Pertanian

Rekomendasi Pupuk untuk Kacang Panjang agar Berbuah Lebat, Apa Saja?

Kacang panjang merupakan tanaman sayur-sayuran yang tak membutuhkan lahan luas untuk dibudidayakan. Namun agar tanaman dapat tumbuh subur dan berbuah lebat, Dulur perlu memberikan pupuk khusus dalam perawatannya.

Bagi Anda yang ingin memulai bercocok tanam dan memanfaatkan lahan sempit di rumah, kacang panjang adalah pilihan ideal untuk Anda. Sebab selain tak membutuhkan lahan yang luas, kacang panjang juga cocok untuk iklim Indonesia karena dapat tumbuh di suhu 18–32 derajat celcius. 

Selain menerapkan teknik budidaya yang tepat, proses perawatan tanaman kacang panjang juga harus Anda perhatikan. Selain menyiram dan melakukan penyiangan secara rutin, jangan lupa untuk memberikan pupuk untuk kacang panjang.

Mengapa memberikan pupuk untuk kacang panjang itu begitu penting? Serta apa saja rekomendasi produk yang dapat Anda gunakan? Langsung simak ulasannya berikut ini, ya, Lur!

Efektivitas Penggunaan Pupuk GDM pada Tanaman Kacang Panjang, Seperti Apa?

Dulur, meskipun tanaman kacang panjang tergolong mudah untuk ditanam dan dapat tumbuh dengan baik di iklim 18–32 derajat celcius, agar menghasilkan panen melimpah Anda harus tetap melakukan pemupukan rutin.

Menurut tim ahli kami, dengan menggunakan pupuk untuk kacang panjang yang berkualitas dengan unsur hara makro-mikro lengkap akan membantu merangsang pertumbuhan tanaman kacang panjang dan mempercepat proses pembungaan. Sehingga masa panen bisa datang lebih cepat dan menghasilkan jumlah kacang panjang yang lebih banyak.

Mitra kami di Boyolali, Ibu Nanik, telah membuktikan efektivitas penggunaan rangkaian pupuk untuk kacang panjang GDM. Tentu Ibu Nanik memperoleh hasil yang cukup memuaskan.

Dengan mengaplikasikan produk secara rutin, ia dapat memperoleh panen kacang panjang melimpah. Yakni dalam periode 2 bulan setelah tanam ia panen kacang panjang sebanyak dua kali. Kualitasnya pun cukup memuaskan, yakni memiliki panjang yang sama dan tidak terjangkit penyakit.

Untuk mengetahui lebih lanjut soal testimoni Ibu Nani, Dulur bisa menyimak video di bawah:

Rekomendasi Rangkaian Pupuk untuk Kacang Panjang yang Berkualitas

Agar memperoleh hasil panen maksimal, Dulur bisa menggunakan rangkaian pupuk untuk kacang panjang dari GDM berikut ini:

Pupuk Organik Cair (POC) Spesialis Tanaman Pangan

pupuk organik cair spesialis pangan

Jenis pupuk untuk kacang panjang pertama yang bisa Dulur gunakan adalah Pupuk Organik Cair (POC) Spesialis Tanaman Pangan. Penggunaan produk GDM ini dapat memberikan banyak keuntungan untuk  tanaman kacang panjang Anda, misalnya:

  1. meningkatkan produktivitas perkebunan tanaman kacang panjang,
  2. membantu mempercepat proses pembungaan dan produktivitas buah kacang panjang,
  3. memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman kacang panjang,
  4. juga mencegah infeksi hama penyakit yang menghambat pertumbuhan tanaman kacang panjang.

GDM SaMe Granule Bio Organik

Same-Bio-Granule-10

Selanjutnya Dulur juga bisa menggunakan GDM SaMe Granule Bio Organik untuk merawat tanaman kacang panjang. Karena terbuat dari ekstrak organik berkonsentrat tinggi dan memiliki teknologi terbaru, GDM SaMe dapat memberikan banyak keuntungan pada tanaman kacang panjang.

