Tanaman Hias

Aglaonema Moonlight: Warna, Bentuk Daun, & Tips Merawatnya

aglaonema moonlight

Aglaonema dikenal pula dengan sebutan sri rezeki dan tanaman seribu wajah, karena memang begitu banyak jenis warnanya. Masing-masing punya ciri khas yang terkadang tidak semua orang bisa membedakannya karena keindahannya yang hampir sama.

Begitu pula dengan jenis moonlight ini. Disebut sebagai salah satu yang terbaik di nusantara, yakni berasal dari persilangan oleh pecinta tanaman hias dan ahli kultur jaringan dari indonesia.

Termasuk jenis aglaonema yang langka, sulit untuk mengembangbiakannya, mendapatkan warna dan bentuk daun seperti indukannya bukan pekerjaan yang sepele.

Perlu perawatan telaten untuk bisa mendapatkannya, sebab itulah jenis ini jarang dimiliki, biasanya hanya dipunya oleh kolektor atau yang benar-benar hobi membeli aglaonema.

Aglaonema moonlight muncul pertama kali tahun 2005, saat itu belum terlalu populer, barulah mulai tahun 2009 banyak peminatnya dan dicintai hingga sekarang.

Aglaonema moonlight punya ciri khas yang mudah dikenali, untuk jenis ini kemungkinan besar kalian tidak akan salah membedakannya dengan jenis lain. Mari biarkan kami jelaskan dan pahami lebih dalam.

Warna Daun Aglaonema Moonlight

Secara umum dan jenis aglaonema moonlight paling populer di pasaran ialah yang berwarna merah muda kekuningan karena nampak lembut dan bersinar seperti bulan sebagaimana namanya.

Tulang daunnya berwarna merah membuat urat daunnya nampak tegas.  Warnanya memang feminim, disuka semua kalangan terutama kalangan wanita.

Warnanya juga terlihat bersinar dan terang sebagaimana sinar bulan, nampak dominan jika berada diantara jenis tanaman hias lainnya.

aglaonema-moonlight

Sebenarnya ada jenis warna lain yang tak kalah indahnya yaitu :

1. Moonlight Bay

Berwarna dominan hijau, banyak disukai pria karena terlihat gagah. Warnanya hijau tua berpadu dengan putih.

Urat daunnya jelas bergari-garis rapi ke atas berwarna putih kekuningan. Tangkainya berwarna putih dengan daun yang rimbun.

Aglaonema moonlight bay ini beberapa ada yang memiliki perpaduan warna kuning di sekitar urat daunnya. Terlihat mengkilat dan bercahaya.

2. Moonlight Merah

Meskipun dinamai aglaonema moonlight merah, tidak seluruh permukaan daunnya merah.

Jenis ini warnanya perpaduan hijau kekuningan dan putih di permukaan daunnnya, sedangkan warna merah menyala ada di tulang daun bagan tengah yang seolah membagi 2 dengan serasi.

Urat daunnya juga berwarna merah di bagian tengahnya, semakin ke atas semakin kekuningan warna urat daunnya. Namun tetap saja telrihat bersinar dari warna tulang daunnya yang merah menyala.

3. Moonlight Gerhana

Gerhana berhubungan dengan sesuatu yang gelap, tertutupi oleh sesuatu. Seperti itu pula gambaran warna aglaonema moonlight gerhana, warnanya hijau tua dan pekat cenderung gelap.

Dengan tulang daun berwarna merah muda atau putih kekuningan yang sangat kontras. Saat muda hijaunya tidak begitu pekat, semakin tua akan semakin gelap warnanya.

4. Moonlight Serat Emas

Ialah jenis agalonema moonlight yang memiliki warna perppaduan merah muda kekuningan, dan hijau. Warna dominannya ialah kuning emas yang benar-benar terlihat bersinar seperti emas. Warna dasarnya berwarna kuning menyala,

Dengan urat daun hijau tua keemasan dan tulang daun berwarna merah muda atau kuning. Melihatnya sekali sudah cukup untuk terus mengingatkan kalian akan jenis ini karena memang corak dan warnanya yang unik seperti namanya, tidak ada kemiripan dengan jenis lain.

Merawat daun aglaonema agar tetap cerah warnanya dari waktu ke waktu, tentu tidaklah sembarangan.

Perawatan yang tepat dengan penggunaan dosis pemupukan bagus dan sesuai, berikut anjuran sesuai dalam artikel Jenis Pupuk Aglaonema.

Bentuk Daun Aglaonema Moonlight

Aglonema rata-rata memiliki bentuk daun oval membulat dengan ujung runcing atau oval memanjang yang langsing.

Namun berbeda dengan jenis moonlight ini, bentuk daunnya sangat khas, berupa bulat dan cekung di tengah seperti mangkuk. Bagian pinggirnya naik ke atas seperti menjadi pembatas. Ujung daunnya tidak terlalu runcing, lebih ke bulat.

aglaonema moonlight

Nama moonlight memang bukan diambil dari warnanya, yakni dari bentuk daunnya yang bulat dan kekuningan seperti rembulan yang sedang bersinar terang atau seperti cahaya bulat. Daunnya nampak tegas dengan urat daun yang juga lebar.

Susunan daunnya flat, tampil kompak dan rapi jika dilihat dari atas. Tangkainya daunnya memanjang dan berwarna pink menambah eloknya.

Corak di daun aglaonema moonlight ini sangat tegas, tulang daunnya yang berwarna merah melengkapi keindahannya, membuat daunnya begitu nampak bulat cekung sempurna.

Harga Aglaonema Moonlight

Aglaonema moonlight cukup mahal harganya, bukan sesuatu yang mengherankan karena memang bentuk daunnya yang unik dan keindahan warnanya yang langka. Untuk bibitnya biasa dijual mulai rp 150 ribu.

Sedangkan usia muda rata-rata rp 300 – 500 ribu. Dan ukuran dewasa atau indukan bisa mencapai rp 5 juta, terlebih jenis yang sangat langka seperti moonlight serat emas.

Jika ingin lebih hemat kalian bisa membeli bibitnya. Namun tak salah juga merogoh kocek lebih dalam untuk membeli yang berukuran dewasa, selain lebih indah untuk dipandang juga kalian bisa mengembangkannya lebih banyak lagi untuk menambah koleksi ataupun dijual kembali.

Tempat Merawat Aglaonema Moonlight

Pekarangan Rumah

Cocok diletakkan di pot berwarna putih dengan rak untuk memberi kesan lebih segar. Buat galeri aglaonema moonlight di pekarangan rumah kalian dengan didampingkan bersama jenis aglaonema lainnya, atau tanaman hias lain. Yang terpenting ialah penatannya dan menjaganya agar tidak terkena sinar matahari langsung.

Jika meletakkan di rak, berikan jarak yang cukup, hindari meletakakkan berdempatan agar tidak mengganggu pertumbuhan daunnya dimana jenis moonlight ini punya daun yang lebar bulat dan cekung sehingga butuh ruang khusus. Posisi bisa di dekat meja teras atau di sudut dekat pintu masuk rumah.

Dalam Rumah

Cocok untuk menetralkan polusi udara selain memberi visual lebih memukau di dalam rumah. Area indoor bisa di gedung perkantoran atau apartemen. Bisa diletakkan di bagian mana saja yang tidak terkena sinar matahari langsung namun juga tidak yang terlalu gelap. Pastikan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Tempat yang cocok diantaranya meja ruang tengah atau ruang santai, dekat anak tangga jika rumah kalian bertingkat, juga di kamar mandi dekat jendela atau dekat shower asalkan punya pencahaayn yang sedang dan tidak pengap.

Rooftop

Bagi kalian yang memiliki atap dak, bisa membuat galeri taman atap hijau yang indah dengan aglaonema moonlight sebagai salah satu pengisinya, cocok untuk lahan yang sempit yang tidak memungkinkan untuk membuat taman karena kurangnya lahan.

Letakkan di rak khusus, bisa rak berjejer atau rak gantung, bisa juga di atas karpet rumpur bersama tanaman hias lain.

Jika kalian memiliki kolam renang di atap rumah, akan jauh lebih menyenangkan, membuat lokasi jadi lebih lembab dan memberi kesan sejuk.

Jika ingin menikmati bersama keluarga, bisa membuat gazebo jika area memungkinkan, dengan memberi satu set meja taman untuk tempat aglaonema moonlight ditempatkan.

Hotel

Cocok sebagai galeri taman di dekat pintu masuk utama, di sekitar tangga atau lift, di sudut lorong, atau di area taman khusus. Memberi nilai lebih untuk hotel dan tampilan yang mahal, serta membuat pemandangan lebih segar dan tamu menjadi betah.

Penataan bisa dengan rak berderet dengan tinggi yang berbeda, disusun dengan bentu kerucut akan maksimal indahnya dimana satu persatu tanaman diberi tempat khusus termasuk aglaonema moonlight ini.

Lainnya

Area lain yang bisa dihiasi aglaonema moonlight diantaranya ruang kantor, ruang sekolah atau universitas di area taman khusus dan di sekitar pintu masuk, juga di taman rumah sakit. Dimanapun tempatnya akan memberi keindahan yang lebih.

Meskipun termasuk salah satu jenis agalonema yang langka, bukan tidak mungkin kalian tidak bisa memilikinya. Dan setelah bisa memilikinya tentu jaga dengan perawatan dan penempatan yang tepat agar selalu subur dan segar.

Untuk Anda yang tertarik ingin membudidayakannya, tentu saja bisa menyimak artikel berikut Cara Budidaya Aglaonema Agar Berdaun Indah.

Nah jika ingin mengetahui cara merawat aglaonema dengan tepat dan benar, Anda bisa berkonsultasi dengan tim ahli pertanian secara gratis melalui tombol dibawah ini:

author-avatar

About WAHYU NURWIJAYO, SP

Seorang profesional di Industri Pertanian dengan selalu menerapkan sistem keseimbangan ekologi agar budidaya pertanian berjalan efektif & efisien serta hasil produksi meningkat