Perkebunan, Pertanian

Pupuk untuk Tanaman Paprika agar Berbuah Lebat dan Hasilkan Kualitas Ekspor

Sudah bukan rahasia lagi, Dulur, kalau membudidayakan paprika bisa memberikan cuan menguntungkan. Terlebih kalau Dulur memberikan perawatan ekstra dan pupuk secara rutin, sehingga tanaman paprika dapat berbuah lebat serta berkualitas unggulan. 

Sudah terbayang bagaimana untungnya, bukan?

Paprika merupakan salah satu komoditas pertanian dengan potensi pengembangan yang menjanjikan. Sebab, jenis sayuran ini cukup diminati dan memiliki harga yang cenderung stabil.

Selain itu, paprika juga tak memerlukan waktu yang lama untuk bisa dipanen. Panen paprika bisa petani lakukan saat memasuki usia 95 hari setelah tanam, kemudian dapat terus petani panen selama setahun penuh.

Nah, agar Dulur bisa memperoleh hasil panen yang berkualitas dan berkuantitas besar, tentu perlu ada perawatan khusus. Seperti memberikan rangkaian pupuk untuk tanaman paprika yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan unsur hara tanaman.

Peluang Usaha Budidaya Paprika

Sebelumnya telah banyak kita singgung bawah budidaya paprika memberikan keuntungan yang menjanjikan. Nyatanya, tak sedikit petani paprika yang berhasil dan memperoleh keuntungan besar.

Misalnya, melansir dari laman detik.com, seorang petani paprika di Bandung Barat berhasil membudidayakan paprika. Ia sudah menekuni bidang pertanian itu sejak 12 tahun silam dan bisa menghasilkan omzet Rp 20 juta per bulannya. 

Namun untuk memperoleh keuntungan seperti petani di atas, tentu langkah yang harus Anda lalui tidaklah mudah. Melainkan, Anda harus memperhatikan beberapa hal:

  1. Menjaga kualitas paprika yang sangat menentukan harga jual.
  2. Memilih jenis paprika yang tepat.
  3. Mengoptimalkan pemasaran paprika, entah itu bekerjasama dengan pengepul, dengan restoran, atau mendistribusikannya langsung ke konsumen akhir.

Mengenai kualitas, tentu hal ini dapat Dulur wujudkan dengan menerapkan teknik budidaya yang tepat dan memberikan perawatan khusus pada tanaman paprika. Misalnya dengan memberikan pupuk berkualitas yang dapat merangsang produktivitas paprika.

Kira-kira apa saja rangkaian pupuk untuk paprika yang bagus? Berikut daftar dan penjelasannya:

Rangkaian Pupuk untuk Tanaman Paprika

Pupuk Organik Cair (POC) Spesialis Tanaman Pangan

Jenis pupuk pertama yang bisa Dulur gunakan untuk merawat tanaman paprika adalah Pupuk Organik Cair (POC) Spesialis Tanaman Pangan. Penggunaan produk GDM ini dapat memberikan banyak keuntungan untuk  tanaman paprika Anda, misalnya:

  1. meningkatkan produktivitas perkebunan tanaman paprika,
  2. membantu mempercepat proses pembungaan dan produktivitas buah paprika,
  3. memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman paprika,
  4. juga mencegah infeksi hama penyakit yang menghambat pertumbuhan tanaman paprika.

GDM SaMe Granule Bio Organik

Same-Bio-Granule-10

Selanjutnya Dulur juga bisa menggunakan GDM SaMe Granule Bio Organik untuk merawat tanaman paprika. Karena terbuat dari ekstrak organik berkonsentrat tinggi dan memiliki teknologi terbaru, GDM SaMe dapat memberikan banyak keuntungan pada tanaman paprika.

Dulur bisa menggunakan GDM SaMe ini dalam proses persiapan media tanam dan perawatan bulanan saat budidaya paprika. Kandungan terbaik dalam produk ini dapat mendorong penyerapan nutrisi pada akar tanaman paprika, sehingga membuat tanaman jadi lebih sehat dan mampu memproduksi buah yang lebih lebat serta berkualitas

GDM Black BOS

Untuk melengkapi perawatan budidaya paprika, dulur juga bisa menggunakan stimulan organik cair yang dapat meningkatkan produktivitas dan merangsang proses pembuahan pada tanaman paprika.

Anda dapat menggunakan produk GDM Black BOS yang memiliki empat bakteri premium, serta kombinasi unsur hara makro-mikro terbaik yang dapat memberikan banyak manfaat untuk tanaman paprika.

Penggunaan GDM Black BOS secara rutin sebagai bagian perawatan tanaman paprika dapat memberikan keuntungan sebagai berikut;

  1. bekerja sebagai booster tanah atau lahan budidaya tanaman paprika,
  2. mencegah terjadinya penyakit tular tanah pada akar-akar tanaman paprika,
  3. menjadi penawar racun dari logam-logam berat yang ada di lahan paprika,
  4. membantu menggemburkan dan menyuburkan tanah/lahan budidaya tanaman paprika,
  5. merangsang proses pengomposan pada lahan tanam paprika agar berjalan lebih cepat.

Dosis dan Cara Penggunaan Pupuk untuk Tanaman Paprika yang Tepat

Selain memilih produk berkualitas, penggunaan rangkaian pupuk untuk tanaman paprika ini bisa memberikan efek maksimal bila Anda menggunakannya dengan dosis dan cara yang tepat. Berikut penjelasannya:

Pemupukan Dasar

Kualitas tanah budidaya sangat berpengaruh pada keberhasilan menanam paprika. Sebab, sebagian besar nutrisi dan unsur hara yang tanaman paprika butuhkan diperoleh dari tanah budidaya tersebut.

