Peternakan

Rekomendasi Vitamin untuk Sapi Perah agar Produktivitas Susu Lebih Optimal dan Berkualitas

Tahukah Dulur, bahwa kesehatan sapi perah berpengaruh besar pada produksi susu saat periode laktasi? Karenanya memberikan perawatan sedini mungkin sejak sapi dalam masa pertumbuhan sangatlah penting, misalnya dengan memberikan vitamin khusus sapi perah.

Melansir dari DKPP Provinsi Jawa Barat, menyebutkan bahwa produksi susu akan lebih optimal apabila sapi memiliki kondisi tubuh yang sehat, kaki kuat, dan perkembangan ambil yang baik, dan memiliki nafsu makan yang tinggi.

Sebab itu, periode perawatan atau pemeliharaan sapi perah menjadi poin yang harus menjadi perhatian para peternak. Selain memberikan pakan berkualitas dan menjaga sanitasi kandang dengan baik, Dulur juga sebaiknya memberikan asupan vitamin tambahan untuk sapi perah.

Lantas kebutuhan nutrisi apa sih yang perlu dipenuhi dalam perawatan sapi perah hingga mampu produksi susu berkualitas? Serta bagaimana cara pemberiannya yang tepat?

Sebelum menjawab pertanyaan itu, mari kita simak dulu bagaimana perkembangan bisnis ternak sapi perah di Indonesia berikut ini.

Peluang Usaha Ternak Sapi Perah

Meski tak semarak ternak sapi potong, namun beternak sapi perah rupanya memiliki peluang usaha yang cukup besar. Melansir dari Media Belitar, seorang peternak menyebutkan bahwa ia bisa memperoleh omset sebesar Rp 15 juta per bulannya.

Selain itu, melansir dari laman Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya juga menuturkan bahwa berbisnis sapi perah memiliki peluang yang besar. Karena baik produk mentah maupun olahannya mengalami peningkatan permintaan tiap tahunnya.

Lebih lanjut dikatakan juga bahwa berbisnis sapi perah lebih menguntungkan karena mendapatkan pedet (anak sapi) tiap tahun, serta dapat memproduksi susu segar rata-rata 15-18 liter per hari untuk per ekor sapi pada grade standar. 

Namun, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa kesehatan sapi berpengaruh besar pada produksi dan kualitas susu. 

Jumadi, peternak asal Blitar, menyebutkan bahwa untuk menghasilkan susu berkualitas ia harus mempertimbangkan beberapa aspek. Meliputi kualitas pakan sapi perah, kebersihan atau sanitasi kandang, hingga pemberian vitamin.

Nah, vitamin seperti apa yang bagus untuk merawat sapi perah yang Dulur ternak? 

Kebutuhan Nutrisi Sapi Perah agar Hasilkan Susu Berkualitas

Sebelum membicarakan mengenai jenis vitamin yang bisa Dulur berikan untuk sapi perah, ada baiknya untuk memahami bagaimana kebutuhan nutrisi hewan ternak ini terlebih dahulu.

Kebutuhan nutrisi sapi perah dapat kita ketahui melalui kalkulasi dari kebutuhan hidup pokok dan produksi susu (periode laktasi). Dulur bisa langsung menyimak tabel di bawah ini:

tabel kebutuhan nutrisi pakan sapi perah

Melalui tabel di atas, dapat kita ambil contoh kebutuhan nutrisi untuk hidup sapi perah dengan berat 400 kg, setidaknya membutuhkan pakan dengan kandungan energi metabolis (ME) sebesar 11.900 kkal 3,15 kg TDN, 373 gr protein, 15 gr kalsium, dan 13 gr phospor.

Nah, untuk dapat menghasilkan 1 kg susu dengan kadar lemak 3.0 persen, sapi perah setidaknya membutuhkan 1.070 kkal ME,  0,282 gr TDN, 77 gr protein, 2,5 gr kalsium, dan 1,70gr phospor.

Selain pada pakan, vitamin juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi sapi perah dan memberikan banyak manfaat lain. Vitamin yang bisa Anda gunakan adalah Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Peternakan. 

Mengapa harus GDM? Berikut penjelasannya:

Rekomendasi Vitamin untuk Sapi Perah dari GDM

SOC GDM

Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Peternakan adalah solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin pada ternak sapi perah Anda. Sebab produk ini memiliki komposisi terbaik yang terdiri dari bahan-bahan organik dan mengandung berbagai micronutrient penting bagi sapi perah.

Selain itu, Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Peternakan sudah melalui uji lab dan telah terbukti ampuh meningkatkan kesehatan serta produksi susu dari sapi perah Anda.

Produk ini memiliki kandungan mineral penting seperti fosfor (P), kalsium (Ca), nitrogen (N), dan banyak lainnya. Juga lengkap dengan berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, C, dan D, yang tak kalah baik untuk menjaga kesehatan dan kesuburan sapi perah.

Penggunaan produk ini secara teratur juga akan memberikan banyak keuntungan untuk ternak sapi perah Anda, yakni:

  1. memperlancar sistem pencernaan sapi perah,
  2. meningkatkan nafsu makan,
  3. meningkatkan daya tahan tubuh sapi perah terhadap serangan penyakit,
  4. dan mendorong produktivitas sapi perah secara optimal.