Dulur bisa menggunakan GDM SaMe ini dalam proses persiapan media tanam dan perawatan bulanan saat budidaya kacang panjang. Kandungan terbaik dalam produk ini dapat mendorong penyerapan nutrisi pada akar tanaman kacang panjang, sehingga membuat tanaman jadi lebih sehat dan mampu memproduksi kacang panjang yang lebih lebat serta berkualitas.

GDM Black BOS

Untuk melengkapi perawatan budidaya kacang panjang, dulur juga bisa menggunakan stimulan organik cair yang dapat meningkatkan produktivitas dan merangsang proses pembuahan pada tanaman kacang panjang.

Anda dapat menggunakan produk GDM Black BOS yang memiliki empat bakteri premium, serta kombinasi unsur hara makro-mikro terbaik yang dapat memberikan banyak manfaat untuk tanaman kacang panjang.

Penggunaan GDM Black BOS secara rutin sebagai bagian perawatan tanaman kacang panjang dapat memberikan keuntungan sebagai berikut;

  1. bekerja sebagai booster tanah atau lahan budidaya tanaman kacang panjang,
  2. mencegah terjadinya penyakit tular tanah pada akar-akar tanaman kacang panjang,
  3. menjadi penawar racun dari logam-logam berat yang ada di lahan kacang panjang,
  4. membantu menggemburkan dan menyuburkan tanah/lahan budidaya tanaman kacang panjang,
  5. merangsang proses pengomposan pada lahan tanam kacang panjang agar berjalan lebih cepat.

Dosis dan Cara Pemupukan pada Tanaman Kacang Panjang

dosis memberikan pupuk untuk kacang hijau (1)

Pemupukan Dasar

Lakukan pemupukan dasar saat masa pengolahan lahan budidaya tanaman kacang panjang. Pemupukan dasar berfungsi untuk menjaga kualitas tanah, serta meningkatkan kandungan nutrisi di dalamnya.

Anda dapat menggunakan GDM SaMe Granule Bio Organik dan GDM Black BOS sebagai pemupukan dasar, berikut caranya:

  1. Siapkan GDM Black BOS sebanyak 5 kg/ha dan GDM SaMe Granule Bio Organik sebanyak 150 kg/ha, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan luas lahan tanam kacang panjang.
  2. Basahi lahan tanam dengan air hingga lembap.
  3. Kemudian campurkan GDM Black BOS ke dalam air dengan takaran 250 ml produk per tangki semprot 14-20 liter air. Aduk hingga merata dan semprotkan ke permukaan lahan lembap tersebut.
  4. Selanjutnya taburkan 150 kg GDM SaMe Granule Bio Organik tadi ke atas permukaan tanah budidaya.
  5. Lakukan pemupukan dasar ini 7 hari sebelum proses penanaman kacang panjang.

Pemupukan Susulan Ke-1

Selain sebelum proses penanaman, pemberian pupuk untuk kacang panjang juga penting Anda lakukan dalam masa perawatan tanaman kacang panjang. Tujuannya untuk mendorong produktivitas tanaman, mempercepat pembentukan bunga dan buah.

Gunakan Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Pangan untuk merawat kacang panjang, berikut dosis dan caranya:

  1. Siapkan 8 liter/ha Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Pangan.
  2. Larutkan Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Pangan dalam air bersih, perbandingannya 500 ml produk untuk 14-20 liter air.
  3. Aduk hingga produk tercampur sempurna, kemudian gunakan tangki semprot untuk mengaplikasikan produk langsung pada tanaman. Utamakan untuk menyemprot area permukaan bawah daun kemudian lanjut area permukaan atas daun.
  4. Lakukan pemupukan susulan kacang panjang ini setiap 1 minggu sekali, dari saat tanaman berusia 7-28 Hari Setelah Tanam (HST).

Pemupukan Susulan pada Tanah

Selain pada saat pengolahan lahan, Dulur juga harus melakukan pemupukan susulan pada tanah lahan budidaya kacang panjang. Gunakan kombinasi GDM SaMe Granule Bio Organik dan GDM Black BOS untuk menjaga kesuburan tanah.

