Perikanan

Pakan Untuk Ikan Kerapu Agar Hasil Panen Melimpah

ikan kerapu

Apa sih rahasia agar hasil panen ikan kerapu dulur bisa membludak? Rahasianya adalah pada pakan untuk ikan kerapu yang dulur berikan! Pakan dengan nutrisi yang tepat akan membuat ikan lebih sehat dan bobotnya meningkat pesat.

Ketika memulai usaha budidaya kerapu tentu dulur sudah mempertimbangkan jenis pakan yang baik dan ekonomis. Namun, ternyata bukan itu saja dulur. Ada beberapa hal yang perlu dulur pelajari selain jenis pakannya.

Nah, berikut ini adalah beberapa penjelasan menyeluruh mengenai kebutuhan dan pakan untuk ikan kerapu yang tepat agar bisa mencukupi nutrisinya. Dengan begitu, harapan dulur untuk bisa panen melimpah pasti bisa kesampaian.

Apa Saja Nutrisi yang Harus Ada dalam Pakan Ikan Kerapu? 

budidaya ikan kerapu

Berbeda jenis hewan, tentu akan berbeda pula nutrisi yang dibutuhkan. Bahkan, sesama ikanpun akan membutuhkan asupan nutrisi yang berbeda juga. 

Nah, sebelum dulur mempelajari jenis-jenis pakan untuk ikan kerapu. Perlu dulur ketahui lebih dulu, apa saja nutrisi yang dibutuhkan ikan kerapu dan wajib ada dalam pakan mereka.

1. Protein dan Asam Amino

Ikan kerapu membutuhkan protein dan asam amino untuk meningkatkan pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh. Jika protein dan asam amino terpenuhi dengan baik, ikan kerapu akan tumbuh dengan baik.

Dulur pasti bertanya-tanya, tumbuh baik di sini apakah hanya dengan ikan menjadi lebih besar? Bukan hanya membantu pertumbuhan ikan menjadi lebih besar, ikan kerapu juga akan menjadi lebih gemuk sehingga bobot panen akan lebih memuaskan. 

2. Lemak dan Asam Lemak

Ikan yang bergerak gesit adalah salah satu tanda bahwa ikan tersebut sehat. Nah, lemak dan asam lemak dibutuhkan ikan agar mereka bertenaga sehingga bisa bergerak gesit.

Mengapa ikan harus bertenaga dan bergerak, bukannya bergerak akan membuang lebih banyak kalori dan membuat ikan susah gemuk? Tenang saja dulur, justru ikan harus terus bergerak untuk membantunya mencerna makanan. 

Jika makanan tercerna dengan baik, maka ikan akan menjadi lebih sehat dan tumbuh dengan baik. Selain itu, lemak dan asam lemak juga akan membantu menghindarkan ikan dari gejala stres yang bisa menghambat pertumbuhan ikan.

3. Karbohidrat

Selain dari lemak, tenaga juga bisa ikan dapatkan dari karbohidrat. Oleh karena itu, dulur harus memastikan bahwa pakan untuk ikan kerapu yang dulur berikan mengandung karbohidrat yang sesuai dengan kebutuhan ikan.

4. Vitamin

Bukan hanya manusia lho! Ikan kerapu juga membutuhkan vitamin. Vitamin berguna untuk melindungi sistem imun ikan kerapu. Dengan begitu, ikan kerapu tidak mudah terserang penyakit.

Ini merupakan salah satu kebutuhan ikan yang penting untuk dulur penuhi karena banyak jenis virus yang mengancam ikan. Jika ada ikan yang sakit dan menular ke ikan lain, maka risikonya akan menjadi lebih besar.

Dulur bisa mempelajari beberapa jenis penyakit yang bisa menjangkit ikan kerapu dan cara mencegahnya di sini.

5. Mineral

Kebutuhan nutrisi selanjutnya yang harus dulur pastikan ada dalam pakan untuk ikan kerapu adalah mineral. Dulur pasti sudah tidak asing dengan kata mineral. Mineral sendiri dibutuhkan ikan kerapu agar sistem imun ikan menjadi lebih baik.

seperti yang dulur ketahui, sistem imun berfungsi mencegah ikan terserang penyakit. Jika ikan sehat, pertumbuhan akan menjadi lebih baik dan panen akan semakin melimpah.

