dalam memulai budidaya kambing, Dulur perlu memastikan bahwasannya indukan kambing milik Dulur merupakan indukan yang unggul. Hal ini perlu dilakukan agar anakan kambing yang dihasilkan nantinya memiliki kualitas yang unggul pula. 

Selain itu, indukan yang berkualitas juga bisa menghasilkan anakan dengan kurun waktu yang terbilang cepat. Berikut ini ciri-ciri indukan kambing unggul yang perlu dulur perhatikan.

ciri indukan kambing mengawinkan yang berkualitas

Ciri Kambing Jantan yang Unggul

Indukan kambing jantan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Memiliki perawakan yang gagah, tubuh tegak, dan memiliki punggung yang lurus.
  • Memiliki tubuh yang tinggi dan besar, namun badannya tidak begitu gemuk.
  • Memiliki dadang bidang lebar dan juga dalam.
  • Memiliki kaki lurus, tegap, dan memiliki tumit yang nampak tinggi.
  • Memiliki buah zakar yang normal dan memiliki libido tinggi tinggi.
  • Indukan jantan yang siap biasanya berumur lebih dari 1,5 tahun yang dicirikan dengan gigi seri yang tetap.
  • Diutamakan indukan dari keturunan kembar agar peluang mendapatkan hasil anakan lebih dari satu lebih tinggi,
  • Sehat, terbebas dari serangan penyakit, dan juga tidak memiliki kecacatan.

Ciri Kambing Betina yang Unggul

Untuk indukan kambing betina, setidaknya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Memiliki perawakan tubuh yang serupa dengan kambing jantan yakni tegap.
  • Memiliki dada lebar dan juga dalam.
  • Memiliki garis punggung serta garis pinggang yang lurus.
  • Memiliki tubuh yang besar namun tidak begitu gemuk ataupun kurus.
  • Memiliki sifat yang jinak.
  • Memiliki kaki lurus, tegap, dan juga tumit yang tinggi.
  • Memiliki rahang atas dan juga rahang bawah yang rata.
  • Memiliki ambing atau kelenjar dalam payudara yang simetris dan memiliki 2 puting.
  • Sudah berumur lebih dari 1 tahun, dan dicirikan dengan gigi seri yang tetap.
  • Seperti pejantan, diutamakan indukan betina berasal dari keturunan yang kembar juga.
  • Yang terpenting, indukan harus berada di kondisi yang sehat, bebas dari serangan penyakit, dan juga tidak memiliki kecacatan.

Cara Mengawinkan Kambing agar Cepat Hamil

cara mengawinkan kambing agar cepat hamil

Setelah mengetahui cara untuk memilih indukan yang berkualitas, langkah selanjutnya tentu saja mengawinkan kambing. Untuk menghemat biaya, Dulur bisa menggunakan konsep breeding center. Yakni menempatkan indukan jantan dan betina dalam satu kandang. 

Namun sebelum itu, perlu bagi Anda menyimak apa saja tanda-tanda kambing sedang birahi. Masa birahi pada indukan kambing biasanya terjadi kurang lebih 18 – 24 hari dan dengan durasi hanya sekitar 12 – 48 jam.

Sedangkan masa kehamilan dari indukan kambing biasanya bervariasi mulai dari 144 – 152 hari. Namun untuk indukan jantan sendiri tidak memiliki masa birahi tertentu.

Dulur hanya perlu memastikan agar kondisi indukan jantan tetap prima. Bahkan semakin tua umur indukan jantan, maka acap pula kemampuannya dalam mengawini betina.

Dalam satu kandang kawin, dulur bisa menempatkan 1 jantan 1 betina atau 1 jantan 2 betina. Dengan begitu, diharapkan indukan bisa melakukan perkawinan secara alami. 

Konsep breeding center ini terbukti mampu meningkatkan tingkat produktivitas dari kambing. Selain itu, konsep ini bisa membantu peternak untuk mengontrol ternak secara ketat, sehingga kondisi kesehatan ternak juga bisa lebih terjamin. 

Metode Pemberian Pakan agar Indukan Sehat dan Cepat Hamil

pakan indukan kambing agar cepat hamil

Untuk menjaga kesehatan dan perkembangan kambing milik dulur, tentunya pakan perlu diperhatikan dengan baik. Agar indukan segera hamil, dosis dan juga pakan yang digunakan harus sesuai. 

Metode pemberian pakan agar indukan kambing tetap sehat dan cepat hamil yang bisa dulur ikuti, yakni sebagai berikut:

Manajemen Pakan yang Tepat

Dulur bisa menggunakan metode flushing untuk meningkatkan gairah kawin atau birahi dari indukan kambing. Metode flushing ini perlu dulur lakukan selama satu bulan sebelum indukan mulai disatukan dan atau dikawinkan. Yang berlangsung hingga masa induk betina selesai menyusui nantinya. 

