Pertanian

Pupuk untuk Tanaman Kacang Hijau Bantu Hasilkan Panen Berkualitas

Hati-hati, Dulur! Menyirami tanaman secara rutin saja tidak cukup untuk merawat tanaman kacang hijau. Agar tanaman lebih tahan terhadap serangan penyakit dan cuaca yang ekstrim jangan lupa gunakan juga pupuk untuk tanaman kacang hijau. Benarkah begitu?

Tanaman kacang hijau pada dasarnya membutuhkan tanah yang gembur dengan unsur hara yang tinggi untuk dapat tumbuh subur.

Pada beberapa kasus, dengan perawatan yang kurang tepat tanaman kacang hijau akan sulit beradaptasi di cuaca yang ekstrim dan sangat rentan terkena penyakit.

Melansir dari laman informasi Kebumenkab.go.id, pada 2022 kemarin petani di Desa Sidomulyo mengalami gagal panen akibat cuaca yang ekstrim. Sehingga mengakibatkan pertumbuhan tanaman tak optimal.

Sebagai upaya pencegahan terjadi masalah tersebut, Anda harus menerapkan cara budidaya yang tepat dan memberikan perawatan ekstra pada tanaman kacang hijau. Salah satunya adalah dengan memberikan pupuk kacangan hijau secara rutin.

Dalam artikel ini kita akan membahas apa saja rangkaian pupuk untuk tanaman kacang hijau, cara menggunakan, dosis, dan keuntungannya bagi petani. Langsung simak, yuk!

CTA pupuk untuk tanaman kacang hijau 1

Mengapa Kacang Hijau Memerlukan Pupuk Tambahan?

Pada dasarnya kacang hijau ini dapat tumbuh dengan baik di lahan yang kering, bahkan dapat ditanam pada daerah yang kurang subur sekalipun.

Namun, bukan berarti saat membudidayakan palawija ini, Anda sama sekali tak melakukan perawatan. Sebaliknya, dengan membuat tanah budidaya menjadi gembur dan subur, maka pertumbuhan kacang hijau akan jadi lebih maksimal.

Misalnya dengan menggunakan rangkaian pupuk untuk tanaman kacang hijau dari GDM untuk kacang hijau akan memberikan banyak dampak baik pada tanaman.

Ini karena produK GDM terbuat dari bahan-bahan organik terbaik, yang menguntungkan bagi tanaman kacang hijau. Beberapa kandungan tersebut adalah:

  1. Minyak hewani.
  2. Empat bakteri premium.
  3. Ekstrak alga dan rumput laut.
  4. Limbah peternakan dan organik lainnya.

Selain itu, Dulur juga bisa menyimak bagaimana tanggapan mitra kami setelah menggunakan produk GDM secara rutin pada tanaman palawijanya berikut ini:

Rangkaian Pupuk untuk Tanaman Kacang Hijau GDM

Setelah menyimak pentingnya penggunaan pupuk tambahan pada tanaman kacang hijau di atas, serta keuntungan yang mitra kami peroleh setelah mengaplikasikan produk GDM. Apakah Dulur tertarik untuk mencoba produk kami?

Nah, berikut ini adalah rangkaian pupuk untuk tanaman kacang hijau dari GDM yang bisa Dulur coba. Simak, ya!

Pupuk Organik Cair (POC) Spesialis Tanaman Pangan

Jenis pupuk untuk tanaman kacang hijau adalah Pupuk Organik Cair (POC) Spesialis Tanaman Pangan. Penggunaan produk GDM ini dapat memberikan banyak keuntungan untuk  tanaman kacang hijau Anda, misalnya:

  1. meningkatkan produktivitas perkebunan tanaman kacang hijau,
  2. membantu mempercepat proses pembungaan dan produktivitas buah kacang hijau,
  3. memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman kacang hijau,
  4. juga mencegah infeksi hama penyakit yang menghambat pertumbuhan tanaman kacang hijau.

