Peternakan

8 Cara Memelihara Hamster bagi Pemula agar Tidak Cepat Mati

cara memelihara hamster bagi pemula

Hamster dikenal sebagai hewan pengerat yang rentan dan mudah mati, terutama jika pemilik tidak memahami cara memelihara hamster bagi pemula yang benar. Meski begitu, bukan tidak mungkin bagi pemula seperti Anda untuk dapat memelihara hamster dalam jangka waktu yang lama.

Hamster sendiri merupakan hewan pengerat kecil yang berbadan gemuk dan memiliki ekor pendek. Hewan yang dikenal imut dan menggemaskan ini termasuk dalam subfamili Cricetinae dan memiliki berbagai warna bulu tergantung pada jenisnya.

Habitat hamster umumnya berada di padang rumput, semi-gurun, dan wilayah pedesaan. Mereka hidup, menyimpan makanan, dan berlindung di terowongan bawah tanah karena mereka menyukai hawa dingin subtropis dengan suhu 23 hingga 25 derajat.

Sebagai pemula, Anda tidak perlu takut untuk memelihara hamster karena artikel ini akan membimbing Anda untuk memahami lebih jauh mengenai cara memelihara hamster bagi pemula, termasuk makanan dan suplemen terbaik yang dapat membuat hamster dapat hidup lebih lama dan tidak mudah mati.

cta cara memelihara hamster bagi pemula 1

Cara Memelihara Hamster bagi Pemula

Merawat hamster bagi pemula sebenarnya tidak begitu sulit jika dilakukan dengan tekun dan penuh kehati-hatian. Berikut merupakan cara memelihara hamster bagi pemula dapat diimplementasikan agar hamster peliharaan tidak cepat mati.

Pemilihan Kandang yang Tepat dan Nyaman

Cara memelihara hamster bagi pemula yang paling utama adalah pemilihan kandang yang tepat dan nyaman. Kandang yang cukup besar dapat membuat hamster bergerak bebas dan nyaman. Pastikan kandang memiliki ventilasi atau lubang yang baik dan cukup untuk menghindari penumpukan panas dan kelembaban di dalam kandang.

Substrat dan Pengaturan Kandang

Gunakan substrat yang aman dan sesuai seperti serbuk gergaji atau bedding khusus hamster. Sediakan sarang atau tempat bersembunyi dan tidur untuk memberikan rasa aman pada hamster. Tambahkan juga roda hamster agar mereka dapat bermain dan tidak mati karena bosan.

Penempatan Kandang

Letakkan kandang hamster di tempat yang tenang atau tidak terlalu ramai. Hamster cenderung mudah stres jika ditempatkan pada lingkungan yang keras, ramai, dan berisik. Stres dapat membuat hamster mudah mati.

Pemberian Makanan dan Minuman yang Tepat

Berikan campuran makanan yang tepat dan sesuai untuk hamster. Sediakan sayuran segar dan buah-buahan, seperti pir, apel, mentimun, brokoli, wortel, dan labu sebagai camilan. Hindari memberikan makanan manusia yang berpotensi beracun bagi hamster, seperti cokelat, bawang, makanan tinggi garam, dan makanan beraroma kuat lainnya.

Selain itu, jangan lupa untuk memberikan makanan kesukaan hamster, yaitu biji-bijian, seperti kacang hijau, kedelai, dan beras merah. Sediakan tempat minum dan ganti air minum secara rutin dengan air yang segar dan bersih setiap hari.

Jika tidak ingin repot, Anda dapat membeli makanan khusus hamster yang telah diolah dan dikombinasikan di toko hewan. Meski begitu, jadwal pemberian makanan dan takaran makanan perlu diperhatikan karena memberikan makanan terlalu banyak dapat merusak pencernaan hamster yang pada akhirnya membuat hamster mati. 

Kebersihan Kandang

Bersihkan kandang secara rutin untuk menghindari pertumbuhan bakteri dan penyakit yang berasal dari kotoran hamster yang telah menumpuk. Ganti substrat dan bedding secara teratur serta bersihkan tempat makan dan minum hamster.

Memandikan Hamster

Hamster harus rutin dimandikan karena mereka rentan terhadap penyakit, tetapi hamster tidak dimandikan dengan direndam atau disiram dengan air yang justru dapat membuat mereka cepat mati. Hamster dapat mandi atau membersihkan dirinya sendiri dengan pasir mandi atau bathing sand yang bisa Anda dapatkan di toko hewan.

Anda juga dapat menggunakan tisu atau kain basah untuk mengelap badan hamster secara perlahan. Meski begitu, perlu diingat untuk tidak menggunakan sampo atau sabun apapun pada hamster. Bahan-bahan dalam sampo berbahaya untuk kelangsungan hidup hamster.

Interaksi dan Stimulasi Mental

Lakukan interaksi dengan hamster secara lembut dan rutin untuk membangun kepercayaan. Sediakan mainan yang dapat merangsang kegiatan fisik dan mental hamster seperti roda. Hindari terlalu sering berinteraksi dan mengganggu hamster, terutama saat sedang tidur atau makan.

