Peternakan

3 Cara Menjinakkan Burung Perkutut: Panduan untuk Pemula

cara menjinakan burung perkutut

Memahami cara menjinakkan burung perkutut membutuhkan kesabaran, khususnya ketika peliharaan ini didapatkan dari alam liar. Perpindahan habitat rentan menyebabkan stress sehingga burung membutuhkan waktu beradaptasi.

Meskipun pada awalnya terlihat ganas, burung perkutut bisa menjadi jinak. Lalu, bagaimana cara menjinakkan burung perkutut? Berikut penjelasan lengkapnya. 

cta cara menjinakkan burung perkutut 1

3 Cara Menjinakkan Burung Perkutut yang Giras

Burung perkutut yang didapatkan dari hasil tangkap terkenal memiliki sifat liar atau giras. Namun, tidak perlu khawatir karena dengan pendekatan tepat, burung ini tidak akan melukai Anda.

Penyebab perilaku giras atau burung tidak mau diam adalah rasa takut dan stress. Selain itu, burung perkutut masih merasa asing dengan pemelihara sehingga rentan mengalami panik. 

Untuk menghilangkan rasa takut dan kepanikannya, sebaiknya dilakukan pendekatan tepat agar burung merasa familiar. Berikut cara menjinakkan burung perkutut yang bisa Anda aplikasikan.

Memandikan Burung Perkutut

Cara menjinakkan burung perkutut bisa dimulai dengan memandikannya secara perlahan. Berikan beberapa waktu untuk mengelus tubuhnya sebelum mulai memandikan.

Kontak fisik melalui sentuhan penting untuk membiasakan burung perkutut dengan pemelihara. Selain itu, aksi ini juga bisa memupuk kepercayaan burung dengan manusia yang mampu menghilangkan kepanikan. 

Cara memandikan burung perkutut adalah dengan mempersiapkan ember berisi air bersih. Lalu usap dan pijat tubuhnya secara perlahan. Selain itu, berikan waktu untuk burung berenang di ember.

Mandikan burung perkutut sekali dalam rentang waktu 1- 2 minggu di pagi atau sore hari. Pemilihan waktu ini berkaitan dengan suasana lingkungan yang masih tenang sehingga tidak memicu stress. 

Jemur Burung Perkutut 

Setelah mandi, jemur burung perkutut di area terbuka yang terkena sinar matahari. Anda dapat meletakkan burung perkutut di sangkar lalu menaruhnya di lantai maupun di gantung di depan rumah.

Usahakan tempat menggantung sangkar memiliki cukup ventilasi dan terhindar dari aktivitas manusia yang berlebihan. Suasana tenang akan mempermudah proses penjinakan burung perkutut.

Menggunakan Daun Pandan agar Rileks

Cara menjinakkan burung perkutut terakhir ini mungkin terdengar lucu namun membantu proses adaptasi. Bahan yang dibutuhkan adalah beberapa lembar daun pandan segar.

Daun pandan memiliki aroma yang menenangkan yang dapat memberikan rasa nyaman pada burung perkutut. Agar memiliki efek, cuci bersih daun lalu jemur hingga kering. Setelahnya, taruh daun pandan di bagian bawah sangkar agar wanginya menyebar. 

Sebelum meletakkan daun pandan, pastikan kondisi sangkar sudah bersih. Lakukan, metode ini selama beberapa hari dan ganti daun pandan secara rutin jika sudah kotor. Anda bisa menghentikan cara ini jika burung perkutut mulai terlihat nyaman dengan kondisi lingkungan. 

cta cara menjinakkan burung perkutut 2

Panduan Merawat Burung Perkutut agar Rajin Bunyi

Melakukan rangkaian perawatan tepat dianggap menjadi cara menjinakkan burung perkutut paling efektif. Selain itu, pemeliharaan yang baik juga mampu mendukung daya tahan tubuh burung.

Bagi pemelihara pemula yang ingin mengetahui cara menjinakkan burung perkutut, Anda bisa memulai dengan memperbaiki metode perawatannya. Berikut informasi lengkap terkait langkah-langkahnya. 

Mempersiapkan Ukuran Sangkar yang Tepat

Sangkar merupakan aspek vital yang diperlukan burung perkutut. Sebagai tempat tinggal, kandang burung harus memiliki aliran ventilasi dan terpapar cukup sinar matahari.

Umumnya, ukuran sangkar burung perkutut adalah 60x40x40 cm. Namun, Anda dapat melakukan modifikasi sesuai kebutuhan berdasarkan ukuran tubuh burung perkutut.

Persiapkan Sangkar yang Bersih

Perawatan sangkar yang bersih dapat mendukung cara menjinakkan burung perkutut karena menimbulkan rasa nyaman pada habitat baru. Selain memberikan rasa familiar, kandang burung yang bersih juga mencegah virus atau masalah kesehatan lain. 