Lakukan pemupukan tanah ini saat tanaman berusia 30 HST. Berikut dosis dan cara pemupukannya:

  1. Siapkan GDM Black BOS sebanyak 5 kg/ha dan Pupuk Organik Granul (POG) GDM sebanyak 150 kg/ha, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan luas lahan tanam kacang panjang.
  2. Basahi lahan tanam dengan air hingga lembap.
  3. Kemudian campurkan GDM Black BOS ke dalam air dengan takaran 250 ml produk per 14–20 liter air. Aduk hingga merata dan semprotkan ke lahan area perakaran tanaman kacang panjang.
  4. Selanjutnya taburkan 100 kg POG tadi ke lahan area perakaran tanaman kacang panjang.

Pemupukan Susulan Ke-2

Pemupukan susulan pada tanaman kacang panjang ini berguna untuk mendorong produktivitas tanaman. Sehingga hasil panen bisa lebih banyak dan berkualitas. Berikut caranya:

  1. Siapkan 8 liter/ha Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Pangan.
  2. Larutkan Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Pangan dalam air bersih, perbandingannya 500 ml pupuk untuk kacang panjang untuk 14-20 liter air.
  3. Aduk hingga produk tercampur sempurna, kemudian gunakan tangki semprot untuk mengaplikasikan pupuk untuk kacang panjang GDM langsung pada tanaman. Utamakan untuk menyemprot area batang dan bawah daun.
  4. Lakukan pemupukan susulan kacang panjang ini setiap 5 hari sekali, dari saat tanaman berusia 30+ Hari Setelah Tanam (HST).

Keuntungan Menggunakan Rangkaian Pupuk untuk Kacang Panjang GDM

keuntungan menggunakan pupuk untuk tanaman kacang panjang

Nah, Dulur itu adalah penjelasan lengkap mengenai rekomendasi pupuk untuk kacang panjang yang bagus dan cara penggunaannya. Bagaimana, Lur, tertarik untuk menggunakan rangkaian pupuk untuk kacang panjang dari GDM, untuk merawat tanaman kacang panjang Anda?

Selain cukup mudah untuk Anda aplikasikan di rumah, rangkaian pupuk untuk kacang panjang GDM ini juga akan memberikan banyak manfaat pada tanaman, seperti:

  1. membuat tanah budidaya kacang panjang jadi lebih subur, sehat, dan kaya zat hara,
  2. membantu mendorong munculnya hormon pertumbuhan pada tanaman kacang panjang,
  3. mempercepat proses produksi kacang panjang sehingga dapat panen berkali-kali,
  4. mengurangi risiko penularan penyakit tular tanah dan busuk kacang panjang, karena dapat membantu meningkatkan sistem imun tanaman kacang panjang,
  5. membantu membuat ukuran kacang panjang jadi lebih besar, berkulit tebal dan mulus.

Konsultasikan Kendala Budidaya Kacang Panjang dengan Tim Ahli GDM

Selain memperoleh keuntungan langsung pada tanaman dan lahan budidaya kacang panjang, Dulur juga bisa mendapatkan untung lain, loh. Anda dapat berkonsultasi langsung dengan tim ahli pertanian dan perkebunan GDM soal budidaya kacang panjang yang Anda lakukan.

Tim ahli kami dapat membantu menjawab pertanyaan dan keluhan Anda seputar persoalan budidaya kacang panjang. Misalnya, ternyata kacang panjang anda tak bisa tumbuh besar atau mengalami penyakit tertentu, maka tim kami akan membantu mencari jawabannya. 

Tunggu apa lagi, Dulur? Langsung hubungi tim kami lewat tombol WhatsApp di bawah untuk tanya-tanya dan membeli produk GDM. Dengan GDM siapapun bisa panen!

author-avatar

About WAHYU NURWIJAYO, SP

Seorang profesional di Industri Pertanian dengan selalu menerapkan sistem keseimbangan ekologi agar budidaya pertanian berjalan efektif & efisien serta hasil produksi meningkat