Peternakan

Panduan Ternak Bebek Peking untuk Pemula, Lengkap!

penyebab bebek stress

Bebek peking merupakan unggas ternak yang sangat digemari oleh para pembudidaya. Sebab bebek peking merupakan bebek berkualitas unggul dan termasuk dwiguna, yakni dapat menghasilkan telur dan daging. 

Selain itu bebek peking sendiri juga memiliki tubuh yang besar dan daya tahan yang tinggi terhadap serangan penyakit. Karenanya, unggas satu ini tergolong mudah untuk dibudidayakan.

Namun, mudah bukan berarti dapat dilakukan secara sembarangan, ya, Lur. Agar dapat memperoleh panen melimpah, Anda harus menerapkan cara ternak bebek peking yang tepat, seperti yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Penasaran, seperti apa? Simak terus artikelnya sampai habis, Lur!

Tentang Bebek Peking

Bebek peking merupakan salah satu jenis bebek yang memiliki kualitas unggul daripada jenis bebek lainnya. Selain itu, bebepak peking dapat dimanfaatkan daging dan juga telurnya untuk diolah menjadi berbagai masakan. Bebek peking memiliki ciri khas berwarna putih pada bulunya. 

Bebek peking menjadi salah satu makanan khas Tiongkok yang memiliki banyak penggemar dari seluruh dunia. Hidangan ini bermula sebagai sebuah kebiasaan istana yang diwariskan dari generasi ke generasi. Namun, pada awalnya, bebek peking hanya disajikan dalam lingkungan istana dan kalangan bangsawan. 

Pada abad ke-19, Bebek peking mulai menyebar ke luar istana dan menjadi populer di kalangan masyarakat umum. Proses pengolahan yang rumit dan rasa lezatnya membuat hidangan ini semakin terkenal dan banyak masyarakat cari. 

Bebek Peking menjadi simbol penting dalam budaya makanan Tiongkok dan juga mewakili kedekatan antara masakan istana dan rakyat. Dan seiring berjalannya waktu bebek peking bisa dulur temukan di berbagai tempat atau restoran China yang menjual bebek peking. 

Jenis Bebek Peking

Bebek Peking adalah salah satu jenis bebek yang berasal dari Tiongkok dan terkenal karena dagingnya yang lezat serta kulitnya yang renyah. Sesuai dengan pemanfaatannya bebek peking memiliki jenis sebagai berikut.

Bebek Peking Petelur

Bebek peking selain dapat kita manfaatkan dagingnya, terdapat jenis bebek peking yang bisa Anda ternak khusus untuk tujuan petelur. Jenis petelur memiliki karakteristik dan manfaat yang berbeda daripada varietas bebek peking biasa. 

Bebek peking jenis petelur adalah varietas bebek yang dikembangkan khusus untuk produksi telur. Meskipun tidak sering kali digunakan untuk konsumsi daging seperti bebek peking biasa, bebek jenis ini memiliki beberapa karakteristik yang unik. 

Selain itu, jenis petelur juga peternak budidayakan dengan fokus pada produksi telur yang tinggi. Bebek jenis ini mampu menghasilkan jumlah telur yang lebih banyak daripada varietas bebek lainnya.

Bebek peking jenis petelur biasanya memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil daripada bebek peking daging. Ini karena sumber energi lebih banyak dialokasikan untuk produksi telur daripada pertumbuhan tubuh. 

Selain itu, Bebek peking jenis petelur memiliki variasi warna bulu yang lebih beragam, termasuk putih, abu-abu, cokelat, atau campuran warna lainnya. Hal inilah yang membuat mereka lebih mudah kita bedakan dari bebek peking biasa (pedaging) yang umumnya memiliki bulu putih.

Bebek Peking Pedaging

Bebek peking jenis pedaging adalah varietas bebek yang secara khusus dapat dulur budidayakan untuk menghasilkan daging berkualitas tinggi. Jenis bebek peking ini ini memiliki beberapa ciri khas, seperti pertumbuhan yang cepat dan relatif singkat. 

