Peternakan

5 Manfaat Jagung untuk Ayam Aduan Agar Sehat dan Tangguh

manfaat jagung untuk ayam aduan

Faktor penting dalam pertumbuhan ayam aduan adalah pemilihan pakan. Jenis makanan yang paling sering diberikan oleh peternak adalah biji-bijian. Namun, di antara berbagai macam varian, tahukah Anda bahwa manfaat jagung untuk ayam aduan sangat besar?

Salah satu manfaat jagung untuk ayam aduan adalah memberikan energi guna persiapan bertanding. Hal ini disebabkan oleh nutrisi kompleks yang terdapat di setiap bulir jagung.

Selain itu, penggunaan jagung sebagai pakan juga membantu menyeimbangkan asupan gizi dari jenis makanan lain. Lalu, apa saja manfaat ayam jagung untuk ayam aduan dan bagaimana metode pemberiannya? Simak informasi berikut. 

5 Manfaat Jagung untuk Ayam Aduan

Sebelum mengetahui apa saja manfaat jagung untuk ayam aduan, sebaiknya Anda mengenal kandungan nutrisi dalam setiap bulir jagung. Beberapa gizi yang terkandung antara lain adalah karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mikronutrien penting lain.

Selain itu, jagung juga mengandung asam lemak jenuh seperti palmitat dan stearat serta asam lemak tidak jenuh layaknya oleat (omega-9) sekaligus linoleat (omega-6). Nutrisi lengkap ini membantu meningkatkan daya tahan tubuh ayam aduan.

Di antara banyaknya nutrisi jagung, karbohidrat menjadi satu aspek yang paling penting. Hal ini disebabkan kandungan karbohidrat dalam jagung berperan sebagai penghasil glukosa untuk sumber energi. 

Sedangkan beberapa vitamin seperti A dan E bermanfaat untuk menghambat kerusakan degeneratif pada sel. Dengan konsumsi secara rutin, pakan jagung dapat meningkatkan produktivitas, pertumbuhan sekaligus kekuatan ayam aduan.

Jenis ayam aduan yang sering diberikan pakan jagung adalah ayam bangkok. Lalu, agar memudahkan pemahaman apa saja manfaat jagung untuk ayam aduan, simak penjelasan berikut.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Jagung memiliki kandungan kalium, lemak dan vitamin K yang membantu memenuhi cairan serta keseimbangan nutrisi untuk mendapatkan stamina. Selain itu, nutrisi ini juga memelihara kecantikan penampilan ayam aduan

Kalium berperan untuk menyeimbangkan kebutuhan cairan tubuh sehingga vitamin dan nutrisi pakan bisa diserap dengan baik. Selain itu, kinerja organ juga bergerak lebih efektif. Hasilnya, ayam aduan tidak mudah lelah sekaligus dehidrasi. 

Sedangkan vitamin K bermanfaat untuk merawat penampilan ayam aduan seperti kesehatan bulu. Kecantikan bulu dapat mencerminkan karakter dan kekuatan ayam sehingga menjadi nilai tambah. 

Mengacu pada kecantikan bulu, kandungan lemak juga memiliki dampak positif pada halus dan mengkilapkan bulu ayam aduan. Dengan konsumsi rutin, kesan menawan akan terpancar. 

Menyeimbangkan Asupan Gizi

Pemberian pakan ayam aduan merupakan hal yang perlu diperhatikan dengan baik. Hal ini disebabkan, jika nutrisi terlalu padat dan dosis makanan berlebihan maka akan berpengaruh ke berat badan.

Ayam aduan dengan berat badan berlebih akan kesulitan untuk bergerak sehingga potensi kalah dalam pertandingan menjadi lebih besar. Maka dari itu, penggunaan jagung sangat direkomendasikan.

Manfaat jagung untuk ayam aduan adalah mencukupi kandungan serat seimbang sehingga rasa kenyang akan bertahan lebih lama. Selain itu, karbohidrat juga membantu menambah berat badan hingga mencapai bobot ideal.

Baca juga: “12 Rekomendasi Pakan Ayam Kampung Penuh Nutrisi

Melancarkan Sistem Metabolisme

Mengacu pada penjelasan sebelumnya, kandungan serat dalam jagung mampu menimbulkan rasa kenyang lebih lama sehingga konsumsi ayam aduan dapat dijaga dengan baik. Namun, serat juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

Serat merupakan gizi penting untuk ayam aduan karena masalah kesehatan seperti sembelit mungkin terjadi dalam masa pertumbuhannya. Oleh sebab itu, konsumsi jagung dalam dosis yang cukup sebaiknya dilakukan.

Memperkuat Tulang Ayam Aduan

Selain berperan dalam mengontrol berat badan dan keseimbangan gizi, manfaat jagung untuk ayam aduan lain adalah meningkatkan kesehatan serta kekuatan tulang.

