Tanaman Buah

5 Cara Merangsang Pohon Alpukat agar Cepat Berbuah dan Lebat

cara merangsang pohon alpukat agar cepat berbuah

Buah alpukat mudah ditemukan di Indonesia, khususnya di daerah Jawa Timur, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara dan Sumatera. Hasil panen buah ini melimpah setiap tahunnya karena petani telah mengetahui cara merangsang pohon alpukat agar cepat berbuah.

Meskipun petani telah mengetahui cara merangsang pohon alpukat agar cepat berbuah, perlu diketahui bahwa pergantian musim yang tidak menentu sekaligus perubahan ekosistem kini mulai memberikan dampak negatif pada pertumbuhan tanaman.

Oleh karena itu, petani perlu melakukan beberapa tahapan ekstra saat membudidayakan tanaman alpukat agar hasil panen melimpah dan berkualitas. Ingin tahu apa saja cara merangsang pohon alpukat agar cepat berbuah? Simak informasinya disini. 

5 Cara Merangsang Pohon Alpukat agar Cepat Berbuah

Jenis pohon alpukat Indonesia biasanya berasal dari wilayah Amerika Tengah dan sebagian dari Guatemala. Metode penanamannya perlu diperhatikan guna mendukung kecepatan panen serta kelembutan tekstur buah seperti berikut. 

Trik Tempel Pisang Pada Alpukat

Proses sunat batang tidak selalu menghasilkan dampak buruk jika dilakukan dengan benar layaknya trik tempel pisang pada pohon alpukat. Sistem ini dapat dicoba jika kondisi lahan penanaman Anda rentan mengalami masalah.

Pisang dikenal memiliki kandungan mineral serta kalsium yang tinggi sehingga dapat digunakan sebagai alternatif cara merangsang pohon alpukat agar cepat berbuah. Metode ini dianggap relatif mudah dilakukan dan mampu menghemat biaya tanam.

Cara melakukan tempel pisang ini yaitu dengan menyiapkan 1 atau 2 buah pisang matang lalu cuci dengan sabun cuci piring. Kemudian, potong melingkar kulit pohon alpukat berukuran 3- 5 cm dari bagian tengah batang, sekitar 1 meter dari pangkal batang.

Selanjutnya, tempelkan pisang tepat di sekeliling bekas kulit yang telah dikupas lalu bungkus area tersebut menggunakan plastik dengan kuat. Anda bisa menggunakan tali untuk memastikan ikatan telah terbalut erat.

Alasan tempel pisang menjadi cara merangsang pohon alpukat agar cepat berbuah yang diminati oleh petani buah karena mampu menimbulkan stres pada tanaman sehingga waktu panen dapat dipercepat.

Mencacah Kulit Batang Pohon Alpukat

Meskipun terdengar aneh, metode ini menjadi salah satu cara merangsang pohon alpukat agar cepat berbuah. Aksi ini dilakukan oleh petani buah guna menimbulkan stress pada tanaman sehingga pertumbuhan terganggu.

Cara ini bukan bertujuan untuk mengganggu fase pertumbuhan hingga tanaman mati namun untuk memberhentikan aliran karbohidrat dari tajuk ke akar melalui jaringan pilem. 

Ketika tercipta luka cacahan pada batang dan aliran karbohidrat putus pada bagian tajuk maka pohon alpukat akan menghasilkan bunga dan buah dalam waktu yang lebih singkat. 

Cara merangsang pohon alpukat agar cepat berbuah ini adalah dengan mencacah kulit batang atau dahan secara melingkar. Anda bisa menggunakan pisau atau kawat untuk mengerat lapisan batang.

Potong Bagian Ranting dan Daun 

Layaknya tanaman buah lain, bagian ranting dan daun pohon alpukat akan rimbun dalam waktu tertentu. Hal ini menandakan pertumbuhan pohon telah berjalan secara optimal.

Namun, kondisi pohon alpukat yang rimbun dapat memberikan dampak negatif pada kesehatannya karena penyerapan sinar matahari tidak bisa merata ke seluruh bagian tumbuhan sehingga mengganggu proses fotosintesis. 

Oleh sebab itu, cara merangsang pohon alpukat selanjutnya adalah dengan memangkas daun dan ranting secara rutin. Metode ini perlu dilakukan secara hati-hati agar jumlah bagian yang dipotong tidak berlebihan. 