Bebek peking jenis pedaging terkenal akan teksturnya yang lembut dan rasa yang khas. Daging jenis ini memiliki sedikit lemak, dan memberikan kesan atau khas kuliner yang menjanjikan. 

Selain itu, kulit bebek peking jenis pedaging juga memiliki peran penting dalam hidangan kuliner. Kulit diolah hingga menjadi renyah saat dipanggang atau digoreng, yang menjadi ciri khas bebek peking. 

Cara Ternak Bebek Peking

ternak bebek peking

Pemeliharaan ternak bebek peking termasuk menguntungkan karena termasuk bebek kualitas unggul yang bisa dimanfaatkan daging dan telurnya. 

Ternak bebek peking membutuhkan waktu sekitar 2-3 bulan dengan bobot badan sekitar 2 kg sehingga perputaran uangnya lebih cepat. 

Potensi pasar untuk daging dan telur bebek peking cukup tinggi, karena dagingnya lembut, guruh, dan mengandung gizi yang cukup tinggi. Selain potensi pasar yang tinggi, ternak bebek peking juga tidak terlalu sulit. 

Ternak bebek peking dapat dilakukan oleh siapa saja. Nah, berikut cara-cara ternak bebek peking yang bisa dulur ikuti.

Siapkan Kandang yang Tepat

Hal pertama yang dilakukan ternak bebek peking yaitu menyiapkan kendang. Secara umum, kandang ternak peking dapat kita bedakan menjadi 2 macam yaitu kendang starter dan kendang finisher. 

Kandang starter adalah tempat di mana bebek peking yang baru menetas dan masih dalam tahap awal ditempatkan. Pada tahap ini, bebek memerlukan perhatian dan kondisi lingkungan yang sangat spesifik untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. 

Untuk ukuran kendang starter harus cukup luas untuk memberikan ruang gerak yang cukup bagi bebek yang masih kecil. Namun, kandang tidak boleh terlalu besat agar memudahkan bebek untuk menjangkau makanan dan air.

Secara umum, ukuran kandang starter diperuntukkan bebek dengan umur 0-4 minggu. Ukuran kendang starter berkisar 90cm x 60cm x 30cm untuk 15 ekor bebek peking. 

Dulur juga perlu menambahkan lampu 40 watt sebanyak 2 buah untuk membantu menghangatkan tubuh bebek. Karena kondisi tubuh bebek peking yang baru berumur masih muda cenderung berbulu sedikit.  

Setelah melewati tahap awal di kandang starter, bebek peking dipindahkan ke kandang finisher untuk melanjutkan masa pertumbuhan hingga mencapai berat yang cukup untuk dipanen. 

Pada umumnya, kandang finisher umumnya lebih besar daripada kandang starter untuk memberikan bebek lebih banyak ruang gerak saat masa pertumbuhan. Kandang finisher dapat Anda gunakan untuk bebek peking dengan umur 21-50 hari. 

Kandang finisher biasanya diberi alas litter sekam padi dan menggunakan sistem panggung di umbar atau outdoor. Pada tahap finisher, pakan bebek diatur untuk mendukung pertumbuhan daging yang baik. Diet pakan yang tepat akan membantu membuat bebek peking lebih cepat gemuk.

Pembudidayaan bebek tidak selalu mudah, seringkali petani bebek mengalami kendala yang sangat merugikan bagi mereka. Karenanya, tim GDM mengadakan pelatihan bebek untuk membantu dulur memaksimalkan hasil ternak Anda. Yuk gabung pelatihannya langsung dengan klik gambar di bawah ini:

Budidaya Bebek - Batch 13 - 1

Ada banyak hal yang bisa Anda pelajari langsung dari pelatihan budidaya bebek tersebut. Mulai dari persiapan kandang, pembuatan pakan, penanganan terhadap penyakit, serta tips dan trik untuk memaksimalkan hasil ternak Anda. Tunggu apa lagi? yuk segera daftarkan diri Anda dengan meng-klik link berikut ini.

