Perkebunan, Pertanian

Pupuk Pembesar Lobak agar Hasil Panen Berkualitas dan Melimpah

Setelah berhasil ekspor lobak ke Jepang sebanyak 71,8 ton tahun 2022 lalu, memulai budidaya lobak jadi pilihan cukup ideal untuk Dulur yang mencoba peruntungan di bidang pertanian. Apalagi dengan memberikan pupuk pembesar umbi lobak, tentunya hasil panen juga akan lebih maksimal.

Lobak merupakan jenis tanaman yang mudah tumbuh, baik di dataran rendah maupun pada area pegunungan. Selain itu, perawatan lobak sendiri juga tidaklah terlalu rumit.

Asalkan tanah budidaya tersebut termasuk tanah yang gembur, mengandung humus yang pas, dan tidak mengandung kerikil pada lapisan atasnya, serta mengandung pH antara 5–6.

Meski tak begitu rumit, bukan berarti Anda bisa memberikan perawatan seadanya saja pada saat budidaya lobak. Melainkan, gunakan pupuk pembesar lobak yang tepat dan memiliki nutrisi terbaik.

Nah, dalam artikel ini kita akan membagikan informasi mengenai rangkaian pupuk organik untuk tanaman lobak yang berkualitas. Simak, yuk!

Peluang Usaha Budidaya Lobak

Seperti yang telah kita singgung sebelumnya bahwa Indonesia telah ekspor lobak ke Jepang pada tahun 2022 lalu. Bahkan angkanya juga meningkat sebanyak 88,94 persen dari tahun 2021. Nilai ekonominya juga cukup besar, yakni mencapai Rp 1,2 miliar.

Selain dijual dalam bentuk mentah, lobak juga dapat diolah ke dalam berbagai jenis hidangan. Hal inilah yang membuat lobak juga memiliki segmentasi konsumen sendiri.

Nah, untuk dapat menghasilkan lobak yang berkualitas dan bernilai ekonomi tinggi, Dulur harus menerapkan teknik budidaya yang tepat dan memberikan pupuk khusus untuk pembesar lobak. 

Seperti apa rangkaian pupuk untuk lobak tersebut? Berikut penjelasannya:

Rangkaian Pupuk Pembesar Umbi Lobak yang Berkualitas

Agar memperoleh hasil panen berkualitas, baik dari buah maupun kuantitasnya, Dulur perlu memberikan rangkaian pupuk pembesar lobak berkualitas. Dalam hal ini, Dulur bisa memberikan rangkaian pupuk GDM berikut ini:

Pupuk Organik Cair (POC) Spesialis Tanaman Pangan

Jenis pupuk pertama yang bisa Dulur gunakan untuk merawat tanaman lobak adalah Pupuk Organik Cair (POC) Spesialis Tanaman Pangan. Penggunaan produk GDM ini dapat memberikan banyak keuntungan untuk  tanaman lobak Anda, misalnya:

  1. meningkatkan produktivitas perkebunan tanaman lobak,
  2. membantu mempercepat proses pembungaan dan produktivitas buah lobak,
  3. memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman lobak,
  4. juga mencegah infeksi hama penyakit yang menghambat pertumbuhan tanaman lobak.

GDM SaMe Granule Bio Organik

Same-Bio-Granule-10

Selanjutnya Dulur juga bisa menggunakan GDM SaMe Granule Bio Organik untuk merawat tanaman lobak. Karena terbuat dari ekstrak organik berkonsentrat tinggi dan memiliki teknologi terbaru, GDM SaMe dapat memberikan banyak keuntungan pada tanaman lobak.

Dulur bisa menggunakan GDM SaMe ini dalam proses persiapan media tanam dan perawatan bulanan saat budidaya lobak. Kandungan terbaik dalam produk ini dapat mendorong penyerapan nutrisi pada akar tanaman lobak, sehingga membuat tanaman jadi lebih sehat dan mampu memproduksi umbi lobak yang lebih lebat serta berkualitas

GDM Black BOS

Untuk melengkapi perawatan budidaya lobak, dulur juga bisa menggunakan stimulan organik cair yang dapat meningkatkan produktivitas dan merangsang proses pembuahan pada tanaman lobak.

