Pertanian

Rangkaian Pupuk untuk Singkong agar Berumbi Banyak dan Besar

Siapa bilang bertani singkong tak bisa bawa untung, Lur? Sebaliknya, membudidayakan singkong hingga kini masing menjanjikan nilai ekonomi yang menguntungkan. Apalagi kalau Dulur bisa memberikan perawatan dan pupuk yang tepat sebagai pembesar umbi singkong. Tentunya keuntungan yang akan diperoleh pun juga semakin besar.

Melansir dari Tribun Lampung, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji (11/9/23) merilis harga komoditi utama singkong di lampung mengalami kenaikan, yakni menjadi Rp 1.825 per kilogramnya. Sementara dari GoRiau menyebutkan bahwa harga singkong mencapai Rp 2 ribu per kilogramnya pada Kamis (21/9/2023). 

Nah, Dulur, meski terlihat bernilai kecil, akan tetapi 1 umbi singkong bisa mencapai 2-5 kilogram, loh. Bahkan dalam kasus unik, ada juga petani yang sempat memanen umbi singkong seberat 9 kilogram.

Terbayangkan bukan berapa harga jual untuk satu umbi singkong tersebut? Lantas keuntungan juga akan semakin besar, kalau berat semua umbi singkong yang Dulur panen nantinya seragam dan menghasilkan bentuk fisik yang berkualitas. Menggoda, bukan?

Selain menerapkan teknik budidaya yang tepat, sebagian besar mitra GDM menyebutkan bahwa keberhasilan budidaya mereka (apapun jenisnya) terletak dari perawatan yang petani berikan. 

Bentuk perawatan yang dimaksud bisa berupa memberikan pupuk pembesar umbi singkong organik. Penasaran apa saja rangkaian pupuk tersebut? Simak terus ulasannya berikut ini, ya!

Kebutuhan Nutrisi Tanaman Singkong agar Berumbi Banyak dan Besar

Sebelum membicarakan rangkaian pupuk yang tepat untuk tanaman singkong yang Anda budidayakan, Dulur juga harus tahu nutrisi seperti apa yang dibutuhkan tanaman agar tumbuh subur dan produktif.

Melansir dari laman Cybext Kementerian Pertanian jenis pupuk yang dibutuhkan oleh tanaman singkong umumnya mengandung unsur hara makro-mikro dalam jumlah banyak.

Unsur hara mikro yang penting bagi tanaman singkong antara lain; nitrogen (N), kalium (K), dan fosfor (P). Saat Anda bisa memenuhi kebutuhan tersebut, maka tanaman singkong akan tumbuh dengan baik dan mampu menghasilkan umbi yang banyak.

pupuk pembesar umbi singkong agar banyak (1)

Nah, ngomongin soal kebutuhan unsur hara pada tanaman, pupuk singkong dari GDM memiliki semua kandungan tersebut, loh. Bahkan, semua produk dari GDM juga memiliki kandungan pendukung lain seperti mineral, vitamin, dan berbagai jenis bakteri baik lain yang juga menguntungkan untuk tanaman.

Karenanya penggunaan rangkaian pupuk pembesar umbi singkong dari GDM secara rutin dan tepat dosisnya akan membantu membuat hasil panen meningkat, bobot umbi besar dan banyak, juga mencegah infeksi penyakit pada tanaman.

Lantas apa saja rangkaian produk GDM untuk singkong tersebut? Berikut penjelasannya lengkapnya, Dulur!

Rangkaian Pupuk Pembesar Umbi Singkong GDM

Menyirami tanaman secara teratur tidaklah cukup, ketika bertani singkong Dulur harus memastikan tanaman memperoleh asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk dapat bertumbuh dan berkembang secara optimal.

Rangkaian pupuk GDM untuk pembesar umbi singkong bisa menjawab kebutuhan tersebut. Karena produk kami memiliki kandungan vitamin, protein, mineral, dan bakteri baik yang dapat menyuburkan tanah, serta mendorong produktivitas tanaman.