Apa Saja Jenis Pakan Ikan Kerapu yang Sesuai Kebutuhan? 

pakan untuk kerapu

Sebagai hewan predator, ikan kerapu secara alami memiliki beberapa mangsa berupa beberapa jenis hewan lebih kecil. Hewan-hewan ini secara alami memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan ikan kerapu seperti yang sebelumnya dulur simak.

Dengan mengetahui jenis-jenis hewan yang menjadi mangsa ikan kerapu di alam, dulur bisa memanfaatkan ini sebagai referensi jenis pakan untuk ikan kerapu demi terpenuhinya nutrisi ikan. Selain itu, dulur juga bisa menimbang jenis pakan apa yang paling memungkinkan untuk dulur sediakan.

Nah, berikut ini adalah beberapa jenis hewan yang kerap menjadi mangsa alami ikan kerapu dan bisa menjadi pakan untuk ikan kerapu milik dulur: 

1. Plankton

Sebelumnya, dulur mendapat informasi bahwa ikan kerapu memangsa beberapa jenis hewan kecil. Namun selain hewan kecil, ikan kerapu juga memangsa plankton. Plankton bukan termasuk hewan, melainkan mikroorganisme yang hidup di air.

Plankton bergerak dengan lambat dan mudah terbawa arus air. Namun, karena pergerakan plankton yang lambat menjadikan mereka mudah ditangkap oleh ikan kerapu. Plankton mengandung karbohidrat, lemak, hingga protein sesuai dengan kebutuhan nutrisi ikan kerapu.

2. Udang Kecepe

Rekomendasi selanjutnya dari hewan yang biasa menjadi mangsa ikan kerapu sebagai pakan untuk ikan kerapu yang dulur budidaya adalah udang kecape. Ini adalah pakan yang baik untuk ikan kerapu karena kandungan proteinnya yang tinggi.

Jika kebutuhan protein ikan kerapu terpenuhi, maka pertumbuhan ikan juga akan menjadi lebih baik. 

3. Ikan Rucah

Dulur bisa mendapatkan ikan rucah dari para nelayan. Ikan rucah atau ikan sisa merupakan salah satu jenis pakan yang bisa dulur dapatkan dengan mudah dan murah. Ikan rucah memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap sesuai kebutuhan ikan kerapu. 

Kelemahan dari jenis pakan ini adalah ada kemungkinan dulur mendapatkan ikan yang mengandung parasit atau penyakit tertentu. Oleh karena itu, ketika dulur ingin menjadikan ikan rucah sebagai pakan dulur perlu mengolahnya agar menjadi pakan yang baik.

4. Ikan Teri

Rekomendasi pakan untuk ikan kerapu selanjutnya adalah ikan teri. Ikan teri memiliki kandungan berbagai jenis vitamin. Salah satunya vitamin yang paling banyak ada dalam ikan teri adalah vitamin B yang baik untuk ikan kerapu.

Selain vitamin, ikan teri juga mengandung banyak lemak dan protein yang sangat mendukung pertumbuhan ikan kerapu.

5. Ikan Tembang

Jenis pakan selanjutnya yang juga memiliki kandungan yang lengkap seperti karbohidrat, protein, mineral hingga lemak adalah ikan tembang. Dulur bisa menjadikan ikan ini sebagai pakan untuk mendukung pertumbuhan ikan kerapu agar lebih baik.

6. Pelet

Salah satu jenis pakan yang paling banyak menjadi pilihan para petambak karena kelengkapan nutrisi dan kepraktisannya adalah pelet. Pelet merupakan pakan olahan yang tentunya sudah mempertimbangkan kebutuhan ikan.

Ketika dulur memilih pelet sebagai pakan, dulur perlu memperhatikan penyimpanan agar pakan tidak berjamur atau terkontaminasi zat berbahaya. Selain itu, perhatikan juga ukuran pelet agar sesuai dengan usia ikan.

Sistem bioflok bisa meningkatkan kualitas hasil panen komoditas perikanan. Tak hanya itu, sistem bioflok juga menjadi sistem budidaya yang jauh lebih mudah untuk diterapkan. Untuk dulur yang tertarik mempelajari teknik budidaya yang satu ini, dulur bisa langsung aja gabung dengan meng-klik gambar di bawah ini.