Mengubah Arah Tumbuh Dahan

Pertumbuhan dahan pohon alpukat umumnya mengarah ke atas. Arah pertumbuhan ini dipengaruhi oleh hormon auksin yang menumbuhkan tunas baru daripada mendukung perkembangan bunga atau buah.

Sedangkan, agar pohon alpukat cepat berbuah diperlukan hormon etilen yang bisa didapatkan ketika posisi tumbuh dahan mengarah ke bawah. Oleh sebab itu, sebagai cara merangsang pohon alpukat agar cepat berbuah, petani perlu menarik dahannya ke arah bawah.

Caranya adalah dengan menyematkan tali di beberapa bagian dahan pohon alpukat dan menggunakan pasak bambu guna menahannya mengarah ke bawah. Metode ini bisa Anda lakukan untuk mengejar waktu panen alpukat. 

Pemberian Pupuk Berkualitas 

Apabila Anda masih ragu untuk melakukan cara merangsang pohon alpukat agar cepat berbuah di atas, tidak perlu khawatir karena dengan pemilihan pupuk yang berkualitas, pohon alpukat tetap bisa berbuah dengan cepat.

Cara merangsang pohon alpukat agar cepat berbuah menggunakan pupuk organik. Hal ini disebabkan kandungannya bernutrisi sehingga mampu meningkatkan kesuburan tanah.

Pupuk organik biasanya mengandung kompos, pupuk kandang serta limbah organik lain. Penggunaan jenis ini tidak hanya bermanfaat untuk tanaman namun juga membantu pelestarian lingkungan.



Panduan Pemupukan Pohon Alpukat agar Panen Melimpah

Metode pemupukan yang benar agar pohon alpukat cepat berbuah dapat dimulai ketika pembuatan lubang tanam selesai. Pemilihan pupuk organik kaya vitamin seperti Pupuk GDM Black BOS, Pupuk GDM SaME dan Pupuk GDM Buah dapat menjadi pilihan. 

Pupuk GDM Black BOS, Pupuk GDM SaME dan Pupuk GDM Buah dapat membantu mencegah penyakit atau hama yang berasal dari tanah maupun tanaman pengganggu sekaligus mencegah rontoknya bunga alpukat. Agar lebih jelas, berikut informasi lengkapnya.

Pupuk GDM Black BOS

Pupuk organik ini mengandung 4 bakteri premium yang berperan sebagai stimulan organik untuk pohon alpukat. Selain untuk membantu penyerapan nutrisi, pupuk ini juga membantu menggemburkan lahan tanam. Tahap aplikasi pupuk GDM Black BOS dapat dilakukan sesuai panduan berikut:

Fase Pengolahan Tanah (20 Hari Sebelum Tanam)

Saat memasuki proses pengolahan tanah, proses pemupukan dilakukan dengan mencampur 10kg/Ha pupuk GDM Black BOS. Caranya dengan mencampurkan 1 gelas produk ini dengan satu tangki air.

Ketika sudah tercampur dengan baik, pindahkan cairan ke botol lalu semprotkan pada lubang tanam pohon alpukat. Lakukan berulang hingga produk habis. 

Fase Pemupukan Pertama (Usia 0-1 Tahun)

Proses pemupukan ini dilakukan saat pohon alpukat berusia 0-1 tahun. Takaran pupuk GDM Black BOS yang diperlukan adalah 10kg/Ha. Cara penggunaannya adalah mencampurkan setiap satu gelas produk dengan satu tangki air. Lalu semprot ke area perakaran. Aplikasikan secara merata ke semua pohon. 

Interval pemberian pupuk GDM Black BOS untuk pohon alpukat dilakukan setiap 6 bulan sekali. 

Fase Pemupukan Kedua (Usia 1-3 Tahun) dan Ketiga (Usia ⥸ 3 Tahun)

Pada tahapan kedua, pemupukan dilakukan dengan 10kg/Ha pupuk GDM Black BOS. Dosis penggunaannya adalah dengan mencampurkan setiap satu gelas produk dengan satu tangki air. Pengaplikasian pupuk ini dapat dilakukan selama 2 minggu sekali.

Sedangkan pada fase pemupukan ketiga, dosis takaran masih sama. Hanya saya perbedaan interval pemberian pupuk yang setiap 6 bulan sekali. 

Pupuk GDM SaME

Merupakan ekstrak organik berkonsentrat tinggi, Pupuk GDM SaME biasa digunakan sebagai probiotik pada tahapan persiapan lahan tanam. Fungsinya yaitu untuk meningkatkan produktivitas area penanaman. Pemberian pupuk GDM SaME dapat dilakukan sesuai panduan berikut:

Fase Pengolahan Tanah

Penggunaan pupuk GDM SaME dapat dimulai sejak pengolahan tanah dengan menebarkan 150 kg/Ha pupuk secara merata pada tanaman.

