Peternakan

Pakan Puyuh Agar Cepat Bertelur: Jenis, Kebutuhan Nutrisi dan Pembuatannya

Pemberian pakan puyuh agar cepat bertelur pemberiannya sangat berpengaruh terhadap intensitas dan kualitas pertumbuhan pakan puyuh petelur secara alami.

Burung puyuh atau burung gemak merupakan salah satu unggas yang banyak dibudidayakan orang-orang baik sebagai pedaging maupun petelur. Dalam pembudidayaannya, salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah pakan puyuh.

Bagi para pembudidaya puyuh petelur, makanan merupakan kunci keberhasilan karena berhubungan dengan hasil panen telur di masa mendatang. Bagi Anda yang mungkin masih pemula, penjelasan tentang pakan puyuh petelur berikut ini bisa memberikan gambaran.

Pahami Kebutuhan Nutrisi Puyuh

Sebelum mengetahui makanan burung puyuh yang bisa diberikan saat budidaya, terlebih dulu perlu diketahui nutrisi apa saja yang dibutuhkan terutama untuk petelur. Bacalah tabel berikut

Nutrisi0-2 Minggu3-5 Minggu>6 minggu
Energi Metabolisme2.750 ME kcal/kg2.700 ME kcal/kg2.600 ME kcal/kg
Protein27%24%24%
Kalsium0,8%0,6%3%
Fosfor0,3%0,3%0,45%
Vitamin A8000 IU8000 IU8000
Vitamin D31200 ICU1200 ICU1200ICU
Lisin1,20%1,10%0,8%
Metionin0,45%0,40%0,33%
Metionin + Sistin0,7%0,65%0,6%

Jenis Pakan Puyuh Agar Cepat Bertelur

Dalam pembudidayaannya, tentu makanan yang diberikan pada burung puyuh akan sedikit berbeda dengan makanan burung puyuh liar karena akan diproyeksikan untuk bisa menghasilkan telur yang banyak dan berkualitas. Berikut daftar makanan puyuh  yang bisa diberikan agar selalu bisa bertelur lebih cepat:

jenis pakan puyuh

1.      Pakan Jagung

Jagung merupakan makanan yang paling banyak diberikan kepada unggas, termasuk burung puyuh. Jagung dapat menjadi sumber karbohidrat dan energi yang baik untuk burung puyuh. Namun para pemula perlu mengetahui bahwa jagung memiliki harga yang cukup mahal, sehingga akan lebih baik jika mencampurnya dengan dengan bahan makanan lain untuk efisiensi biaya.

2.      Pakan Bekatul

Bekatul atau dedak merupakan limbah olahan padi yang dihasilkan saat pemrosesan menjadi beras. Meski merupakan limbah, bekatul mengandung nutrisi seperti protein, serat, dan karbohidrat yang baik untuk pakan burung puyuh.

Namun dengan kandungan lemak yang tinggi, bekatul kurang baik disimpan terlalu lama karena bisa menggumpal dan menimbulkan bau tengik.

3.      Dedak Gandum

Dedak gandum atau disebut pollard merupakan pakan puyuh petelur yang baik karena mengandung protein dan serat. Namun serat yang terkandung dalam pollard merupakan jenis serat kasar, sehingga pemberiannya harus dibatasi agar tak mengganggu pencernaan.

4.      Sorgum

Sorgum merupakan tanaman palawija yang kini banyak dimanfaatkan sebagai pengganti nasi. Selain bisa dikonsumsi manusia, sorgum juga bisa dijadikan makanan burung gemak karena kaya akan protein. Namun, sorgum hanya bisa ditemukan di daerah tertentu. Selain itu, sorgum juga mengandung tanin yang membuat protein jadi sulit dicerna sehingga perlu dibatasi konsumsinya.

5.      Kayambang

Kayambang merupakan gulma yang banyak tumbuh diperairan dan sering dijadikan pakan hewan ternak, termasuk puyuh. Kayambang sangat kaya akan nutrisi seperti protein, kalsium, serat, asam amino lisin, serta serat

6.      Pakan Pabrikan

Pelet atau konsentrat merupakan pakan yang terformulasi, sehingga memiliki nutrisi yang lengkap dan cocok untuk dijadikan makanan burung puyuh. Pelet sendiri bisa didapatkan di kios atau toko yang menjual keperluan untuk hewan ternak.

Namun demikian, pelet umumnya dijual dalam kemasan besar atau porsi yang banyak sehingga hanya cocok untuk mereka yang beternak puyuh. Sementara itu bagi para pemula, pembelian pelet mungkin akan menghabiskan banyak biaya.