Jagung memiliki kandungan mineral seperti kalsium dan magnesium. Kedua gizi ini bisa memperkuat tulang sehingga pergerakan ayam aduan lebih lincah. Selain itu, manfaat ini juga menunjang keterampilan menangkis serangan lawan.

Memperkuat Otot

Selain kekuatan tulang, manfaat jagung untuk ayam aduan lain juga dialami oleh otot. Menjadi salah satu aspek penting saat bertanding, kandungan biji-bijian ini membantu menjaga pertumbuhan jaringan ikat.

Kesehatan jaringan otot akan mendukung pergerakan ayam aduan. Hasilnya, kelincahan dan kemampuannya menjadi lebih gesit di pertandingan.



Panduan Pemberian Jagung untuk Ayam Aduan

Pemberian jagung untuk ayam aduan dapat berbentuk butiran utuh atau yang sudah digiling. Pemilihan bentuk biji-bijian ini bisa disesuaikan dengan usia atau kondisi kesehatan.

Umumnya, jagung utuh diberikan ke ayam aduan berusia 4 bulan sedangkan jagung giling dikonsumsi oleh ayam yang lebih muda. Namun, pemberian biji-bijian ini sebaiknya dimulai saat umurnya lebih dari 2 bulan.

Jagung yang dapat digunakan sebagai pakan harus dalam keadaan segar, ditandai dengan warna biji kuning cerah dan bau harum. Sebagai langkah persiapan, Anda bisa mencuci jagung terlebih dahulu untuk menghilangkan bakteri.

Kemudian, jagung yang sudah bersih dikeringkan secara alami. Jika proses ini berjalan dengan lancar maka Anda bisa merebus atau menggilingnya terlebih dulu sebelum memberikannya ke ayam aduan.

Biji jagung rebus atau serbuk gilingannya bisa dicampurkan ke pakan ayam aduan seperti pelet, voer, dedak ataupun konsentrat. Fungsinya untuk menyeimbangkan kandungan nutrisi. 

Baca juga:”10 Pakan Ayam Bangkok Siap Adu dan Tips Merawatnya agar Tangguh

Pemberian Suplemen Tambahan untuk Ayam Aduan

Selain menggunakan jagung sebagai pakan tambahan, untuk mendukung kekuatan otot dan tulang Anda bisa memberikan suplemen seperti Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Ternak. Vitamin ini telah diaplikasikan oleh para peternak ayam aduan profesional.

Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Ternak memiliki kandungan lengkap yang bisa meningkatkan nafsu makan, mengoptimalkan proses penyerapan nutrisi sekaligus menjaga daya tahan tubuh ayam aduan dari penyakit. Selain itu, penggunaannya juga sangat mudah.

Diolah dari bahan-bahan organik berkualitas, Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Ternak bisa menjadi pilihan yang aman sekaligus terpercaya untuk memaksimalkan tahapan perawatan ayam aduan. Hasilnya, ayam akan menjadi tangguh dan memenangkan pertandingan.

Pemberian Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Ternak bisa dengan melarutkan 0,3 ml/ekor SOC GDM ke dalam air minum ayam aduan yang bersih di sore hari. Penggunaan vitamin ini dapat dilakukan setiap hari.

Manfaat Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Ternak sangat beragam seperti dapat menjaga imunitas ayam aduan. Untuk meyakinkan Anda mengenai manfaat vitamin ini, berikut penjelasan tentang khasiat vitamin GDM.

Paket Ternak GDM, Suplemen Organik Cair Peternakan Black Bos, dan Same

Menjaga Imunitas Ayam Aduan

SOC GDM Spesialis Ternak memiliki kandungan bacillus brevis atau bakteri yang memicu pertumbuhan antibiotik tyrocidine. Manfaatnya, ayam aduan jadi kebal penyakit dan mencegah potensi kematian akibat masalah kesehatan tertentu.

Mendukung Nafsu Makan

Dengan bentuknya yang cair, konsumsi SOC GDM Spesialis Ternak meningkatkan daya cerna ayam aduan sehingga nafsu makannya dapat terjaga. Keinginan untuk makan dalam porsi seimbang  ini akan menghasilkan tubuh kekar dan peningkatan stamina.

Meningkatkan Stamina

Mengacu pada poin sebelumnya, SOC GDM Spesialis Ternak juga memiliki formulasi baik yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi ayam aduan guna membentuk energi. Apabila digunakan secara rutin, vitamin ini bisa meningkatkan stamina di pertandingan.

Demikian penjelasan mengenai manfaat jagung untuk ayam aduan yang perlu Anda ketahui. Dengan pemberian secara berkala disertai pakan dan suplemen berkualitas maka potensi ayam memenangkan kejuaraan menjadi lebih besar.

Agar mendapatkan manfaat jagung untuk ayam aduan, gunakan juga SOC GDM Spesialis Ternak yang memiliki kandungan bakteri dan gizi berkualitas. Kini giliran Anda membuktikan manfaat produk GDM ini. Klik tombol di bawah untuk mendapatkan produknya.