Berikut ini rangkaian pupuk GDM untuk singkong yang dapat Dulur gunakan:

Pupuk Organik Cair (POC) Spesialis Tanaman Pangan

Terbuat dari 100% bahan alami yang menguntungkan untuk tanaman umbi-umbian, Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Pangan bisa Anda gunakan dalam merawat tanaman singkong.

Selain itu produk ini juga khusus dibuat untuk membuat tanaman pertanian dan perkebunan, dalam hal ini singkong, agar dapat tumbuh dengan maksimal dan menghasilkan umbi yang besar.

Ini karena kandungan dalam Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan mampu memperbanyak anakan umbi singkong, memenuhi kebutuhan nutrisi pada akar tanaman, sehingga dapat meningkatkan hasil panen.

Selain itu Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan ini juga memiliki berbagai jenis bakteri apatogen dalam komposisinya. Sehingga mampu membantu mencegah penularan penyakit juga mampu membantu meningkatkan daya tahan atau imunitas dari tanaman singkong. 

GDM SaMe Granule Bio Organik

Same-Bio-Granule-10

GDM SaMe Granule Bio Organik ini bisa juga Dulur gunakan sebagai pupuk dasar dan juga pupuk susulan saat budidaya singkong. Pupuk organik untuk tanah dari GDM ini sendiri memiliki kandungan yang didapat lewat ekstrak organik berkonsentrat tinggi, yang tentunya baik bagi pertumbuhan tanaman singkong. 

GDM SaMe Granule Bio Organik ini mampu mencegah adanya penularan atau infeksi penyakit pada tanaman singkong. Seperti penyakit tular tanah seperti pembusukan akar, pembusukan batang, jamur, dan lain sebagainya. 

Selain itu, memadukan GDM SaMe Granule Bio Organik dengan GDM Black BOS juga bisa membantu mengembalikan kualitas tanah yang rusak. Kedua produk GDM ini dapat memperbaiki kualitas tanah sehingga tanah kaya akan mineral dan juga unsur hara.

GDM Black BOS

GDM Black BOS, sama seperti GDM SaMe Granule Bio Organik, merupakan pupuk yang khusus dibuat untuk memperbaiki dan menutrisi tanah budidaya. 

Produk ini memiliki kandungan berupa bakteri premium, mineral, vitamin, dan berbagai bahan-bahan organik lainnya yang sangat menguntungkan. 

GDM Black BOS ini juga mampu mengurangi polutan dan juga logam berat yang ada di dalam tanah  tanam singkong. Jadi selain menjaga tanaman singkong agar tetap tumbuh dengan baik, GDM Black BOS ini sekaligus juga mampu mengurangi limbah polusi yang ada. 

Sehingga pertumbuhan tanaman singkong akan jadi lebih optimal, Anda juga akan memperoleh panen yang lebih banyak, dan berkualitas.

Dosis dan Cara Penggunaan Pupuk Pembesar Singkong

Agar memperoleh hasil maksimal dari penggunaan pupuk GDM pada tanaman singkong, Dulur perlu menerapkan cara dan dosis pemupukan yang tepat berikut ini:

Pemupukan Dasar

Proses pemupukan dasar adalah langkah memberikan pupuk pada media tanam atau lahan budidaya tanaman singkong. Proses ini dilakukan pada 7 hari sebelum proses tanam.

Dulur bisa mengkombinasikan GDM Black BOS dan SaMe Granule Bio Organik dengan dosis berikut ini:

  1. siapkan 150 kg GDM SaMe Granule Bio Organik untuk 1 hektar lahan tanam. Kemudian taburkan secara merata pada tanah.
  2. kemudian basahi tanah hingga benar-benar lembap.
  3. siapkan 5 kg GDM Black BOS untuk 1 hektar tanah. Campurkan produk ini ke dalam air sebelum digunakan dengan perbandingan 250ml produk/16 liter air.
  4. semprotkan larutan GDM Black BOS pada lahan budidaya yang basah tersebut secara merata.

