Perikanan

11 Makanan Ikan Channa agar Cepat Keluar Warna

Ikan hias channa merupakan jenis ikan yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Tidak heran, jika ikan ini terkenal memiliki banyak peminat. Untuk mendapatkan ikan channa agar warnanya bagus maka perlu adanya perawatan terbaik dengan memberikan makanan yang sehat. Makanan ikan channa agar cepat keluar warna punya banyak jenis yang perlu Anda ketahui.  

Tentunya, memilih makanan ikan channa agar cepat keluar warna menjadi tahapan penting pada fase perawatannya. Makanan yang bernutrisi bisa membantu mempercepat munculnya warna pada ikan. 

Jika warna ikan channa semakin indah, maka harganya bisa lebih mahal. Selain warna, ikan channa juga bisa dipengaruhi dengan ukuran, sub spesies dan masih banyak lagi. Jika Anda ingin memelihara ikan predator ini, maka perlu memperhatikan kualitas makanannya.

cta makanan ikan channa agar cepat keluar warna 1

Makanan Ikan Channa agar Cepat Keluar Warna

Memenuhi kebutuhan makanan ikan channa agar cepat keluar warna bisa Anda mulai dengan mengenali jenisnya. Beberapa jenis makanan ikan channa agar cepat keluar warna dan bernutrisi untuk pertumbuhannya: 

Udang 

Udang adalah salah satu makanan alami ikan Channa di habitat aslinya. Memberikan udang sebagai makanan dapat membantu pertumbuhan ikan Channa dan dipercaya dapat memperindah warnanya.

Jika sulit mendapatkan udang segar, Anda bisa menggantinya dengan udang kering kemasan yang mudah ditemukan di pasaran. Sebaiknya potong udang tersebut menjadi bagian-bagian kecil sebelum diberikan ke ikan, kemudian taburkan ke dalam akuarium.

Maggot

Maggot, larva dari lalat hitam besar, sangat cocok sebagai pakan ikan Channa karena mengandung nutrisi yang lengkap. Salah satu keunggulan maggot adalah kandungan proteinnya yang sangat tinggi, yang baik untuk pertumbuhan ikan. Maggot dapat diberikan sebagai pakan ikan Channa sebanyak 2-3 kali sehari.

Cacing Sutra 

Cacing sutra adalah salah satu makanan wajib bagi ikan Channa karena memiliki banyak manfaat. Pakan ini kaya akan protein, lemak, dan nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan ikan Channa. Selain itu, cacing sutra juga mengandung serat dan mineral yang cukup tinggi, yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan ikan Channa.

Jangkrik

Jangkrik adalah serangga yang cocok dijadikan pakan ikan Channa. Namun, tidak semua jangkrik dapat diberikan begitu saja. Pastikan memilih jangkrik yang masih muda dan memberikannya dalam kondisi hidup.

Ikan Kecil 

Memberi ikan kecil sebagai pakan ikan Channa memiliki manfaat karena mengandung protein yang mendukung pertumbuhan ikan. Selain itu, memberikan ikan kecil juga bertujuan untuk melatih insting berburu ikan Channa.

Pelet Khusus Ikan Channa 

Anda bisa menyediakan pelet khusus untuk ikan Channa, yang terkenal mampu memberikan banyak manfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan ikan Channa. Nutrisi yang terdapat dalam pakan ini membantu memaksimalkan pertumbuhan pigmen pada ikan.

Cacing Tanah 

Cacing tanah adalah salah satu jenis pakan yang sangat disarankan sebagai makanan bagi ikan Channa. Bahkan, jenis pakan ini dapat diberikan kepada ikan Channa yang masih kecil. Kandungan yang ada dalam cacing tanah dapat mempercepat proses penampilan warna pada ikan Channa. Selain itu, mengkonsumsi cacing tanah juga dapat menjadi alternatif untuk menyembuhkan luka pada tubuh ikan Channa.

Kutu Air

Kutu air menjadi salah satu pilihan pakan yang sering diberikan pada ikan Channa karena terbukti memiliki sejumlah manfaat. Memberikan kutu air sebagai pakan dapat membantu mempercepat pertumbuhan ikan Channa, terutama bagi yang masih kecil. 

Selain itu, kutu air juga bermanfaat untuk pertumbuhan tulang ikan Channa, asalkan diberikan dengan takaran yang sesuai.

Kecoa Dubia

Kutu air menjadi salah satu pilihan pakan yang sering diberikan pada ikan Channa karena terbukti memiliki sejumlah manfaat. Memberikan kutu air sebagai pakan dapat membantu mempercepat pertumbuhan ikan Channa, terutama bagi yang masih kecil. 