Diketahui metode flushing ini terbukti efektif meningkatkan tingkat keberhasilan dalam program perkawinan. Juga dapat mencegah resiko kematian pada indukan dan juga anakan kambing yang masih prasapih. Metode ini juga bisa meningkatkan kelahiran anakan kembar loh, lur!

Dalam metode ini, dibutuhkan pakan yang memiliki konsentrasi energi lebih tinggi serta memiliki kandungan zat gizi yang tinggi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan dan mempercepat siklus birahi pada indukan. 

Pemberian pakan tersebut juga mampu meningkatkan nafsu untuk memakan pakan yang kering. Sehingga akan membantu menambah bobot harian pada kambing dengan efektif dan cepat. 

Pakan yang memiliki kandungan nutrisi dan juga zat gizi tinggi bisa terdapat pada rumput lapangan atau rumput gajah, daun singkong, daun gamal atau gliricidia, dedak padi, onggok, dan lain sebagainya.

Selain itu Dulur juga bisa memberikan suntikan atau injeksi PG-600 kepada indukan kambing betina. Hal ini mampu membantu meningkatkan presentasi birahi pada indukan. Sehingga akan mempercepat proses kawin.

Pemberian Suplemen untuk Indukan Kambing

Selain memberikan pakan yang tinggi akan nutrisi dan juga zat gizi, dulur bisa memberikan suplemen tambahan untuk menunjang indukan kambing agar tetap sehat dan makin produktif. 

Gunakan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan yang terbuat dari bahan organik berkualitas sehingga akan aman bagi ternak kambing dan juga lingkungannya. 

Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan ini memiliki kandungan mineral dan juga bakteri-bakteri baik yang tentunya dibutuhkan oleh indukan kambing. Selain itu, produk ini juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh indukan kambing terhadap serangan penyakit. 

Sehingga akan mengurangi resiko kematian pada indukan kambing bahkan anakan kambing pula. Suplemen ini juga mampu meningkatkan birahi pada indukan kambing sehingga akan menunjang program kehamilan. 

Karena Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan ini mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh, tentunya janin yang dikandung indukan betina nantinya juga akan sehat pula.

Cara Memberikan Suplemen untuk Kambing agar Cepat Hamil

Cara memberikan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan ini terbilang cukup mudah. Berikut langkahnya:

  1. Dulur tinggal mencampurkan 10 ml Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan ke dalam air minum indukan kambing. 
  2. Berikan tiap pagi dan juga sore hari. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan secara rutin. Juga jangan lupa untuk mengganti air minum kambing dengan air baru yang bersih tiap harinya juga.

Selain mencampurkan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan dengan air minum indukan kambing, Dulur juga bisa mencampurkannya sebagai fermentator pakan. Sehingga kualitas pakan yang diberikan akan semakin baik tentunya.

Simak Hal yang Menyebabkan Gagal dalam Proses Perkawinan Kambing

Setelah mengetahui cara untuk mengawinkan kambing dengan baik dan juga memberikan pakan dengan benar. Dulur perlu mengetahui hal-hal yang bisa membuat proses kawin indukan kambing bisa gagal. Yakni sebagai berikut:

  • Peternak masih kurang paham akan cara perkawinan. Sebab kurangnya pengalaman dan pengetahuan, peternak bisa saja mengalami kegagalan. Peternak bisa saja kurang paham mengenai masa subur dan tanda-tanda kambing sudah birahi.
  • Kekurangan nutrisi mampu menggagalkan proses perkawinan. Oleh karenanya, Dulur perlu memastikan asupan nutrisinya selalu tercukupi ya!
  • Umur indukan terlalu muda juga mampu meningkatkan kegagalan perkawinan. Sebab jika umurnya belum cukup, bisa saja organ reproduksi induk juga masih belum siap sehingga kesuburannya masih belum optimal dan akan gagal dalam pembuahannya.
  • Tidak adanya pencatatan untuk memantau siklus birahi induk merupakan salah satu faktor kegagalan prosesi kawin. Oleh karenanya, dulur perlu memantau dan mencatat dengan rutin agar tepat dalam menentukan penggembulan antara indukan jantan dan indukan betina nantinya.
  • Induk yang belum berpengalaman, ataupun terlalu cepat untuk mengeluarkan kembali spermanya tentunya akan meningkatkan kegagalan dalam proses kawin. Sebab tentunya jika sperma tidak keluar di rahim indukan betina, tentunya tidak akan terjadi pembuahan.
  • Seperti yang telah disebutkan, bahwasannya meski tak memiliki masa birahi tertentu, dulur masih perlu menjaga keprimaan dari indukan jantan. Sebab jika pejantan tidak prima, maka kemampuan untuk mengawini indukan betina akan menurun.  

Begitulah dulur cara untuk mengawinkan kambing beserta cara memberi pakan dan juga informasi mengenai hal-hal yang bisa menggagalkan prosesi perkawinan indukan kambing. 

Jika dulur tertarik menggunakan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan untuk menunjang budidaya atau ternak kambing, dan ingin berkonsultasi juga. 

Dulur bisa langsung saja memesan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan dengan menekan tombol di bawah ini ya, Lur!