Peternakan

Manfaat Probiotik Sapi: Penting untuk Produktivitas Ternak

manfaat probiotik sapi

Manfaat probiotik sapi sangat penting untuk meningkatkan produktivitas ternak. Akan tetapi tidak semua peternak mengetahui manfaat pakan probiotik. Minimnya pengetahuan tentang konsep probiotik tentunya menjadi kendala tersendiri. Sebab, probiotik memberikan dampak yang signifikan bagi kesehatan sapi.

Probiotik memiliki cara kerja dengan menekan populasi mikroba melalui produksi senyawa antimikroba, nutrisi, merubah metabolisme mikrobial (menurunkan dan meningkatkan enzim), dan menstimulasi kadar antibodi dari serangan bakteri-bakteri jahat. Bagaimana, sangat bermanfaat sekali bukan?

Untuk itu, khususnya bagi peternak pemula mari memahami manfaat probiotik sapi. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai pakan probiotik, manfaat probiotik sapi, dan cara penggunaan probiotik sapi. Simak terus artikel ini sampai akhir, ya!

cta manfaat probiotik sapi 1

Apa Itu Pakan Probiotik Sapi?

Sebelum mengetahui manfaat probiotik sapi, hendaknya terlebih dahulu mengetahui tentang apa sih pakan probiotik sapi itu? Probiotik adalah pakan sekaligus suplemen aditif yang terdiri dari mikroba hidup untuk memelihara kesehatan sapi. 

Pakan probiotik mengandung bakteri selulolitik yang tinggi dengan memanfaatkan limbah pertanian secara efisien untuk menghasilkan produk ternak yang maksimum. Prinsip kerja probiotik adalah meningkatkan keseimbangan dan fungsi pencernaan pada hewan ternak. 

Ada banyak manfaat jika menggunakan probiotik sapi secara rutin. Dulur perlu memperhatikan dosis dan penggunaannya sebab hal ini mampu mempengaruhi kondisi organ pencernaan khususnya lambung yang sudah ada zat mikrobanya.

Manfaat Probiotik Sapi

Menggunakan probiotik tentunya mendatangkannya banyak manfaat baik bagi kondisi ternak sapi. Adapun di bawah ini beberapa manfaat probiotik sapi, sebagai berikut.

Meningkatkan Kinerja Sistem Pencernaan Sapi

Probiotik telah terbukti mampu meningkatkan kesehatan dan kinerja sistem pencernaan sapi. Ketika probiotik ditambahkan ke dalam makanan sapi, mereka membantu memperbaiki keseimbangan mikroba dalam saluran pencernaan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan pencernaan makanan dan penyerapan nutrisi.

Meningkatkan Gizi dan Nutrisi Pakan

Penambahan probiotik ke dalam pakan sapi membantu meningkatkan ketersediaan nutrisi dalam pakan. Hal ini membuat nutrisi lebih mudah tercerna dan terserap oleh sapi, sehingga memberikan kontribusi pada peningkatan gizi dan kesehatan hewan.

Meningkatkan Efisiensi Pakan

Probiotik juga dapat meningkatkan efisiensi pakan sapi. Meskipun Dulur hanya memberikan pakan dalam jumlah yang lebih sedikit, efek probiotik tetap dapat menghasilkan peningkatan produktivitas ternak sapi. Penambahan probiotik dapat terlihat dari proses pertumbuhan, peningkatan berat badan sapi, produksi susu, dan daging sapi.

Meningkatkan Antibodi dan Menangkal Penyakit

Pemberian probiotik dapat meningkatkan produksi antibodi dalam tubuh sapi, membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan serangan penyakit. Ini membantu meningkatkan daya tahan sapi terhadap penyakit dan infeksi.

Mengurangi Bau Amoniak pada Kotoran Sapi

Probiotik juga dapat membantu mengurangi bau tidak sedap, seperti bau amoniak, pada kotoran sapi. Hal ini mengurangi aroma tidak menyenangkan di dalam kandang, menciptakan lingkungan yang lebih nyaman bagi sapi dan peternak.

Meningkatkan Kadar Kebutuhan Protein dan Asam Lemak

Probiotik dapat membantu meningkatkan kadar protein dan asam lemak esensial dalam tubuh sapi. Ini penting untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat, serta produksi susu dan daging yang berkualitas.

Meningkatkan Nafsu Makan dan Mengurangi Stres

Pemberian probiotik telah terbukti dapat meningkatkan nafsu makan sapi, membuatnya makan lebih banyak. Hal ini membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi, serta mengurangi stres pada hewan, yang dapat meningkatkan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.

Memudahkan Pemecahan Jerami 

Terakhir, probiotik dapat membantu dalam memecah jerami pada pakan ternak. Ini membuat pencernaan lebih efisien, membantu sapi memperoleh nutrisi dari jerami dengan lebih baik.

Banyak sekali manfaat probiotik sapi, terutama dalam meningkatkan sistem kinerja lambung dan usus pada sapi. Manfaat ini dapat dirasakan untuk semua jenis hewan, terutama ruminansia produktif sapi.

cta manfaat probiotik sapi 2

Cara Penggunaan Probiotik Sapi

Setelah mengetahui manfaat probiotik sapi, ada baiknya juga mengetahui tentang cara penggunaannya yang baik dan benar. Dulur, dapat mengaplikasikan probiotik sapi sesuai dengan kebutuhan, misalnya mencampur ke dalam bentuk makanan, minuman, dan lainnya. 