GDM SaMe Granule Bio Organik

Same-Bio-Granule-10

Selanjutnya Dulur juga bisa menggunakan GDM SaMe Granule Bio Organik untuk merawat tanaman kacang hijau. Karena terbuat dari ekstrak organik berkonsentrat tinggi dan memiliki teknologi terbaru, GDM SaMe dapat memberikan banyak keuntungan pada tanaman kacang hijau.

Dulur bisa menggunakan GDM SaMe ini dalam proses persiapan media tanam dan perawatan bulanan saat budidaya kacang hijau. Kandungan terbaik dalam produk ini dapat mendorong penyerapan nutrisi pada akar tanaman kacang hijau, sehingga membuat tanaman jadi lebih sehat dan mampu memproduksi kacang hijau yang lebih lebat serta berkualitas

GDM Black BOS

Untuk melengkapi perawatan budidaya kacang hijau, dulur juga bisa menggunakan stimulan organik cair yang dapat meningkatkan produktivitas dan merangsang proses pembuahan pada tanaman kacang hijau.

Anda dapat menggunakan produk GDM Black BOS yang memiliki empat bakteri premium, serta kombinasi unsur hara makro-mikro terbaik yang dapat memberikan banyak manfaat untuk tanaman kacang hijau.

Penggunaan GDM Black BOS secara rutin sebagai bagian perawatan tanaman kacang hijau dapat memberikan keuntungan sebagai berikut;

  1. bekerja sebagai booster tanah atau lahan budidaya tanaman kacang hijau,
  2. mencegah terjadinya penyakit tular tanah pada akar-akar tanaman kacang hijau,
  3. menjadi penawar racun dari logam-logam berat yang ada di lahan kacang hijau,
  4. membantu menggemburkan dan menyuburkan tanah/lahan budidaya tanaman kacang hijau,
  5. merangsang proses pengomposan pada lahan tanam kacang hijau agar berjalan lebih cepat.

Dosis dan Cara Pemupukan pada Tanaman Kacang Hijau

cara memupuk tanaman kacang hijau (1)

Selain memilih dan melengkapi produk yang tepat sebagai pupuk untuk tanaman kacang hijau Anda, cara dan dosis penggunaan produk juga harus Anda perhatikan. Dengan begitu, pemberian pupuk untuk tanaman kacang hijau ini dapat memberikan efek maksimal.

Berikut panduan pemupukan pada tanaman kacang hijau menggunakan produk-produk GDM:

Pemupukan Dasar

Apapun jenis tanaman palawija yang Anda budidayakan, kesuburan tanah sangat berperan penting dalam keberhasilan panen. Sebab tanah yang subur memiliki kandungan hara makro-mikro lengkap dan berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tanaman.

Dalam pengolahan lahan ini, penting bagi Anda melakukan pemupukan dasar. Gunakan dua produk GDM, yakni GDM SaMe Granule Bio Organik dan GDM Black BOS dalam pengolahan lahan budidaya kacang hijau. 

Berikut panduan yang bisa Anda ikuti:

  1. Siapkan 150 kg/ha GDM SaMe Granule Bio Organik dan 5 kg/ha GDM Black BOS, sesuaikan dengan lahan tanam kacang hijau Anda.
  2. Sebelum pengaplikasian pupuk untuk tanaman kacang hijau, basahi tanah dengan air hingga lembap dulu.
  3. Larutkan 250 ml GDM Black BOS dalam 14–20 liter air, aduk hingga larutan homogen. Kemudian semprotkan secara merata pada lahan lembap di atas. Pastikan Anda memenuhi dosis 5 kg/ha tersebut.
  4. Taburkan seluruh GDM SaMe Granule Bio Organik secara merata pada lahan budidaya tanaman kacang hijau.
  5. Lakukan pemupukan dasar ini 7 hari sebelum proses penanaman kacang hijau.

Pemupukan Rutin pada Tanaman

Tak hanya pada awal penanaman, Anda juga harus memberikan pupuk untuk tanaman kacang hijau secara rutin pada tanaman, selama masa perawatan. 

Gunakan Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Pangan pada kacang hjiau dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkan 8 liter/ha Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Pangan setiap kali Anda akan melakukan pemupukan rutin pada kacang hijau.
  2. Larutkan 500 ml Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Pangan pada 14–20 liter air, aduk dalam tangki semprot hingga homogen.
  3. Kemudian semprotkan larutan pada tanaman kacang hijau secara merata, khususnya pada area permukaan bawah daun tanaman.
  4. Lakukan pemupukan secara rutin dimulai pada saat kacang hijau berusia 7, 14, 21, sampai ke-40 Hari Setelah Tanam (HST).

Pemupukan Susulan pada Tanah

Selain pada tanaman, Anda juga harus melakukan pemupukan susulan untuk tanah budidaya kacang hijau pada saat memasuki usia 30 HST. Gunakan Pupuk Organik Granul (POG) GDM dan GDM Black BOS dengan panduan berikut:

  1. Siapkan 150 kg/ha Pupuk Organik Granul (POG) GDM dan 5 kg/ha GDM Black BOS, sesuaikan dengan lahan tanam kacang hijau Anda.
  2. Sebelum pengaplikasian pupuk untuk tanaman kacang hijau, basahi tanah dengan air hingga lembap dulu.
  3. Larutkan 250 ml GDM Black BOS dalam 14–20 liter air, aduk hingga larutan homogen. Kemudian semprotkan secara merata pada area perakaran tanaman kacang hijau. Pastikan Anda memenuhi dosis 5 kg/ha tersebut.
  4. Taburkan seluruh POG secara merata pada lahan area perakaran tanaman kacang hijau.
  5. Lakukan pemupukan susulan tanah ini saat kacang hijau berusia 30 HST.

Keuntungan Menggunakan Rangkaian Pupuk untuk Tanaman Kacang Hijau GDM

Nah, Dulur itu adalah penjelasan lengkap mengenai rekomendasi pupuk pembesar untuk tanaman kacang hijau yang bagus dan cara penggunaannya. Bagaimana, Lur, tertarik untuk menggunakan rangkaian pupuk untuk tanaman kacang hijau GDM untuk merawat tanaman kacang hijau Anda?

Selain cukup mudah untuk Anda aplikasikan di rumah, rangkaian pupuk untuk tanaman kacang hijau GDM ini juga akan memberikan banyak manfaat pada tanaman, seperti:

  1. membuat tanah budidaya kacang hijau jadi lebih subur, sehat, dan kaya zat hara,
  2. membantu mendorong munculnya hormon pertumbuhan pada tanaman kacang hijau,
  3. mempercepat proses produksi kacang hijau sehingga dapat panen berkali-kali,
  4. mengurangi risiko penularan penyakit tular tanah dan busuk kacang hijau, karena dapat membantu meningkatkan sistem imun tanaman kacang hijau,
  5. membantu membuat ukuran kacang hijau jadi lebih besar, berkulit tebal dan mulus.

Konsultasikan Kendala Budidaya Kacang Hijau dengan Tim Ahli GDM

Selain memperoleh keuntungan langsung pada tanaman dan lahan budidaya kacang hijau, Dulur juga bisa mendapatkan untung lain, loh. Anda dapat berkonsultasi langsung dengan tim ahli pertanian dan perkebunan GDM soal budidaya kacang hijau yang Anda lakukan.

Tim ahli kami dapat membantu menjawab pertanyaan dan keluhan Anda seputar persoalan budidaya kacang hijau. Misalnya, ternyata kacang hijau anda tak bisa tumbuh besar atau mengalami penyakit tertentu, maka tim kami akan membantu mencari jawabannya. 

Anda bisa langsung klik tombol di bawah untuk terhubung dengan tim ahli kami!

CTA pupuk untuk tanaman kacang hijau 2
author-avatar

About WAHYU NURWIJAYO, SP

Seorang profesional di Industri Pertanian dengan selalu menerapkan sistem keseimbangan ekologi agar budidaya pertanian berjalan efektif & efisien serta hasil produksi meningkat