Pemberian Pakan dan Air Minum

Setelah menjadi hewan pelihara, burung perkutut bergantung pada pemelihara untuk makan dan minum. Oleh sebab itu, pemilihan pakan yang tepat perlu diperhatikan agar kebutuhan nutrisi burung dapat terpenuhi dengan baik.

Variasi pakan burung perkutut yang berkualitas yaitu milet, voer khusus perkutut atau biji-bijian. Pada pertemuan awal, Anda bisa memberikan pakan ini melalui mangkok kecil dalam kandang karena burung perkutut biasanya masih liar.

Namun, jika kondisi burung perkutut sudah tenang, Anda bisa mencoba memberikan pakan melalui tangan untuk menciptakan kontak fisik. Dengan cara ini, rasa stress yang dialami akan membaik secara perlahan.

Untuk air minum, burung perkutut membutuhkan air segar yang bersih. Anda dapat menyediakan mangkok air dalam sangkar untuk memenuhi kebutuhan cairannya. 

Rutin Melakukan Interaksi

Interaksi seperti berbicara dengan suara perlahan setiap hari juga menjadi langkah perawatan burung perkutut, khususnya secara mental. Hal ini membantu mengurangi tingkat kepanikan yang dialami hewan peliharaan ini.

Berbicara dengan kosakata positif dan nada yang halus mampu membantu mengenalkan suara pemelihara sehingga dapat diingat oleh burung perkutut. Apabila metode ini dilakukan secara rutin maka proses penjinakan akan terjadi dalam waktu singkat.

Pada metode ini, Anda juga bisa sembari melatih suara burung perkutut. Caranya adalah dengan melakukan mimik burung perkutut lain maupun memperdengarkan audio suara burung perkutut. 

Mengajak Burung Perkutut Bermain

Tidak hanya kucing yang suka bermain, burung perkutut juga menyukai permainan. Hal ini disebabkan, burung perkutut termasuk jenis burung yang aktif ketika di alam bebas. 

Permainan membantu mengurangi rasa stress yang seringkali menyebabkan burung perkutut enggan bersuara. Untuk melakukan metode ini, Anda dapat menggunakan alat main anak yang sederhana dan mudah seperti puzzle maupun teka-teki bentuk.

Berikan Suplemen

Pemberian suplemen dapat mendukung tingkat stamina burung perkutut sehingga suaranya merdu. Selain tingkat stamina, vitamin juga memperkuat daya tahan tubuh guna mencegah penyakit.

Oleh sebab itu, pemilihan suplemen perlu dilakukan dengan hati-hati karena kesalahan nutrisi dapat menyebabkan turunnya kondisi kesehatan burung perkutut. Gunakan suplemen yang sudah terkenal kualitasnya seperti Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Ternak.

Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Ternak terbuat dari 100& bahan organik yang bermanfaat untuk mendukung pertumbuhannya. Bagi Anda yang baru saja memelihara burung perkutut, pemberian vitamin ini cukup mudah dilakukan.

Dosis penggunaan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Ternak yang tepat untuk seekor burung perkutut adalah 0,3 ml. Pemberian vitamin ini bisa dicampurkan dengan air minum dan diberikan 1 kali setiap harinya.  

cara menjinakkan burung perkutut 1

Manfaat Pemberian Suplemen Organik Cair (SOC) GDM untuk Burung Perkutut

Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Ternak mengandung mineral dan bakteri apatogen yang membantu menurunkan kadar amonia. Kandungan lengkap dan berkualitas ini memiliki beberapa manfaat baik untuk kesehatan burung perkutut. Berikut penjelasan lengkapnya.

Mendukung Nafsu Makan

Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan mengandung bakteri baik dan enzim yang lengkap bagi metabolisme burung perkutut. Pemberian vitamin ini dapat mendukung tingkat nafsu makannya jika diberikan secara rutin.

Memperbaiki Kualitas Pakan

Salah satu komposisi Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan adalah bakteri Bacillus Pumilus yang kaya akan protein, karbohidrat dan nutrisi penting lain. Kandungan ini ketika dicampurkan pada air minum akan menambahkan asupan vitamin.

Menyehatkan Sistem Pencernaan 

Dengan kualitas pakan yang baik maka sistem pencernaan burung perkutut juga akan menjadi lebih sehat. Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan membantu mencegah penyakit diare, obesitas maupun masalah kesehatan lain. 

Berikut artikel mengenai cara menjinakkan burung perkutut serta panduan perawatannya secara lengkap. Untuk mendukung prosesnya, Anda bisa memasukkan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Ternak pada rutinitas pakan burung perkutut.

Kami menyediakan layanan konsultasi dengan tim ahli GDM bagi Anda yang membutuhkan informasi lanjutan mengenai cara penggunaan suplemen atau panduan perawatan lain. Klik tombol di bawah ini untuk berdiskusi secara GRATIS! 

cta cara menjinakkan burung perkutut 3