Kegiatan

Melirik Potensi Budidaya Sirih Gading di Rumah yang Menguntungkan

rangkaian pupuk untuk tanaman hias pilea

Tanaman sirih gading kini menjadi tren budidaya tanaman hias yang paling banyak dicari lho lur. Permintaan untuk penanaman budidaya sirih gading semakin naik tahun ke tahun. Hal ini sebab keindahan tanaman hingga harga pasaran tanaman sirih gading semakin melejit, mulai dari puluhan hingga jutaan rupiah, tergantung dengan varietasnya. 

Selain itu, tanaman ini juga cukup mudah dalam proses perawatannya. Tentu saja bisa menjadi nilai tambahan untuk budidaya tanaman sirih gading sebagai rekomendasi tanaman hias Anda di rumah. Agar dapat tumbuh dengan sehat dan lebih indah, maka perhatikan budidaya sirih gading di bawah ini. 

Potensi Budidaya Sirih Gading

Tanaman sirih gading memiliki beragam varietas dengan penampilan yang indah dan menarik. Sejumlah keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari potensi budidaya sirih gading yakni adanya varietas yang beragam, perawatan yang cukup mudah, melindungi pernapasan dengan menyerap polusi/debu, meningkatkan kelembaban udara ruangan, menyerap kotoran ikan, dan dianggap membawa keberuntungan menjadikan sirih gading memiliki potensi yang sangat tinggi sebagai ladang bisnis memperoleh keuntungan.

Menariknya, tanaman sirih gading ini memiliki potensi bisnis yang besar karena harganyanya yang cukup mahal, mulai dari Rp 200,000 per tanaman. Meski masyarakat jarang membudidayakan tanaman hias ini, justru bisa menjadi peluang bagi Anda untuk membudidayakan sebagai bisnis sirih gading. Maka Anda perlu mengetahui cara budidaya sirih gading yang baik dan benar. 

Jenis Tanaman Sirih Gading

Tanaman ini memiliki karakteristik merambat di pohon atau gantung di dalam pot. Anda bisa menentukan jenis sirih gading mana yang cocok untuk Anda budidayakan. Simak varietas tanaman sirih gading yang sangat beragam, seperti di bawah ini.

1. Sirih Gading Kuning

Jenis tanaman ini memiliki warna kuning cerah, daun kecil, dan cukup banyak tangkai. Sirih gading dapat bisa Anda tanam di pot sedang. Kemudian siram setiap pagi agar tanah tetap lembab.

2. Sirih Gading Silver

Jenis tanaman ini sangat sulit untuk ditemukan. Tak heran jika sirih gading silver memiliki harga yang fantastis berbeda dengan jenis sirih gading lainnya. Tanaman ini memiliki warna silver dengan corak hijau tua.

3. Sirih Gading Hijau

Tanaman ini memiliki bentuk yang lebih kecil dengan daun yang begitu lebat. Biasanya tanaman ini berada di ruang tamu sebagai penghias rumah. Warna hijau tua polos membuat rumah terasa lebih segar.

4. Sirih Gading Ungu

Tanaman ini memiliki daun bercorak ungu dan hanya bisa tumbuh di wilayah dataran tinggi. Sebab, tempat dingin dan lembab adalah habitatnya. Keberadaan tanaman ini sangat sulit untuk ditemukan. Alhasil harga pasarannya terbilang sangat mahal.

5. Sirih Gading Marble Queen

Varietas ini memiliki daun yang berwarna hijau muda dengan corak putih. Marble queen sangat suka dengan sinar matahari dan cocok untuk proses penanaman pada daerah tropis. Biasanya tanaman ini bisa Anda taruh di teras rumah. 

6. Sirih Gading Philo Brazil

Corak daun sirih gading philo brazil berwarna hijau kekuningan, seperti warna bendera Brazil. Tanaman ini membutuhkan banyak air dibandingkan tanaman sirih lainnya. Maka, lebih baik jika menanamnya ditempat yang teduh dan sedikit terkena cahaya matahari langsung.

7. Sirih Gading Jade Pothos

Sirih gading ini berasal dari dataran Polynesia. Perawatannya pun juga tergolong lebih mudah dibandingkan lainnya. Daun tanaman yang berbentuk hati dengan warna hijau gelap serta tumbuh di dataran tropis membuatnya cenderung dijadikan hiasan dengan digantung di teras rumah. 

8. Sirih Gading Satin Pothos 

Tanaman ini memiliki karakteristik warna yang unik, yaitu warna silver putih bercampur hijau. Dalam proses pertumbuhannya, dibutuhkan sinar matahari yang sedang dan tidak membutuhkan banyak air. Suhu yang baik berkisar 15-24°C. Tanaman ini mampu tumbuh mencapai 3 meter.