Bahan dalam Suplemen Organik untuk Sapi Perah GDM

kandungan dalam vitamin untuk kucing

Telah kita singgung sebelumnya, bahwa Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Peternakan mengandung banyak nutrisi terbaik untuk mendukung kesehatan ternak sapi perah. 

Berikut beberapa jenis bahan dalam Suplemen Organik Cair untuk Sapi Perah GDM:

Limbah Organik

Seperti namanya, Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Peternakan terbuat dari 100 persen bahan alami, yang tak hanya baik untuk sapi perah tapi juga untuk lingkungan.

Salah satu bahan organik yang dimaksud tersebut adalah limbah dari aktivitas pertanian, peternakan, dan perikanan yang diolah sedemikian rupa serta telah melalui berbagai uji coba laboratorium. Kandungan ini dapat memberikan banyak manfaat untuk merawat kesehatan tubuh sapi perah dan meningkatkan kualitas pakan yang Anda berikan.

Rumput Laut

Selain limbah organik, vitamin sapi perah GDM ini juga memiliki kandungan rumput laut pilihan dan berkualitas. Dari bahan inilah, kandungan vitamin dan mineral untuk sapi perah Anda terpenuhi.

Ekstrak rumput laut memiliki berbagai jenis nutrisi, baik itu vitamin maupun mineral, hingga mengandung protein, zat tepung, dan gula. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan energi harian sapi perah, meningkatkan kualitas pakan, dan berperan penting dalam pembesaran sapi perah.

Minyak Hewani

Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Peternakan ini juga mengandung minyak hewani dengan mineral esensial yang tinggi. Fungsi utama dari kandungan minyak hewani adalah membantu mempercepat pertumbuhan sapi perah, meningkatkan sistem imun ternak, sehingga tak mudah terserang penyakit.

Tak cuma itu, keberadaan bahan ini dalam produk vitamin untuk sapi perah GDM ini juga sangat baik untuk bekerja sebagai antijamur, antibakteri, dan antivirus, loh.

Alga

Selanjutnya dalam produk vitamin untuk sapi perah GDM terdapat kandungan alga atau ganggang laut. Bahan ini juga memiliki berbagai nutrisi penting seperti mineral, vitamin A, dan vitamin E.

Fungsi utama adanya ekstrak alga adalah dapat memberikan banyak manfaat untuk merawat kesehatan sapi perah, khususnya dengan meningkatkan kualitas pakan dan bekerja sebagai antibiotik alami.

Bakteri Premium

Selanjutnya, produk ini juga memiliki bakteri premium yang tak kalah baiknya dalam perawatan sapi perah. Keberadaan bakteri ini dapat membantu mendorong pertumbuhan dan pembesaran pada sapi perah.

Beberapa jenis bakteri premium yang ada dalam produk Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Peternakan adalah:

  1. Bacillus Brevis,
  2. Bacillus Pumilus,
  3. Pseudomonas Alcaligenes,
  4. Bacillus Mycoides,
  5. serta Micrococcus Roseus,

Dosis dan Cara Penggunaan Vitamin untuk Sapi Perah

Nah, dulur untuk mendapatkan manfaat optimal dari vitamin GDM untuk sapi perah ini, sangat penting untuk memperhatikan dosis dan waktu pemberiannya yang tepat. Berikut penjelasan lengkapnya:

  1. Siapkan Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Peternakan secukupnya, baik berukuran 1 lt, 2 lt, maupun 5 lt. Sesuaikan dengan kebutuhan dan banyaknya jumlah ternak sapi perah milik Anda.
  2. Campurkan 10 ml Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Peternakan pada air minum air minum atau combor sapi. 
  3. Ulangi pemberian vitamin menggunakan produk GDM ini pada sapi perah milik Anda sehari sekali, pagi atau sore.

Manfaat Pemberian Vitamin untuk Sapi Perah GDM

Sebelumnya, telah banyak disebutkan bahwa Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Peternakan sudah melalui banyak uji coba, termasuk pada sapi perah secara langsung.

Berdasarkan hasil uji coba pemberian produk secara rutin terdapat berbagai manfaat yang diperoleh, yakni:

  1. meningkatkan jumlah produksi susu, yakni sebanyak 0,5 liter/hari/ekor sapi.
  2. pengaplikasian produk GDM juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan sapi perah,
  3. dapat mengurangi bau kotoran dalam kandang ternak sapi perah,
  4. dan mampu memberikan peningkatan keuntungan sebesar 72%. 

Dulur bisa menyimak langsung laporan penggunaan vitamin sapi perah GDM dengan klik di sini.

Setelah membaca uraian mengenai vitamin sapi perah di atas, apakah Dulur berminat menggunakan Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Peternakan ke dalam perawatan sapi perah Anda?

Selain memperoleh keuntungan langsung pada sapi perah, lewat langganan produk GDM Anda juga bisa terhubung dengan tim ahli peternakan kami, loh. Dengan demikian Anda bisa berkonsultasi langsung mengenai kendala beternak sapi perah dan berbagai masalah budidaya lainnya.

Cara memesan produk kami dan berdiskusi langsung dengan tim ahli kami juga mudah, loh. Dulur bisa langsung klik tombol di bawah ini: