Peternakan

Pakan Bebek Peking: Jenis, Kebutuhan Nutrisi, dan Metode Pemberian Pakan

Budidaya bebek peking bisa menjadi bisnis yang paling menjanjikan untuk kebutuhan ternak maupun usaha kuliner. Maka dari itu, penting bagi para peternak untuk menghasilkan bebek yang sehat, bergizi, dan berkualitas.

Memulai budidaya ternak bebek tentunya harus mengetahui perkiraan biaya produksi terutama dalam kebutuhan pakan bebek peking setiap harinya. Selain mempertimbangkan biaya, dulur juga perlu memperhatikan asupan nutrisi pada pakan bebek peking.

Memperhatikan nutrisi, jenis, dan metode pemberian pakan ini dapat mempengaruhi tumbuh kembang bebek dengan baik. Langsung simak penjelasannya di bawah ini, Lur!

Kebutuhan Nutrisi pada Bebek Peking

Bebek memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda tergantung dengan laju pertumbuhan, fisiologi pencernaan, dan pengeluaran panas dalam tubuh hewan tersebut.

Sehingga, perlu diperhatikan terlebih dahulu pembuatan formula pada pakan bebek peking dengan menggunakan bahan yang kaya akan gizi dan nutrisi.

kebutuhan nutrisi pada pakan bebek peking

Dulur bisa menyesuaikan pemberian pakan dan kebutuhan nutrisi ini sesuai dengan umur bebek peking. Kategori usia ini dapat kita bedakan menjadi 3, yaitu starter (0-2 minggu), grower (9-20 minggu), dan layer (22 minggu).

NutrisiStarterGrowerLayer
Kadar air (%)14,014,014,0
Protein (%)17 – 2015 – 1817-19
Lisin (%)0,90 – 1,050,65 – 0,740,80 -1,05
Energi (Kkal/kg)2.700 – 3.1002.600 – 2.7002.650 – 2.700
Metionin (%)0,37 – 0,400,29 – 0,300,35 – 0,37
Metionin + sistin (%)0,6 – 1,00,6 – 1,02,90 – 3,25
Ca (%)0,6 – 1,00,90 – 1,200,90 – 1,20
P tersedia (%)0,400,400,35
P total (%)0,60 – 1,000,60 – 1,000,60 – 1,00

Dari pemaparan nutrisi bebek pada tabel di atas, ini dapat menjadi pertimbangan untuk memberikan gizi konsentrat bebek peking yang sesuai. Poin-poin penting lainnya juga perlu diperhatikan dalam memberikan kebutuhan nutrisi pada bebek peking.

Pada masa starter, total nutrisi pada pakan bebek peking lebih besar mulai dari kebutuhan kadar air, protein, lisin, energi, metionin, Ca, dan lainnya.

Hal ini karena besaran jumlah nutrisi untuk bebek starter berguna untuk mendukung pertumbuhan jaringan tubuh agar mampu beradaptasi pada perubahan suhu dan lingkungan.

Sedangkan pada usia grower atau layer kebutuhan nutrisi pakan bebek peking berfokus pada pemenuhan energi dan metionin untuk membantunya tubuh dengan cepat. Ini juga bermanfaat sebagai sumber tenaga dan menjaga kesehatan pada bebek.

Jenis Pakan Bebek Peking

jenis pakan untuk bebek peking (1)

Dalam memilih pakan bebek peking juga perlu dulur perhatikan jenis dan kualitas makanannya. Pastikan bahan makanan yang digunakan tidak mengandung racun, hambar, kering, berjamur, atau berjamur. 

Selain itu penting juga untuk memilih jenis pakan sesuai dengan kebutuhan ternak bebek. Dalam budidaya bebek peking, Anda bisa menggunakan 3 jenis pakan berikut.

Pakan Alami

Sesuai dengan namanya, pakan alami adalah pakan yang didapatkan saat bebek dibebaskan ke sawah untuk memakan sisa panen padi, ikan-ikan kecil, dan keong. Untuk memenuhi energi utama agar cepat membesar bisa dengan memperoleh karbohidrat nabati seperti jagung, tepung sagu, dan tepung ubi kayu.

Pakan Self Mixing

Jenis pakan ini merupakan campuran dari bahan alami dan pakan pabrik seperti konsentrat dan pur. Cara memberi pakannya adalah dengan memberikan campuran konsentrat, jagung pipilan, pur CP 512, dan keong mas. 

Pakan ini bisa diberikan untuk kategori bebek usia grower dengan kebutuhan sebesar 40-60 gram per ekor. Untuk waktu pemberiannya bisa dilakukan 2-3 kali setiap harinya.

Pakan Alternatif

Pakan alternatif adalah jenis bahan makanan yang bisa diberikan kepada bebek dengan memanfaatkan bagian tertentu pada tumbuhan dan hewan. Misalnya menggunakan tepung kepala udang, kulit kerang, bungkil inti sawit, dan lain-lain.

Penggunaan pakan alternatif sangat bermanfaat untuk ternak bebek peking. Jika Anda menggunakan pakan ini dengan tepung kepala udang, maka dapat meningkatkan kualitas produksi telur pada bebek.

