Perkebunan

8 Kegunaan Tanaman Nilam: Menjanjikan untuk Dibudidayakan

Apakah Anda pernah mendengar tanaman nilam? Salah satu tanaman khas Indonesia yang terkenal bisa menghasilkan minyak atsiri. Selain sebagai minyak, ada banyak kegunaan tanaman nilam yang belum banyak diketahui masyarakat loh. 

Sebagai salah satu komoditi ekspor terbaik. Tanaman nilam memberikan peluang yang bagus sebagai potensi usaha serta memberikan banyak manfaat. Bagian tanaman yang kerap kali digunakan adalah daunnya. 

Nilam juga berfungsi sebagai bahan dasar obat-obatan. Khasiat tanaman nilam sebagai bahan herbal mampu menjaga kesehatan hingga kecantikan. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk membudidayakan tanaman ini, simak  terlebih kegunaan tanaman nilam yang akan dirangkum dalam artikel berikut ini. 

cta kegunaan tanaman nilam 1

8 Kegunaan Tanaman Nilam

Memiliki nama ilmiah pogostemon cabin, tanaman nilam biasanya hidup pada ketinggian daerah rata-rata 24-28 derajat celcius. Mampu hidup pada jenis tanah berpasir, kegunaan tanaman nilam terkenal baik bagi kesehatan tubuh dan wajah. 

Obat Sakit Kepala 

Kegunaan tanaman nilam yang paling utama adalah untuk mengurangi dan menyembuhkan sakit kepala. Tanaman herbal ini memiliki senyawa di daunnya yang dapat mengurangi rasa sakit pada kepala, bahkan termasuk migrain. 

Cara mengkonsumsinya adalah dengan merebus daun nilam dan minum air rebusannya untuk meredakan sakit kepala yang dialami.

Mengatasi Penyakit Disentri 

Daun nilam juga diyakini memiliki manfaat dalam mengatasi penyakit disentri. Disentri adalah penyakit yang ditandai dengan gejala seperti diare, mual, muntah, demam, dan kram perut. Selain membantu dalam pengobatan disentri, daun nilam juga dapat berperan dalam mencegah terjadinya penyakit ini pada tubuh.

Sebagai Obat Bisul 

Kandungan dalam daun Nilam memiliki kemampuan untuk mengobati dan mengurangi bisul yang muncul pada kulit. Anda dapat mengonsumsi air rebusan daun nilam, atau membuat pasta dari daun nilam yang telah direbus sebelumnya, lalu mengoleskannya pada area yang terkena bisul, dan biarkan sampai mengering.

Mencegah Rematik 

Rematik seringkali menjadi masalah kesehatan yang dialami oleh orang tua, namun, kondisi ini juga bisa menghinggapi anak muda atau bahkan anak-anak. Akar tanaman Nilam dapat dimanfaatkan untuk meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh rematik, caranya dengan meremas-remas akar tanaman nilam kemudian mengoleskannya pada bagian tubuh yang terasa sakit. 

Biarkan hingga kering, kemudian bersihkan dengan air hangat. Kegunaan tanaman nilam ini akan terasa optimal jika dilakukan secara rutin.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Jika ginjal mengalami gangguan, maka fungsi tubuh lainnya juga dapat terganggu dan meningkatkan risiko terkena berbagai macam penyakit. 

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu merawat kesehatan ginjal agar tidak mengalami masalah atau penyakit. Salah satu kegunaan tanaman nilam yakni menjaga kesehatan ginjal dengan mengkonsumsi daun Nilam yang telah direbus. Kandungan dalam daun nilam memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan ginjal kita.

Mencegah Infeksi 

Manfaat lainnya dari daun nilam adalah sebagai pencegah infeksi. Infeksi adalah suatu kondisi di mana luka menjadi semakin parah atau memburuk. Dengan menggunakan minyak atsiri yang diekstrak dari daun nilam, kita dapat mengontrol dan mencegah terjadinya infeksi pada luka. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak nilam pada area yang terluka atau terinfeksi, lalu diamkan beberapa saat sebelum membersihkannya dengan air bersih.

Menghilangkan Jerawat

Jerawat bisa diatasi dengan menggunakan daun Nilam. Dengan membuat masker dari daun nilam, jerawat yang sulit hilang akan teratasi dan kulit wajah akan kembali bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin, karena manfaatnya tidak akan terlihat bila hanya dilakukan sekali saja.

Melancarkan Buang Air Kecil

Mengkonsumsi rebusan daun Nilam dapat membantu mengatasi kesulitan buang air kecil, sehingga dapat memperlancar proses tersebut. Hal ini akan membantu Anda menghindari rasa tidak nyaman dan penyakit yang disebabkan oleh kesulitan buang air kecil.

cta kegunaan tanaman nilam 2

Cara Budidaya Tanaman Nilam yang Sukses

Melihat banyaknya kegunaan tanaman nilam dari segi kesehatan atau kecantikan, tidak heran jika tanaman ini berhasil jadi komoditas unggulan Indonesia yang menguntungkan. Setiap tahunnya saja, dunia membutuhkan 600-800 ton/tahun untuk tanaman nilam. 

Semakin tertarik untuk budidaya tanaman nilam bukan? Berikut cara budidaya tanaman nilam yang mudah Anda ikuti sebagai pemula dengan rangkaian pupuk organik dari GDM untuk menunjang tanaman Anda tumbuh subur dan sehat. 