Bioflok - Batch 15 - 1

Ada banyak sekali ilmu yang akan dulur pelajari dengan mengikuti pelatihan budidaya perikanan secara bioflok. Mulai dari persiapan, pengelolaan kolam, cara memaksimalkan hasil panen, serta teknik mengatasi masalah yang sering terjadi saat budidaya lele berlangsung. Tunggu apa lagi, segera daftarkan diri dengan klik disini.

Dampak Kurangnya Nutrisi Pada Pakan Untuk Ikan Kerapu

Lalu, apa dampaknya ketika dulur tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi ikan kerapu sehari-hari? Apakah akan mempengaruhi kualitas daripada hasil budidaya ikan kerapu? 

Tentu saja hal tersebut sangat berpengaruh pada kualitas dari ikan kerapunya. Terutama, tidak terpenuhinya kebutuhan nutrisi bisa menghambat pertumbuhan kerapu. Selain itu, sistem imun kerapu menjadi buruk sehingga lebih mudah terserang penyakit.

Lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa dampak apabila kebutuhan nutrisi ikan kerapu tidak terpenuhi: 

1. Kelaparan

Apabila pakan yang dulur berikan untuk ikan kurang maka yang terjadi adalah ikan menjadi kelaparan. Kelaparan pada ikan akan memicu turunnya imun, ikan yang lemas, dan bobot ikan menjadi susah bertambah.

2. Defisiensi Asam Lemak, atau kekurangan nutrisi asam lemak

Inilah salah satu pentingnya memperhatikan jenis pakan yang akan dulur berikan dan kandungan nutrisi di dalamnya. Jika jenis pakan tidak mengandung nutrisi yang seimbang hingga menyebabkan ikan kekurangan lemak dan ikan jadi susah berkembang.

3. Terkena penyakit hati 

Bukan hanya malnutrisi, jika kebutuhan nutrisi ikan tidak dulur penuhi juga bisa menyebabkan penyakit hati. Hal ini dikarenakan Ikan Kerapu tidak mendapatkan nutrisi penuh dalam aspek pemenuhan vitamin. 

Ikan dengan kebutuhan vitamin yang tidak terpenuhi juga jadi lebih rentan terkena virus. Hal ini bisa memperburuk pertumbuhan serta perkembangan mereka. 

4. Defisiansi Asam Amino serta Protein 

Ketika ikan tidak mendapatkan asam amino dan protein yang cukup, pertumbuhan sel-sel jaringan dalam tubuh ikan akan melambat. Akibatnya ikan lebih rentan terkena penyakit.

Kondisi ini akan membuat ikan mati hingga adanya ancaman gagal panen. Dampak yang lebih ringan dari kondisi ini adalah ikan lebih lambat pertumbuhannya sehingga hasil panen tidak akan memuaskan.

Penuhi Nutrisi Ikan Kerapu Dengan Menambah Suplemen dalam Pakan Untuk Ikan Kerapu

Selain memberi pakan seperti beberapa jenis pakan kerapu yang sebelumnya dulur simak, dulur bisa memberi tambahan berupa suplemen untuk memastikan nutrisi ikan kerapu terpenuhi dengan sempurna.

Adapun suplemen yang bisa direkomendasikan untuk dulur adalah Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan. Suplemen organik ini tidak mengandung bahan kimia berbahaya sehingga pemberiannya tidak memiliki efek samping pada ikan maupun konsumen.

Cara pemberiannya pun mudah, dulur tinggal mencampurkan suplemen pada pakan ikan atau mencampurnya pada air tambak. Beberapa alasan sehingga Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan ini direkomendasikan untuk dulur antara lain:

Nah, banyak sekali bukan manfaat penggunaan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan pada ikan kerapu dulur.Bukan hanya itu dulur, GDM memiliki tim ahli perikanan yang bisa membantu dulur melalui konsultasi apabila dulur memiliki kendala terhadap budidaya yang dulur jalankan. Tenang saja, konsultasi ini bisa dulur lakukan secara GRATIS.

Tinggalkan Balasan