Hal ini bertujuan agar probiotik dapat sampai dengan optimal ke dalam tubuh sapi. Berikut adalah beberapa cara penggunaan probiotik sapi yang efektif.

Campurkan dengan Air Minum 

Cara pemberian probiotik adalah dengan mencampurkannya bersama air minum. Hal ini dapat meningkatkan jumlah eritrosit, hemoglobin, dan meningkatkan konsumsi ransum pada sapi. Lakukan penyesuaian dosis penggunaan dengan produk probiotik yang Dulur pilih.

Campurkan dengan Jamu

Mengkonsumsi jamu tidak hanya untuk manusia saja, melainkan hewan juga harus mengonsumsi jamur guna untuk meningkatkan produktivitas, kesehatan, dan pengobatan pada ternak. Hal ini sejalan dengan bahan dasar jamu yang mengandung senyawa untuk meningkatkan kesehatan ternak. 

Pembuatan jamu pun juga cukup sederhana, hanya perlu menyiapkan bahan-bahan yang terdiri dari temulawak, lempuyang, jahe, kuning, gula merah, dan probiotik. Bersihkan dengan cara mencuci semua bahan. Kemudian rajang, haluskan, dan rebus bahan-bahan tersebut. 

Tunggu hingga dingin. Selanjutnya, saring dan tambahkan larutan produk probiotik yang Dulur gunakan. Lalu, tutup wadah dan bairkan selama 3 hari. Setelah itu, jamu probiotik siap digunakan.

Campurkan dengan Pakan

Manfaat probiotik sapi dapat dirasakan dengan cara mencampurkannya bersama pakan yang biasa dikonsumsi sapi. Pemberian probiotik dapat diberikan pada pemberian pakan atau feed komplit melalui proses fermentasi terlebih dahulu 

Biasanya feed komplit adalah hasil pencampuran pakai hijauan dan konsentrat berdasarkan kebutuhan ransum kemudian tambahkan probiotik dan molases. Selanjutnya, masukkan semua bahan yang sudah tercampur ke dalam drum atau botol plastik yang kedap udara. Tunggu proses fermentasi hingga 3 hari atau bahkan sampai 1 minggu. Setelah itu, angin-anginkan terlebih dahulu dan feed komplit siap untuk dikonsumsi 

Pemberian Suplemen Organik Cair (SOC) GDM sebagai Probiotik Sapi

Salah satu jalan terbaik untuk memperoleh banyak keuntungan dari peternakan sapi adalah dengan memperbaiki sistem dan management usaha meningkatkan kemampuan produktivitas ternak melalui pakan. Maka dari itu, usahakan menambah probiotik di setiap makanan sapi. Dengan begitu, peternak akan merasakan manfaat probiotik sapi.

Manfaat probiotik sapi dapat Dulur dapatkan dengan menggunakan produk Suplemen Organik Cair dari GDM Spesialis Peternakan. Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan adalah salah satu produk probiotik terbaik yang dapat meningkatkan sistem pencernaan sapi, memperbaiki nafsu makan, meningkatkan imun dan antibodi, menambah bobot sapi, meningkatkan produktivitas sapi, mulai dari susu hingga daging.

Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan mendung banyak unsur mineral yang dibutuhkan sapi. Kandungan bakteri apatogen memberikan banyak keuntungan, terutama pada pertumbuhan sapi. Bahan produksi yang digunakan pun 100% dari bahan pilihan alami yang sudah terjamin kualitasnya.

Dosis dan Cara Penggunaan Suplemen Organik Cair (GDM) untuk Sapi

Penasaran tentang bagaimana cara mengaplikasikan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan? Tenang! Cara pengaplikasiannya pun terbilang cukup mudah. Untuk itu perhatian langkah-langkah pengaplikasiannya di bawah ini. 

Pemberian pada Sapi Umur 3 Bulan

Saat umur sapi menginjak 3 bulan (lepas sapih), berikan 10 ml (1 tutup SOC ukuran 1 liter) Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan untuk per ekor sapi. Kemudian campurkan dengan air minum atau pakan yang biasa dikonsumsi sapi. Berikan di pagi dan sore hari. Usahakan dalam satu hari memberikan 10 ml (1 tutup) per ekor, agar produktivitas sapi semakin meningkat.

Pemberian pada Sapi Lebih dari 1 Tahun

Saat umur sapi menginjak >1 tahun, berikan 10 ml (1 tutup) Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan untuk per ekor sapi. Kemudian campurkan pada makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi sapi. Berikan di pagi dan sore hari. Disarankan dalam satu hari memberikan 10 ml (1 tutup)  Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan untuk per ekor sapi.

Nah, bagaimana Dulur sudah paham tentang manfaat probiotik sapi? Sangat penting bukan? Oleh sebab itu, berikan ternak sapi Dulur dengan Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Peternakan. Hanya dengan menambahkan SOC GDM Spesialis Peternakan, Dulur bisa meraih banyak keuntungan dari hasil panen susu dan daging

Jika ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai probiotik atau permasalahan ternak lainnya dapat langsung terhubung dengan tim ahli kami. Dulur, hanya perlu klik tombol di bawah ini.

cta manfaat probiotik sapi 3