Persiapan Media Tanam 

Langkah untuk mencapai tingkat produksi yang tinggi melibatkan pemilihan varietas unggul yang dapat menghasilkan minyak berkualitas. Beberapa hal mengenai media tanam yang bisa Anda perhatikan saat menanam tanaman nilam adalah:

  • Pemilihan lokasi yang sehat dan bebas dari serangan hama dan penyakit,
  • Membuat atap setinggi 2 meter (jika ditanam di dalam ruangan),
  • Memilih polybag berukuran sekitar 15 cm x 10 cm yang sudah diisi dengan tanah dan kemudian disiram,
  • Mempertahankan kelembaban dengan memberikan penutup tanaman,
  • Mengaplikasikan pupuk cair organik spesialis perkebunan, yaitu GDM Granule SAME dengan menaburkannya merata di atas bedengan dengan takaran 150 kg per hektar dan GDM Black Bos dengan menyemprotkannya merata dengan takaran 10 kg per hektar menggunakan 1 gelas air mineral yang dimasukkan ke dalam tangki semprot.

Persiapan Batang Tanaman Nilam 

Selanjutnya, Anda perlu memperhatikan proses perendaman stek tanaman nilam agar menghasilkan varietas dengan pertumbuhan terbaik. 

  • Untuk meningkatkan jumlah bahan tanam biasanya dilakukan dengan metode vegetatif (stek). Jenis stek yang optimal adalah stek pucuk, dengan menyisakan 1 hingga 2 pasang daun muda dan menghilangkan daun tua untuk mengurangi penguapan air.
  • Sebelum ditanam dalam polybag, stek sebaiknya direndam dalam larutan pupuk organik cair spesialis perkebunan, seperti Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Kebun, selama 5 hingga 10 menit dengan perbandingan pupuk dan air 1 : 10.
  • Penanaman dilakukan dengan menanam satu ruas stek ke dalam tanah atau media tanam, lalu ditutup rapat sambil dipadatkan.
  • Untuk penanaman langsung di lapangan, stek diambil dari batang cabang yang sudah tua dengan panjang sekitar 30 cm. Karena satu hektar membutuhkan sekitar 40.000 pohon, perbanyakan bibit diperlukan.

Penyemaian 

Anda bisa mendapatkan stek nilam dari toko pertanian yang terpercaya. Benih dapat ditanam dalam pot atau wadah penanaman dengan menggunakan campuran tanah yang subur. Persiapkan stek tersebut dan tutup dengan lapisan tipis tanah.

Penanaman Nilam

Apabila proses persiapan diatas sudah selesai. Tanaman yang telah berusia 1,5 bulan usai proses penyemaian siap untuk ditanam dilubang yang sudah disiapkan. Stek bisa langsung dibenamkan sebanyak 2 ruas ke dalam tanah lalu ratakan. 

Panduan Pemupukan Tanaman Nilam dengan Rangkaian Produk GDM

Sebelumnya, pada proses persiapan media tanam dan bibit sudah dijelaskan cara menggunakan pupuk GDM dalam proses persiapannya. Berikutnya, pada tahapan pemupukan rangkaian pupuk GDM bisa membantu Anda meningkatkan produktivitas tanaman. 

kegunaan tanaman nilam 1

Pemupukan 

Pada proses ini Anda bisa melakukan tiga tahapan pemupukan sesuai fase pertumbuhan tanaman. Tanaman yang berusia 1-6 bulan, Anda bisa menggunakan POC GDM Spesialis kebun dengan dosis 10 liter. Pastikan untuk menggunakan 500 ml GDM per tangki dan semprotkan di seluruh tanaman serta aplikasikan minimal 1 bulan sekali. 

Pada Usia 6 bulan. Gunakan GDM SaMe dengan dosis 150 kg dan GDM Black Bos dengan dosis 10 Kg. Pada rangkaian pupuk GDM SaMe Anda bisa menaburkannya secara merata di atas bedengan.  

Lalu untuk GDM Black Bos Anda bisa menyemprotkannya pada perakaran setiap 6 bulan sekali. Tambahkan 1 gelas per tangki dan semprotkan pada perakaran tanaman. 

Proses terakhir, pada tanaman usia 6-12 bulan, Anda bisa menggunakan POC GDM Spesialis kebun dengan dosis 15 liter. Berikan 500 ml GDM per tangki dan semprotkan rata pada seluruh tanaman setiap dua bulan sekali. 

Panen 

Tanaman nilam bisa dipanen ketika daunnya telah mencapai ukuran yang cukup besar dan aroma telah terasa kuat. Proses panen dilakukan dengan memetik daun secara perlahan, sambil meninggalkan beberapa daun untuk memungkinkan pertumbuhan lanjutan tanaman. 

Setelah mengetahui kegunaan tanaman nilam sebagai potensi usaha yang besar. Membudidayakan tanaman nilam bisa menjadi pilihan yang tepat. Untuk memaksimalkan hasil budidaya, Anda bisa berkonsultasi secara gratis dengan tim ahli perkebunan kami mengenai penggunaan pupuk organik melalui tombol di bawah ini.

cta kegunaan tanaman nilam 3
author-avatar

About WAHYU NURWIJAYO, SP

Seorang profesional di Industri Pertanian dengan selalu menerapkan sistem keseimbangan ekologi agar budidaya pertanian berjalan efektif & efisien serta hasil produksi meningkat