Anda dapat menggunakan produk GDM Black BOS yang memiliki empat bakteri premium, serta kombinasi unsur hara makro-mikro terbaik yang dapat memberikan banyak manfaat untuk tanaman lobak.

Penggunaan GDM Black BOS secara rutin sebagai bagian perawatan tanaman lobak dapat memberikan keuntungan sebagai berikut;

  1. bekerja sebagai booster tanah atau lahan budidaya tanaman lobak,
  2. mencegah terjadinya penyakit tular tanah pada akar-akar tanaman lobak,
  3. menjadi penawar racun dari logam-logam berat yang ada di lahan lobak,
  4. membantu menggemburkan dan menyuburkan tanah/lahan budidaya tanaman lobak,
  5. merangsang proses pengomposan pada lahan tanam lobak agar berjalan lebih cepat.

Dosis dan Cara Pemberian Pupuk Pembesar Lobak

Selain memilih produk terbaik dan berkualitas, Dulur juga harus menerapkan dosis dan cara pemberian pupuk pembesar umbi lobak ini dengan tepat. Berikut ini cara pemberian pupuk pembesar lobak GDM yang tepat:

pupuk pembesar lobak gdm (1)

Pemupukan Dasar

Sebagai tanaman umbi-umbian, lobak membutuhkan tanah yang gembur dan subur untuk membantu mendukung pertumbuhannya. Karena pemberian pupuk dasar pada saat pengolahan lahan budidaya adalah hal yang sangat penting.

Rangkaian pupuk GDM untuk tanah budidaya memiliki nutrisi dan unsur hara makro-mikro lengkap yang dapat meningkatkan kesuburan tanah. Produk-produk GDM tersebut adalah GDM Black BOS dan GDM SaMe Granule Bio Organik.

Berikut cara menggunakan pupuk GDM untuk pemupukan dasar lahan budidaya tanaman lobak:

  1. Siapkan 150 kg/ha GDM SaMe Granule Bio Organik dan 5 kg/ha GDM Black BOS.
  2. Basahi tanah budidaya lobak dengan air secukupnya.
  3. Larutkan GDM Black BOS dengan air, takarannya 250 ml produk ke dalam 14-20 liter air kemudian aduk secara merata. Kemudian semprotkan secara merata pada lahan budidaya hingga memenuhi dosis yang di atas.
  4. Taburkan GDM SaMe Granule Bio Organik secara merata pada lahan budidaya lobak.
  5. Lakukan pemupukan dasar ini 7 (tujuh) hari sebelum proses penanaman.

Pemupukan Susulan I

Selanjutnya, Dulur juga perlu melakukan pemupukan susulan tanaman lobak setiap minggunya. Proses pemupukan susulan ini dapat Anda mulai saat tanaman memasuki usia 7, 14, 21, dan 28 hari setelah tanam (HST).

Gunakan Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Pangan untuk perawatan rutin tanaman lobak. Lakukan pemupukan susulan menggunakan produk GDM ini dengan cara-cara berikut ini:

  1. Siapkan 8 liter/ha Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Pangan untuk tiap proses pemupukan tanaman lobak.
  2. Larutkan 500 ml Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Pangan pada 14–20 liter air, kemudian aduk hingga tercampur merata.
  3. Lalu semprotkan larutan tersebut pada tanaman lobak, khususnya pada area bawah daun tanaman.
  4. Ingat, lakukan pemupukan ini secara rutin tiap minggu atau pada saat tanaman memasuki usia tanam 7, 14, 21, dan 28 hari setelah tanam (HST).

Pemupukan Tanah Susulan

Selain pada tanaman, Dulur juga harus melakukan pemupukan susulan pada tanah budidaya lobak pada saat mencapai usia tanam 30 HST. Gunakan produk GDM Black BOS dan GDM SaME Granule Bio Organik, yang dapat menjaga kesuburan tanah dan meningkatkan unsur hara pada lahan budidaya.