Selain itu, kutu air juga bermanfaat untuk pertumbuhan tulang ikan Channa, asalkan diberikan dengan takaran yang sesuai.

Ulat Hongkong

Ulat Hongkong merupakan alternatif pakan yang dapat dipertimbangkan untuk ikan Channa karena kandungan nutrisinya yang melimpah. Nutrisi yang terkandung dalam ulat Hongkong dapat mempercepat pertumbuhan dan penampilan warna pada ikan Channa. 

Tak hanya itu, nutrisi yang terdapat dalam ulat Hongkong juga berpotensi meningkatkan kepadatan kulit ikan Channa, menjaga agar tidak rentan rusak atau luka.

Memaksimalkan makanan ikan channa agar cepat keluar warna bisa dengan sejumlah rekomendasi pakan di atas.  

Ikan Cere 

Ikan cere merupakan salah satu jenis pakan yang sering diberikan kepada berbagai jenis ikan, termasuk ikan Channa. Meskipun kandungan gizinya tidak sebaik pakan lainnya, ikan cere tetap penting sebagai variasi makanan. Sebelum diberikan kepada ikan Channa, ikan cere sebaiknya dikarantina terlebih dahulu untuk memastikan keamanannya. Pastikan juga ikan cere dalam kondisi hidup agar bisa melatih insting berburu ikan Channa.

cta makanan ikan channa agar cepat keluar warna 2

Tips agar Ikan Channa Cepat Keluar Warna

Selain mempersiapkan makanan ikan channa agar cepat keluar warna, Anda juga perlu mengetahui tips agar ikan channa cepat keluar warna secara maksimal. 

Pemberian Pakan yang Tepat

Pemberian pakan untuk ikan channa yang terbaik bisa Anda lakukan yakni dengan banyak hal. Untuk mempercepat penampilan warna ikan Channa, diperlukan pakan yang tepat. Cacing tanah adalah salah satu pakan yang sangat direkomendasikan karena kandungan proteinnya yang tinggi, yang membantu mempercepat proses pewarnaan pada ikan Channa. 

Namun, pastikan pemberian cacing tanah tidak berlebihan, karena jika terlalu banyak, warna ikan Channa justru bisa rusak. Agar lebih aman, cacing tanah bisa diberikan sebagai makanan selingan, cukup satu kali sehari.

Memastikan Kondisi Akuarium Tetap Bersih

Untuk memastikan ikan Channa memunculkan warna sisik yang indah, pastikan akuarium tetap bersih dan bebas dari pencemaran akibat pakan yang membusuk atau lumut yang menempel. Oleh karena itu, lakukan pemantauan dan pembersihan akuarium secara rutin untuk menjaga kebersihannya.

Menjaga Kualitas Air 

Kualitas air yang baik dalam akuarium sangat mendukung ikan Channa untuk memunculkan warnanya dengan cepat. Pastikan suhu air, kadar oksigen, dan kadar karbon dioksida dalam air tetap dalam jumlah yang sesuai dan berada dalam batas normal.

makanan ikan channa agar cepat keluar warna 1

Pemberian Suplemen Organik Cair (SOC) GDM untuk Ikan Channa

Pemberian makanan channa agar warnanya bagus tentu juga diperlukan suplemen tambahan agar meningkatkan kualitas ikan. Suplemen Organik Cair GDM memiliki formulasi khusus untuk ikan hias. Produk ini dihasilkan dari bahan murni 100% organik sehingga aman untuk lingkungan. 

Suplemen Organik Cair terbuat dari limbah organik, rumput laut, minyak hewani, algae dan bakteri dengan berbagai manfaatnya. Selain SOC GDM mampu meningkatkan kualitas air. Produk SOC juga bisa meningkatkan kekebalan atau antibodi ikan agar tidak mudah terserang penyakit. 

Cara penggunaan nya cukup mudah. Anda bisa memberikan 6 ml/m kolam atau akuarium lalu tuang dan campurkan pada air secara merata. Lakukan seminggu sekali untuk mendapatkan manfaatnya. 

Memperhatikan makanan ikan channa agar cepat keluar warna harus diimbangi dengan menyiapkan suplemen tambahan untuk membantu menutrisi ikan channa. Kenali lebih dekat cara budidaya ikan channa dan pakan yang tepat dengan menghubungi tim GDM kami secara gratis. Klik tombol WhatsApp di bawah ini untuk informasi selengkapnya!

cta makanan ikan channa agar cepat keluar warna 3