Pemupukan Susulan I

Setelah pemupukan dasar prapenanaman, Dulur juga harus melakukan pemupukan rutin pada tanaman singkong. Pemupukan susulan I dapat Anda lakukan saat tanaman singkong berusia 1-8 Minggu Setelah Tanam (MST).  Berikut cara pemupukan susulan I tanaman singkong:

  1. siapkan 8 liter Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Pangan untuk tiap 1 hektar lahan budidaya singkong;
  2. siapkan tangki semprot/spray dengan volume 16-20 liter air;
  3. campurkan 500 ml pupuk ke dalam tangki semprot dan aduk hingga larut sempurna;
  4. semprotkan secara merata seluruh bagian tanaman, dari batang dan bawah daun tanaman;
  5. lakukan pemupukan sampai memenuhi dosis 8 liter/ha;
  6. ulangi pemupukan setiap 1 minggu sekali.

Pemupukan Susulan II

Selain pada tanaman, tanah budidaya juga memerlukan pemupukan susulan pada saat singkong berusia 9 Minggu Setelah Tanam (MST). Dalam hal ini, Dulur bisa memberikan GDM SaMe Granule Bio Organik dan GDM Black BOS dengan dosis berikut:

  1. siapkan 100 kg GDM SaMe Granule Bio Organik untuk 1 hektar lahan tanam. Kemudian taburkan secara merata pada tanah;
  2. kemudian basahi tanah hingga benar-benar lembap;
  3. siapkan 5 kg GDM Black BOS untuk 1 hektar tanah. Campurkan produk ini ke dalam air sebelum digunakan dengan perbandingan 250ml produk/16 liter air;
  4. semprotkan larutan GDM Black BOS pada lahan budidaya yang basah tersebut secara merata.
  5. ulangi pemupukan tiap 2 bulan sekali;

Pemupukan Susulan III

Pemupukan susulan ketiga dapat Dulur lakukan saat tanaman singkong berusia lebih dari 10 Minggu Setelah Tanam (MST). Gunakan Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Pangan dengan dosis berikut:

  1. siapkan 8 liter Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Pangan untuk tiap 1 hektar lahan budidaya singkong;
  2. siapkan tangki semprot/spray dengan volume 16-20 liter air;
  3. campurkan 500 ml pupuk ke dalam tangki semprot dan aduk hingga larut sempurna;
  4. semprotkan secara merata seluruh bagian tanaman, dari batang dan bawah daun tanaman;
  5. lakukan pemupukan sampai memenuhi dosis 8 liter/ha;
  6. ulangi pemupukan setiap 2 minggu sekali.

Keuntungan Menggunakan Pupuk Pembesar Umbi Singkong

Keuntungan yang bisa Anda peroleh dari menggunakan pupuk pembesar umbi singkong telah banyak kita singgung sebelumnya. Sebab dengan menggunakan pupuk organik dari GDM, Anda bisa mendapatkan hasil panen yang berkualitas dengan mudah. 

Juga bisa merawat tanaman singkong dengan lebih santai tentunya. Karena pupuk organik GDM mampu memperbaiki kondisi tanah dan meningkatkan imun dari tanaman singkong. 

Selain itu, pupuk organik GDM ini mampu mencegah terjangkitnya tumbuhan singkong dari penyakit menular tanah seperti pembusukan akar, jamur, dan lain sebagainya. 

Juga mampu membantu perbanyak dan memperbesar ukuran umbi singkong. Jadi tanaman singkong lebih produktif dan bisa menghasilkan hasil panen yang melimpah pula.

Bagaimana Dulur, apakah sudah percaya dan tertarik untuk menggunakan pupuk organik cair dari GDM untuk budidaya singkong? Atau ingin langsung berkonsultasi dengan tim ahli pertanian kami terlebih dahulu? Tak perlu risau, Anda  langsung menekan tombol yang ada di bawah ini ya, Lur!

author-avatar

About WAHYU NURWIJAYO, SP

Seorang profesional di Industri Pertanian dengan selalu menerapkan sistem keseimbangan ekologi agar budidaya pertanian berjalan efektif & efisien serta hasil produksi meningkat