9. Sirih Gading Manjula Pothos

Sirih gading ini memiliki gradasi warna hijau dan putih yang bermanfaat untuk menyaring udara dalam ruangan. Manjula cocok ditempatkan di segala ruangan dengan intensitas cahaya sedang. Manjula bisa tumbuh dengan media tanam air. 

Cara Budidaya Sirih Gading

Cara budidaya dilihat dari proses penanaman dan perawatan agar tanaman sirih gading dapat tumbuh dengan baik di indoor maupun outdoor nih Dulur, namun Anda perlu memahami sejumlah cara yang tepat dalam proses pembudidayaan sirih gading. Simak cara budidaya di bawah ini.

1. Penanaman

Dalam proses penanaman sirih gading dibutuhkan langkah-langkah yang tepat, sebagai berikut.

  1. Menanam sirih gading menggunakan media air adalah metode yang terbaik. Media air bisa mempercepat pertumbuhan tanaman tersebut. Agar tanaman dapat tumbuh dengan sehat maka, pilih bibit sirih gading yang segar dan sehat. 
  2. Perlu diperhatikan dalam memilih daun sirih gading yang berwarna coklat kekuningan. Kemudian potong daun serta batang untuk ditanam di pot/vas baru. 
  3. Selanjutnya, semua daun yang ada di bawah simpul batang harus dipotong. Tujuannya, untuk menghindari terjadinya pembusukan pada daun/batang sirih gading selama terendam air. 
  4. Dalam proses pemotongan, akan tampak bagian tonjolan kecil berwarna coklat. Tonjolan ini adalah akar udara sebagai tumpuan perkembangan tanaman sirih gading.
  5. Anda dapat meletakkan 3-4 batang sirih gading di pot/vas yang telah disediakan. Pastikan pot/vas terisi air jernih dan bersih agar tanaman bisa bertahan hidup dan berkembang maksimal tanpa terkena penyakit.
  6. Selanjutnya letakkan tanaman sirih gading di tempat yang teduh dengan intensitas cahaya matahari sedang. 
  7. Perhatikan pertumbuhan akar sirih gading dalam kurun waktu kurang lebih 7-14 hari, tergantung dengan cara perawatannya.

2. Perawatan 

Sama seperti tanaman lainnya, sirih gading juga memerlukan perawatan yang tepat agar tanaman dapat tumbuh subur dan cantik. Berikut beberapa cara merawatnya

  1. Melakukan pemeriksaan setiap hari untuk memastikan akar batang yang terendam air tidak membusuk. Jika ada daun sirih yang terendam air, maka segeralah memotongnya. Tanaman tersebut akan berkembang besar, maka dari itu perlu mengganti pot dengan ukuran yang besar agar tanaman dapat berkembang dengan baik
  2. Menjaga suhu ruangan kisaran 21-23°C agar kesehatan dan pertumbuhan tanaman tetap terjaga dengan baik. Perlu diketahui bahwa tanaman ini bisa bertahan di suhu 10°C akan tetapi duan yang tumbuh tidak akan bagus. Hindari meletakkan di tempat yang gelap, sebab tanaman ini juga perlu sinar matahari yang cukup.
  3. Lakukan pergantian air secara rutin setiap 1 minggu sekali. Jika air sudah terlihat keruh segeralah mengganti untuk menghindari penyakit/bakteri yang menyerang proses pertumbuhan tanaman sirih gading.

3. Pemupukan 

penyebab manggis sulit berbuah

Untuk mengoptimalkan pertumbuhan Anda bisa menggunakan pupuk organik yang berkualitas. Pemberian pupuk dapat Anda lakukan setiap 2-3 bulan selama musim tanam. Anda juga bisa memberikan GDM Pupuk Organik Cair Spesialis Tanaman Hias karena kandungan mikro, makro, dan bakteri patogen mampu mendorong pertumbuhan produksi tanaman hias sirih gading. Pupuk ini berfungsi melengkapi nutrisi utama dengan baik sebagai penunjang pertumbuhan dan kesuburan tanaman sirih gading. Sebab, pupuk ini multifungsi dapat digunakan di media tanah dan air. 

Nah, setelah membaca ulasan di atas, apakah dulur tertarik untuk mencoba budidaya tanaman sirih gading? Jangan lupa gunakan rangkaian produk dari GDM Organik agar tanaman hias dapat tumbuh subur dan sehat. 

Konsultasikan tentang cara penggunaan pupuk dan pemesanan dengan tim ahli kami seputar budidaya tanaman hias dan perawatannya. Klik tombol di bawah ini ya, lur.

author-avatar

About GDM Info

Jika dulur-dulur ingin berdiskusi mengenai agrobisnis, dulur-dulur bisa langsung menghubungi tim ahli kami di 0812-600-70-600