Karena itu, untuk menjaga semua nutrisi tersebut Dulur perlu melakukan pemupukan dasar selama masa pengolahan lahan. 

Anda dapat menggunakan dua produk GDM, yakni GDM Black BOS dan GDM SaMe Granule Bio Organik untuk mengolah lahan budidaya tanaman paprika. Berikut penjelasan dosis dan panduan penggunaannya:

  1. Larutkan 250 ml GDM Black BOS ke dalam 14–20 liter air, aduk hingga tercampur sempurna. Kemudian semprotkan ke tanah budidaya yang sebelumnya sudah Anda basahi secara merata.
  2. Taburkan secara merata .. gram GDM SaMe Granule Bio Organik ke seluruh permukaan tanah budidaya tanaman paprika.
  3. Lakukan pemupukan dasar menggunakan dua produk GDM ini … hari sebelum masa tanam paprika.

Pemupukan Susulan 7–28 HST

Saat tanaman paprika memasuki usia tanam 7–28 hari setelah tanam (HST), Anda harus melakukan pemupukan rutin setiap minggunya. 

Gunakan Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Pangan, yang memiliki berbagai kandungan alami dan berkualitas untuk menunjang proses pertumbuhan paprika.

Berikut panduan penggunaan pupuk paprika GDM yang tepat:

  1. Larutkan 500 ml Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Pangan ke dalam 14–20 liter air, aduk hingga tercampur sempurna.
  2. Semprotkan larutan pupuk GDM tersebut secara merata pada tanaman paprika, utamanya pada bagian bawah daun.

Pemupukan Susulan Usia 35 HST

Tak hanya pada tanaman secara langsung, pemupukan susulan juga perlu Anda lakukan pada tanah/lahan budidaya paprika. Tujuannya untuk memaksimalkan asupan nutrisi dan usnur hara makro-mikro oleh tanaman paprika.

Berikut cara melakukan pemupukan susulan pada tanaman paprika setelah memasuki usia 35 HST:

  1. Larutkan 250 ml GDM Black BOS ke dalam 14–20 liter air, aduk hingga tercampur sempurna. Kemudian semprotkan ke area perakaran tanaman paprika.
  2. Taburkan secara merata .. gram GDM SaMe Granule Bio Organik ke ke area perakaran tanaman paprika.

Pemupukan Susulan Usia > 35 HST

Saat memasuki periode tanam 35 HST, paprika membutuhkan nutrisi tambahan untuk mendukung pembentukan bunga dan buah. Karenanya, Dulur perlu mengaplikasikan produk pupuk untuk paprika yang berkualitas tinggi.

Gunakan Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Pangan dengan dosis berikut ini:

  1. Larutkan 500 ml Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Pangan ke dalam 14–20 liter air, aduk hingga tercampur sempurna.
  2. Semprotkan larutan pupuk GDM tersebut secara merata pada tanaman paprika, utamanya pada bagian bawah daun.
  3. Lakukan pemupukan ini tiap 2 (dua) minggu sekali hingga mendekati masa panen tanaman paprika.

Keuntungan Menggunakan Rangkaian Pupuk untuk Tanaman Paprika

pupuk untuk tanaman paprika (1)

Nah, Dulur itu adalah penjelasan lengkap mengenai rekomendasi pupuk untuk tanaman parpika yang bagus dan cara penggunaannya. Bagaimana, Lur, tertarik untuk menggunakan rangkaian pupuk GDM untuk merawat tanaman paprika Anda?

Selain cukup mudah untuk Anda aplikasikan di rumah, rangkaian pupuk untuk tanaman paprika GDM ini juga akan memberikan banyak manfaat pada tanaman, seperti:

  1. membuat tanah budidaya paprika jadi lebih subur, sehat, dan kaya zat hara,
  2. membantu mendorong munculnya hormon pertumbuhan pada tanaman paprika,
  3. mempercepat proses pembungaan dan pembuahan pada paprika,
  4. mengurangi risiko penularan penyakit tular tanah dan busuk buah paprika, karena dapat membantu meningkatkan sistem imun tanaman paprika,
  5. membantu membuat ukuran paprika jadi lebih besar, berkulit tebal dan mulus.

Konsultasikan Kendala Budidaya Paprika atau saat Penggunaan Produk GDM dengan Tim Ahli

Selain memperoleh keuntungan langsung pada tanaman dan lahan budidaya paprika, menggunakan produk GDM sebagai perawatan tanaman budidaya Anda juga dapat memberikan keuntungan lain, loh

Ya, Anda dapat langsung berkonsultasi dengan tim ahli pertanian dan perkebunan GDM!

Anda dapat berbagi mengenai kendala saat memulai budidaya, saat merawat tanaman paprika, hingga mendiskusikan bagaimana sih tip dan trik yang tepat untuk dapat panen paprika secara maksimal.Tim kami akan membantu menjawab kebutuhan dan kendala yang Anda alami tersebut semaksimal mungkin.

Lantas bagaimana cara untuk memulai berlangganan pupuk untuk tanaman paprika GDM, serta mulai konsultasi dengan ahli pertanian kami? 

Gampang! Langsung klik tombol di bawah untuk terhubung dengan tim GDM ya, Lur!

author-avatar

About WAHYU NURWIJAYO, SP

Seorang profesional di Industri Pertanian dengan selalu menerapkan sistem keseimbangan ekologi agar budidaya pertanian berjalan efektif & efisien serta hasil produksi meningkat