Pilih Bibit Bebek Peking Berkualitas

Setelah menyiapkan kandang sesuai umur bebek peking, langkah selanjutnya yaitu memastikan memilih bibit yang berkualitas baik dan unggul. Tentunya dulu harus membeli bibit dari sumber yang terpercaya dan memiliki kualitas yang baik. 

Sebelum membeli dan memilih bibit bebek yang baik, dulur perlu memperhatikan ciri-ciri berikut ini.

  1. Pilihlah bibit dari peternak atau penyedia bibit yang terpercaya dan memiliki reputasi baik dalam produksi bibit bebek. 
  2. Pilih bibit bebek peking yang memiliki kondisi fisik yang baik. Pastikan mereka aktif, bergerak dengan lincah, bulunya bersih, dan mata cerah. Hindari bibit yang tampak lemah, tidak bersemangat, atau memiliki tanda-tanda masalah kesehatan.
  3. Bibit bebek peking yang ideal biasanya dipilih dalam rentang usia 1-7 hari. 
  4. Pilihlah bibit yang masih muda untuk memastikan adaptasi yang lebih baik terhadap lingkungan baru. 
  5. Pastikan bibit bebas dari penyakit menular dan masalah kesehatan lainnya.
  6. Dalam budidaya bebek peking, biasanya hanya bebek jantan yang digunakan untuk produksi daging, sementara bebek betina lebih sering digunakan dalam produksi telur. Pastikan dulur memilih jenis kelamin yang sesuai dengan tujuan budidaya dulur.

Gunakan Pakan Bebek Terbaik

Pemberian pakan merupakan faktor yang paling penting dalam ternak bebek peking. Pakan yang berkualitas dapat membantu pertumbuhan bebek agar lebih sehat dan optimal. 

Selain mempertimbangkan sumber pakannya, dulur juga harus memperhatikan pemberian pakan sesuai dengan fase pertumbuhannya yaitu fase grower dan fase finisher. 

Pada fase grower, baiknya dulur harus memberikan pakan yang mengandung protein tinggi, karena dapat mempercepat proses pertumbuhan bebek peking. 

Dulur dapat memberikan pakan BR-1 atau pakan yang biasa diberikan pada ayam boiler. BR-1 mengandung 20-25% protein yang dapat membantu proses pertumbuhan itik dengan cepat. 

Pada fase grower, pakan dapat dulur berikan pada saat bebek berumur 2 atau 3 hari. Pakan dapat diberikan 1 minggu pertama sebanyak 3-4 g/ekor. Pakan pada fase grower bersifat lembut atau crumble untuk memudahkan bebek memakan makanannya. 

Sediakan juga air untuk minum, namun dianjurkan memberi pakan terlebih dahulu sebelum pemberian minum. Hal tersebut dilakukan agar pakan tidak basah terkena air minum yang sudah disediakan. 

Pada fase finisher pakan yang digunakan bisa berupa konsentrat. Pakan konsentrat dapat ditambahkan dengan baktul, jagung, dedak, udang, ikan untuk membantu mempercepat proses penambahan bobot bebek pedaging. 

Pemeliharaan Bebek Peking

perawatan bebek peking

Masa Starter

Pada masa starter biasanya berumur 1-60 hari, bebek peking dapat Anda pelihara dalam kandang khusus yaitu kandang anakan dengan memakai pemanas/induk buatan (brooder).

Pada masa starter dulur memberikan pakan dengan kandungan protein kasar sebesar 21-23 %. Selanjutnya setelah umur di atas 60 hari, bebek dapat dulur pindahkan ke kandang pertumbuhan (grower). 

Pada masa pemeliharaan dapat menggunakan bentuk postal ataupun kandang box. Pada penggunaan kandang box dapat diterapkan ketika bebek berumur 1-14 hari. Sedangkan pada umur 15-60 hari bebek di tempatkan di kandang postal, karena pertumbuhan badan bebek yang sudah mulai membesar. 

Masa Pertumbuhan

Pemeliharaan masa pertumbuhan, juga dikenal sebagai periode grower. Pada tahap ini, bebek sedang mengalami pertumbuhan cepat dan mempersiapkan diri untuk masa dewasa. 