Metode Pemberian Pakan pada Bebek Peking

ternak bebek peking

Setelah mengetahui apa saja kebutuhan nutrisi dan jenis bahan makanan yang sesuai dengan kebutuhan pakan bebek, perlu diperhatikan juga seperti apa metode pemberian pakan tersebut. Metode ini meliputi cara pembuatan hingga pemberian pakan pada bebek peking.

Memilih Jenis Pakan

Langkah pertama pilihlah jenis pakan sesuai kebutuhan bebek peking yang nantinya akan dapat Anda campur dengan bahan-bahan yang ada. Pencampuran bahan ini bisa Anda sesuaikan dengan memanfaatkan bahan seperti jagung, tepung ubi kayu, tepung keong, tepung kepala udang, dan lain-lain.

Perhatikan Komposisi Pakan

Agar pencampuran pakan bebek bisa sesuai dengan nilai gizi, Anda bisa menggunakan beberapa formula yang tepat penggunaan bahan makanannya. Pastikan komposisi pakan tersebut dapat memenuhi kebutuhan bebek sesuai dengan fase pertumbuhannya.

Menambahkan Suplemen Organik

Untuk membantu meningkatkan produktivitas pertumbuhan ternak, tidak lupa juga dengan menambahkan suplemen organik pada pakan bebek. Penggunaan suplemen ini juga sangat membantu sebagai pencegahan dari serangan virus, bakteri, dan penyakit.

Suplemen ini dapat diberikan dengan dicampurkan pada pakan bebek ataupun air minum. Dosis yang dapat dulur berikan adalah 0,3 ml per ekor setiap 1 kali sehari pada pagi atau sore hari.

Waktu Pemberian Pakan

Untuk waktu pemberian pakan, dulur dapat memberi makan bebek sebanyak 2 kali dalam sehari 50% pada pagi dan 50% pada sore hari. Waktu idealnya bisa dulur berikan pada pukul 7 pagi dan 4 sore.

Jika ingin memberikan rangsuman pakan pada bebek sebanyak 3 kali sehari, bisa dulur lakukan dengan perbandingan 35%:30%:35% setiap harinya.  Peternak juga bisa dapat memberikan 5-10% pakan alternatif selain pakan utamanya.

Pembudidayaan bebek tidak selalu mudah, seringkali petani bebek mengalami kendala yang sangat merugikan bagi mereka. Karenanya, tim GDM mengadakan pelatihan bebek untuk membantu dulur memaksimalkan hasil ternak Anda. Yuk gabung pelatihannya langsung dengan klik gambar di bawah ini:

Budidaya Bebek - Batch 13 - 1

Ada banyak hal yang bisa Anda pelajari langsung dari pelatihan budidaya bebek tersebut. Mulai dari persiapan kandang, pembuatan pakan, penanganan terhadap penyakit, serta tips dan trik untuk memaksimalkan hasil ternak Anda. Tunggu apa lagi? yuk segera daftarkan diri Anda dengan meng-klik link berikut ini.

Tingkatkan Kualitas Pakan dengan Suplemen Organik

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, penambahan suplemen organik sangat dianjurkan dalam pemberian pakan bebek peking. Salah satu suplemen yang bisa Anda gunakan untuk pakan bebek adalah Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan.

Berbagai komposisi yang digunakan pada bahan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan terdiri dari bahan berkualitas seperti:

  1. Limbah organik;
  2. Minyak hewani;
  3. Rumput laut;
  4. Bakteri terbaik;
  5. dan lain-lain. 

Manfaat dari bahan ini akan bekerja setiap dicampur ke dalam pakan bebek peking untuk makanan sehari-hari. Bebek peking yang Dulur beri pakan dengan tambahan suplemen ini akan terpenuhi nutrisinya dengan vitamin, protein, mineral, dan asam lemak.

Manfaat menggunakan suplemen ini sudah terbukti untuk meningkatkan produktivitas hewan ternak termasuk budidaya bebek peking. Penggunaan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan dapat memberikan nutrisi yang cukup pada bebek peking.

Tidak hanya itu saja, khasiat produk ini juga mampu mencegah hewan ternak terserang dari berbagai macam virus, bakteri, maupun penyakit. Sebab, kandungan produk ini memiliki komposisi bahan alami, premium, dan ramah lingkungan.

Selain itu, beberapa manfaat lain yang bisa Dulur peroleh dari suplemen ini juga sangat bagus untuk meningkatkan produktivitas budidaya ternak bebek peking. Beberapa manfaat tersebut adalah:

  • Mencegah hewan ternak terserang penyakit, bakteri, dan virus berbahaya.
  • Menstimulasi pembentukan imun yang dapat meningkatkan kesehatan bebek.
  • Meningkatkan nafsu makan bebek sehingga membantu fase pertumbuhan bekerja dengan cepat.
  • Memperbaiki sistem pencernaan agar pakan yang terserap bekerja dengan maksimal.
  • Meningkatkan bobot badan bebek dan produksi telur berkualitas tinggi.
  • Mengurangi bau tidak sedap pada kandang yang bisa menjadi sumber penyakit pada bebek.

Nah, sudah tahu kan manfaat dari menggunakan suplemen untuk pakan bebek peking Anda? Jika Anda masih bingung dalam proses pembuatan pakan ataupun pemberian suplemen ini, bisa konsultasi lebih dalam tentang budidaya ternak bebek peking. Klik tombol WhatsApp di bawah ini untuk menghubungi tim ahli secara langsung!