  1. Siapkan 100 kg/ha GDM SaMe Granule Bio Organik dan 5 kg/ha GDM Black BOS.
  2. Basahi tanah budidaya lobak dengan air secukupnya.
  3. Larutkan GDM Black BOS dengan air, takarannya 250 ml produk ke dalam 14-20 liter air kemudian aduk secara merata. Kemudian semprotkan secara merata pada area perakaran tanaman lobak. Lakukan pemupukan sampai memenuhi dosis di atas.
  4. Taburkan GDM SaMe Granule Bio Organik secara merata pada area perakaran tanaman lobak.

Pemupukan Susulan II

Pemupukan susulan kedua ini dapat Anda lakukan saat tanaman lobak mencapai usia tanam 40, 50, 60 HST. Berikut panduan pemupukannya:

  1. Siapkan 8 liter/ha Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Pangan untuk tiap proses pemupukan tanaman lobak.
  2. Larutkan 500 ml Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Pangan pada 14–20 liter air, kemudian aduk hingga tercampur merata.
  3. Lalu semprotkan larutan tersebut pada tanaman lobak, khususnya pada area bawah daun tanaman.
  4. Ingat, lakukan pemupukan ini pada saat tanaman memasuki usia tanam 40, 50, dan 60 hari setelah tanam (HST).

Keuntungan Menggunakan Rangkaian Pupuk Pembesar Lobak GDM

Nah, Dulur itu adalah penjelasan lengkap mengenai rekomendasi pupuk pembesar untuk tanaman lobak yang bagus dan cara penggunaannya. Bagaimana, Lur, tertarik untuk menggunakan rangkaian pupuk GDM untuk merawat tanaman lobak Anda?

Selain cukup mudah untuk Anda aplikasikan di rumah, rangkaian pupuk pembesar lobak GDM ini juga akan memberikan banyak manfaat pada tanaman, seperti:

  1. membuat tanah budidaya lobak jadi lebih subur, sehat, dan kaya zat hara,
  2. membantu mendorong munculnya hormon pertumbuhan pada tanaman lobak,
  3. mempercepat proses produksi lobak dan membuat umbi jadi lebih besar,
  4. mengurangi risiko penularan penyakit tular tanah dan busuk umbi lobak, karena dapat membantu meningkatkan sistem imun tanaman lobak,
  5. membantu membuat ukuran lobak jadi lebih besar, berkulit tebal dan mulus.

Konsultasikan Kendala Budidaya Lobak atau Penggunaan Produk GDM dengan Tim Ahli

Selain memperoleh keuntungan langsung pada tanaman dan lahan budidaya lobak, Dulur juga bisa mendapatkan untung lain, loh. Betul sekali! Anda bisa berkonsultasi langsung dengan tim ahli pertanian dan perkebunan GDM soal budidaya lobak yang Anda lakukan.

Tim ahli kami dapat membantu menjawab pertanyaan dan keluhan Anda seputar persoalan budidaya lobak. Misalnya, ternyata lobak anda tak bisa tumbuh besar atau mengalami penyakit tertentu, maka tim kami akan membantu mencari jawabannya. Menarik, bukan? 

Selain itu, GDM juga secara rutin mengadakan pelatihan online untuk budidaya tanaman pangan, buah-buahan, tanaman hias, juga perikanan dan peternakan. 

Nah, bagaimana Dulur? Setelah melihat banyaknya keuntungan di atas pasti Anda tergiur untuk berlangganan GDM, kan?

Langsung klik di bawah untuk terhubung dengan tim kami, ya!

author-avatar

About WAHYU NURWIJAYO, SP

Seorang profesional di Industri Pertanian dengan selalu menerapkan sistem keseimbangan ekologi agar budidaya pertanian berjalan efektif & efisien serta hasil produksi meningkat