Pemeliharaan yang baik selama periode grower akan membantu memastikan pertumbuhan yang sehat, kekuatan tulang yang baik, dan kualitas daging yang optimal. 

Pada masa ini bebek dipelihara mulai dari umur 61-150 hari. Dalam mempersiapkan masa pertumbuhan atau peremajaan bibit, dulur perlu mempersiapkan bibit pengganti yang memiliki keunggulan atau kelebihan tertentu baik jantan maupun betina. Biasanya peternak menggunakan sex ratio 1 : 4 atau 1 jantan dengan 4 betina. 

Masa Periode Bertelur

Ketika memasuki umur 5 bulan atau 6 bulan , bebek peking pada umumnya sudah mulai bertelur. Pada saat bebek sudah memasuki usia bertelur, tempatkan pada kandang khusus yaitu kandang dewasa. 

Penempatan kandang dewasa juga harus dilengkapi dengan tempat bertelur dan memiliki tempat yang cukup luas untuk area makan dan minum. 

Selain itu sediakan kolam air di dekat kandang bebek, untuk mendinginkan suhu tubuh saat kondisi kandang dan cuaca panas pada siang hari. 

Nantinya kandang ternak tersebut berfungsi sebagai lahan bibit penghasil telur yang siap untuk ditetaskan sebagai sumber DOD dan dipasarkan untuk pemeliharaan penggemukan. 

Secara umum peternak menggunakan rasio sex pada di kandang dewasa sekitar 1 : 4 atau 1 jantan banding 4 betina. Adapun biasanya peternak juga menggunakan kapasitas kandang ukuran dewasa sekitar 3-5 ekor/m2

Penggemukan

Tahap pemeliharaan penggemukan merupakan periode di mana bebek Peking mencapai tahap pertumbuhan penuh dan dibiakkan untuk menghasilkan daging berkualitas tinggi. 

Pada tahap ini, dulur bisa memberikan pakan khusus pada bebek peking untuk memaksimalkan pertumbuhan daging. Penggemukan hanya dilakukan dalam 1 masa pemeliharaan.  Penggemukan dapat dulur lakukan ketika bibit berumur 1 hari sampai bibit bebek peking tersebut siap untuk dipanen dan dijual. 

Dengan pemeliharaan yang baik, bebek bisa mencapai bobot sekitar 3,3 kg dengan masa pemeliharaan selama kurang lebih 55-60 hari dari umur 1 hari sampai 55 hari. 

Secara umum, bibit-bibit atau itik yang dipelihara adalah jenis pedaging jantan. Meskipun begitu, bebek jantan memiliki perbedaan yang tidak terlalu signifikan dalam pertumbuhan masa daging dengan bebek betina. 

Namun, bebek jantan lebih dimanfaatkan dagingnya, sedangkan bebek betina dijadikan indukan untuk menjadi bebek petelur. 

Berikan Suplemen Organik untuk Bebek Peking

Setelah melakukan proses ternak di atas, dulur juga perlu menambahkan suplemen vitamin untuk menjaga kesehatan dan membantu petumbuhan dengan mendapatkan hasil yang lebih maksimal. 

Pemberian Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan dapat membantu meningkatkan hasil ternak bebek peking hingga 455 %. 

Selain keuntungan peningkatan hasil menggunakan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan, terdapat manfaat-manfaat diantaranya sebagai berikut.

Manfaat Menggunakan Suplemen Organik untuk Merawat Bebek Peking

  1. Bebek tidak mudah terserang penyakit
  2. Menambah bobot
  3. Mengurai bau kandang
  4. Memperbaiki kualitas pakan

Cara Penggunaan Suplemen Organik pada Ternak Bebek Peking

Cara penggunaan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan cukup mudah. Berikut cara mengaplikasikan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan.

  1. Siapkan 0,3 ml/ekor atau 300 ml/1000 ekor Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan.
  2. Campurkan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan ke dalam air minum atau pakan ternak.
  3. Aplikasikan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan tiap pagi atau sore hari secara rutin.

Demikian cara ternak bebek peking, cukup mudah bukan? Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal gunakan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan secara rutin agar hasil panen dulur dapat lebih optimal.