Pemantauan Kesehatan

Perhatikan tanda-tanda kesehatan yang tidak normal seperti penurunan nafsu makan, perubahan perilaku, atau gejala penyakit lainnya. Segera lakukan tindakan seperti berkonsultasi dengan dokter hewan jika ada kekhawatiran tentang kesehatan hamster.

cta cara memelihara hamster bagi pemula 2

Makanan Hamster agar Cepat Besar

Kebiasaan atau pola makan yang baik dapat membuat hamster menjadi cepat besar dan sehat. Berikut merupakan makanan yang bernutrisi dan direkomendasikan untuk diberikan kepada hamster peliharaan sebagai salah satu cara memelihara hamster bagi pemula.

Biji-bijian dan Kacang-Kacangan

Biji-bijian dan kacang-kacangan, seperti kacang polong, jagung, beras merah, kedelai, gabah, biji kenari, biji bunga matahari, biji labu kacang hijau, dan kacang tanah merupakan makanan yang kaya akan protein, karbohidrat, dan lemak yang dapat membuat hamster cepat besar dan sehat. 

Buah-buahan

Buah-buahan yang aman dimakan oleh hamster adalah bluberi, pisang, anggur, pir, melon, persik, stroberi, dan apel tanpa biji. Buah-buahan tersebut mengandung vitamin yang baik bagi tumbuh kembang hamster.

Jangan berikan apel dengan biji karena biji apel tidak baik untuk kesehatan hamster. Selain itu, jangan berikan jeruk, lemon, dan buah-buahan tinggi gula yang tidak baik bagi hamster.

Sayur-sayuran

Sediakan sayuran segar yang kaya akan vitamin dan mineral, seperti wortel, labu siam, brokoli, kembang kol, kubis, bayam, timun, dan selada. Pastikan sayuran dicuci bersih dan dipotong kecil-kecil agar hamster mudah memakan sayuran.

Protein Hewani

Berikan sumber protein tambahan seperti telur rebus, daging ayam tanpa bumbu, dan serangga kering seperti jangkrik. Kandungan protein dalam makanan tersebut dapat membuat hamster cepat besar.

Pelet Khusus Hamster

Jika tidak ingin bingung, Anda dapat memberikan pelet yang diformulasikan khusus untuk hamster sebagai bagian dari diet mereka yang dapat Anda beli di toko hewan. Pelet ini biasanya mengandung campuran yang seimbang dari semua nutrisi yang dibutuhkan oleh hamster.

Suplemen Tambahan

Jika diperlukan, tambahkan suplemen vitamin khusus untuk hamster sesuai rekomendasi dokter hewan untuk memastikan hamster mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan. Berikan suplemen tambahan dengan dosis yang tepat dan sesuai.

Salah satu suplemen yang sangat direkomendasikan adalah Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Ternak. Suplemen ini sangat mudah diaplikasikan dan tidak memerlukan tambahan suplemen lainnya.

Sesuai dengan panduan cara memelihara hamster bagi pemula, penting untuk memperhatikan takaranan makanan dan variasi makanan agar tidak merusak kesehatan pencernaan hamster yang rentan. Jangan memaksa hamster untuk memakan makanan yang tidak mereka sukai karena hanya akan membuat hamster stres dan cepat mati.

cara memelihara hamster bagi pemula 1

Pemberian Suplemen Organik Cair (SOC) GDM untuk Hamster

Pemberian suplemen merupakan salah satu cara memelihara hamster bagi pemula yang sangat direkomendasikan. Berikan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Ternak untuk mendapatkan hasil optimal tanpa harus takut hamster peliharaan Anda mati. Ini karena SOC GDM Spesialis Ternak 100% tidak mengandung bahan kimia apapun.

SOC GDM Spesialis Ternak dibuat dari bahan-bahan organik yang terdiri dari limbah organik, minyak hewani, algae, dan rumput laut serta mengandung 6 bakteri yang memiliki peran penting untuk meningkatkan daya tahan, perkembangan, dan pertumbuhan hamster.

Dikemas dalam ukuran 1, 2, dan 5 liter, Anda hanya perlu melarutkan 3 ml SOC GDM Spesialis Ternak ke dalam air minum hamster secara rutin setiap hari. Dengan menggunakan suplemen ini, hamster Anda akan lebih kuat dalam menghadapi berbagai serangan penyakit yang membuat hamster cepat mati.

Selain itu, suplemen ini dapat memperbaiki daya cerna serta  mengurangi gas amonia pada kotoran hamster sehingga kotoran hamster tidak akan berbau menyengat. Daya cerna yang baik dapat membuat hamster makan dengan lahap dan buang kotoran lebih rutin sehingga terhindar dari kematian yang disebabkan oleh makan terlalu banyak.

Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan tim ahli GDM secara GRATIS untuk membahas tentang cara memelihara hamster bagi pemula secara lebih mendalam. Caranya hanya dengan menekan tombol di bawah ini dan Anda akan langsung terhubung dengan kami melalui nomor WhatsApp.

cta cara memelihara hamster bagi pemula 3