Fase Pemupukan Pertama (Usia 0-1 Tahun) dan Kedua (Usia 1-3 Tahun)

Pada fase pemupukan pertama saat usia pohon 0-1 tahun, berikan 90 kg/Ha pupuk dengan takaran 0,5kg per tanaman. Takaran ini dapat digunakan untuk fase pemupukan kedua ketika tanaman berumur 1-3 tahun.

Meskipun takaran pemberian pupuk identik, kedua fase pemupukan di atas memiliki perbedaan rentang waktu yaitu fase pemupukan pertama dilakukan per 6 bulan sedangkan pemupukan kedua per 4 bulan.

Fase Pemupukan Ketiga (Usia ⥸ 3 Tahun)

Memasuki periode terakhir yaitu pada fase pemupukan ketiga dapat dilakukan saat tanaman berusia lebih dari 3 tahun. Dosis yang tepat adalah 175 kg/Ha pupuk dengan takaran pemberian 1kg per tanaman. Proses ini dapat dilakukan sekali dalam rentang waktu 6 bulan. 

Pupuk GDM Buah

Selain kedua pilihan di atas, Anda juga bisa memberikan pupuk Buah GDM yang memudahkan penyerapan nutrisi pada pohon alpukat. 

Fase Pengolahan Tanah (20 Hari Sebelum Tanam)

Pupuk ini dapat ditambahkan selama proses pengolahan tanah dengan cara mencampurkan setiap 500 ml POC dengan satu tangki air. Selanjutnya, cairan bisa disemprotkan pada pohon alpukat. Dosis pada fase ini adalah 5 liter/Ha. 

Fase Pemupukan Pertama (0-1 Tahun)

Kemudian, pada fase pemupukan pertama dengan 8 liter/Ha. Campurkan setiap 500 ml produk dengan satu tangki air. Berikan pupuk ini sekali dalam 1-2 minggu

Fase Pemupukan Kedua (Usia 1-3 Tahun)

Gunakan 10 liter pupuk yang dicampur air sesuai takaran yang sama dengan sebelumnya dan semprot ke tanaman. Berikan cairan ini 2 minggu sekali.

Fase Pemupukan Ketiga (Usia ⥸ 3 Tahun)

Campurkan 15 liter pupuk dengan air sama dengan takaran sebelumnya dan semprotkan pada pohon alpukat. Aplikasikan cairan ini sekali sebulan secara rutin.

cara merangsang pohon alpukat agar cepat berbuah 1

Manfaat Penggunaan Rangkaian Produk GDM untuk Pohon Alpukat

Rangkaian produk GDM mampu membantu cara merangsang pohon alpukat agar cepat berbuah yang telah dilakukan oleh petani. Berikut manfaat dari penggunaannya secara rutin:

Kualitas Tanah yang Berkualitas

Kesuburan tanah tidak hanya berasal dari proses cangkul atau bajak namun juga berkaitan erat dengan pemberian pupuk berkualitas. Untuk mendapatkan lahan gembur, pupuk yang digunakan harus mengandung unsur hara mikro dan makro.

Ukuran yang Besar dan Daging Buah Tebal

Pemberian pupuk secara rutin sejak tahapan awal penanaman akan memberikan dampak positif pada pertumbuhan pohon alpukat. Hal ini disebabkan karena kebutuhan vitamin telah diserap dengan baik oleh tanaman.

Mempercepat Waktu Panen

Mengingat permintaan buah yang tinggi di pasar maka budidaya alpukat perlu mendapatkan suplai nutrisi optimal agar lebih cepat panen. Untuk mencapai waktu panen dengan hasil panen melimpah, pemberian rangkaian produk GDM dapat dilakukan secara rutin.

Berikut cara merangsang pohon alpukat agar cepat berbuah yang bisa dicoba petani buah. Apabila Anda tertarik menggunakan rangkaian produk GDM spesialis pohon alpukat dan membutuhkan support tim ahli, klik tombol di bawah ini. 



author-avatar

About WAHYU NURWIJAYO, SP

Seorang profesional di Industri Pertanian dengan selalu menerapkan sistem keseimbangan ekologi agar budidaya pertanian berjalan efektif & efisien serta hasil produksi meningkat