7.      Tepung Tulang

Sesuai namanya, tepung tulang berasal dari tulang-tulang sisa pemotongan hewan yang direbus lama hingga cukup lunak kemudian dikeringkan dan digiling. Tepung tulang merupakan pakan puyuh petelur yang bagus karena kaya kalsium dan fosfor. Kedua kandungan ini membantu puyuh bertelur lebih cepat serta menghasilkan telur yang lebih banyak dan cangkang yang lebih kuat.

8.      Bungkil Kedelai

Seperti bekatul, bungkil kedelai merupakan limbah yang cocok dijadikan pakan untuk burung puyuh. Sebab, limbah kaya akan nutrisi seperti karbohidrat, protein, kalsium, dan serat. Namun demikian, bungkil kedelai mermiliki harga yang cukup mahal sehingga pembeliannya harus memerhatikan finansial dalam peternakan.

9.      Tepung Ikan

Tepung ikan merupakan makanan burung puyuh yang baik terutama bila diberikan saat berusia 10-12 minggu. Tepung yang berasal dari ikan yang kurang ekonomis serta hasil limbah pengolahan ikan ini kaya akan protein. Selain itu, tepung ikan juga kaya akan DHA dan EPA yang berperan untuk produktivitas puyuh.

Komposisi Nutrisi Pakan Puyuh

Komposisi Nutrisi Pakan Puyuh

Pada umumnya, burung puyuh memiliki tiga fase kehidupan, yaitu starter (usia 0-3 minggu), grower (usia 4-6 minggu), dan layer (7-60 minggu). Dengan demikian, pemberian makanan burung gemak juga berbeda-beda.

Agar burung puyuh bisa cepat bertelur, peternak harus memerhatikan komposisi nutrisi dalam makanan yang diberikan.

  • Makanan yang akan diberikan untuk puyuh petelur setidaknya harus memiliki komposisi 20% protein, 3.2% kalsium, dan 0.6% fosfor.
  • Komposisi protein puyuh umumnya akan lebih rendah dan kebutuhan kalsium umumnya akan lebih tinggi dari puyuh yang lebih muda (fase starter).
  • Kalsium dan fosfor sangat dibutuhkan puyuh untuk membantu terbentuknya kerabang telur lebih cepat.

Cara Pembuatan Pakan Puyuh

Pembuatan pakan puyuh bisa dilakukan dengan mencampurkan pelet, remah-remah (jagung atau singkong, atau sorgum), serta tepung (tepung tulang atau dedak) dengan perbandingan 50%:40%:10% (pelet : remahan : tepung).

Sebagai contoh, jika menyediakan makanan 10 kg untuk puyuh, maka buatlah takaran konstentrat 5 kg, remah-remah 4 kg, dan tepung 1 kg.

Komposisi ini meruapakan salah satu contoh self mixing sederhana yang di ujikan ke burung puyuh sambil di lihat progress perkembangannya.

Untuk pembuatan pakan mandiri atau self mixing harus mengetahui terlebih dahulu kandungan seiap bahan yang akan di guanakan.

Dosis dan Waktu Pemberian Pakan  

Porsi makanan burung puyuh anakan dan puyuh dewasa (layer) perlu dibedakan mengingat kebutuhan nutrisi yang berbeda pula. Pemberian pakan harus di sesuaikan dengan fase pertumbuhan burung puyuh. Berkut table pemberian pakan pada burung puyuh.

Dosis dan Waktu Pemberian Pakan  

Penambahan Probiotik untuk Puyuh

Seperti manusia, puyuh juga membutuhkan probiotik atau bakteri baik dalam pencernaan. Pemberian probiotik pada puyuh berguna untuk meningkatkan produktivitas sehingga bisa menciptakan efisiensi biaya peternakan.

Bila membutuhkan probiotik untuk puyuh, Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan bisa menjadi pilihan yang tepat. Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan terbuat dari beberapa bahan seperti limbah organik, rumput laut, minyak hewani, alga, serta bakteri premium.

suplemen ternak

Adapun manfaat dari pemberian Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan adalah meningkatkan imunitas tubuh pada burung puyuh sehingga lebih kebal terhadap penyakit, menghambat infeksi penyakit tertentu, serta melancarkan pencernaan.

Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan tersedia dalam tiga kemasan yaitu kemasan 1 liter, 2 liter, dan 5 liter. Para peternak puyuh bisa memberikan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan sebanyak 30 ml untuk tiap 100 ekor puyuh per aplikasi dengan mencampurnya bersama air minum atau campuran pakan pemberian cukup sehari sekali pagi atau sore hari.

Demikianlah penjelasan seputar makanan burung puyuh mulai dari kebutuhan nutrisi, jenis pakan yang baik agar cepat bertelur, cara pembuatan pakan beserta dosisnya, hingga penambahan probiotik untuk puyuh.

Anda bisa menghubungi tim ahli peternakan kami secara GRATIS melalui tombol dibawah ini:

Tinggalkan Balasan