Tanaman Buah, Perkebunan

Rangkaian Pupuk untuk Timun Suri yang Bagus agar Berbuah Lebat

Timun suri merupakan salah satu tanaman buah yang cukup mudah dibudidayakan dan cocok dengan iklim tropis Indonesia. Meski begitu, untuk dapat menghasilkan panen berkualitas, Dulur perlu memberikan pupuk khusus dalam perawatan tanaman timun suri.

Agar dapat tumbuh secara maksimal dan menghasilkan buah yang besar, tanaman timun suri memerlukan asupan nutrisi serta zat hara yang cukup. Memang secara alami unsur-unsur ini tersedia dalam tanah, namun pada kondisi lingkungan sekarang Anda tak bisa mengandalkan “hal yang tersedia secara alami” ini begitu saja.

Karenanya Anda perlu memilih produk pupuk untuk timun suri yang bagus, sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman untuk bertumbuh dan berbuah. 

Pupuk GDM untuk tanaman timun suri bisa jadi pilihan ideal untuk Anda. Nggak percaya? Mari simak bagaimana kata mitra kami berikut ini:

Penggunaan Pupuk GDM pada Tanaman Timun Suri

Mitra kami, Dedi Iskandar di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, telah menggunakan produk Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Buah pada tanaman timun suri.

Beliau menuturkan bahwa hasil penggunaan produk GDM tersebut cukup memuaskan. Pak Iskandar menjelaskan bahwa panen timun suri miliknya menghasilkan buah yang segar dan tak gampang busuk, daging buah yang padat, dan memiliki rasa yang manis.

Pak Iskandar juga menuturkan penggunaan produk GDM tersebut selama lima tahun. Hingga kini ia pun mengaplikasikan Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Buah pada tanaman buah lainnya yang ia miliki.

Ingin tahu lebih lanjut testimoni Pak Dedi soal produk GDM? Simak videonya di bawah:

Rekomendasi Produk Pupuk Timun Suri agar Berbuah Lebat

Berikut ini rekomendasi rangkaian pupuk untuk timun suri dari GDM yang bisa Anda coba:

Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Buah

Rangkaian pupuk untuk buah timun suri pertama adalah Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Buah. Produk ini terbuat dari bahan-bahan terbaik, seperti bakteri premium, ekstrak alga, ekstrak rumput laut, dan banyak lainnya. Sehingga mampu melengkapi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tanaman timun suri untuk berkembang.

Selain itu penggunaan Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Buah secara teratur juga akan membantu meningkatkan imunitas tanaman, mendorong pertumbuhan dan pembungaan, serta dapat meningkatkan bobot buah dan ketebalan buah.

GDM Black Bos

GDM Black Bos merupakan stimulan organik yang mengandung 4 bakteri premium yang baik bagi lahan tanam tanaman timun suri. Bakterinya membantu menyuburkan dan menggemburkan tanah sehingga memaksimalkan penyerapan nutrisi oleh tanaman timun suri. 

Selanjutnya, Dulur juga bisa menggunakan GDM Black Bos dalam membudidayakan dan merawat tanaman timun suri. Stimulan organik ini mengandung bahan-bahan terbaik yang dapat memberikan banyak keuntungan pada lahan budidaya dan tanaman timun suri.

Beberapa manfaat penggunaan GDM Black BOS saat budidaya timun suri adalah:

  1. membantu memperkaya nutrisi dan unsur hara pada lahan budidaya,
  2. menunjang perkembangan akar tanaman timun suri,
  3. sebagai agen biodegradasi polutan yang ada dalam tanah budidaya,
  4. dan meningkatkan daya tahan tanaman terhadap penularan penyakit.

GDM SaMe Granule Bio Organik

Same-Bio-Granule-10

GDM SaMe Granule Bio Organik memiliki rangkaian bakteri premium yang telah teruji memiliki banyak fungsi terbaik untuk memaksimalkan hasil panen timun suri. Produk ini dapat bekerja optimal bila Dulur menggunakannya bersamaan dengan GDM Black BOS pada tanah budidaya timun suri.

Penambahan GDM SaMe Granule Bio Organik ini dapat melengkapi kebutuhan nutrisi dan menunjang pertumbuhan tanaman timun suri. Terpenuhinya nutrisi pada tanaman timun suri akan merangsang pertumbuhan bunga, sehingga buah akan tumbuh lebih cepat.

Selain itu, ketika mengombinasikannya dengan GDM Black Bos, kedua pupuk organik ini akan meningkatkan hasil panen buah timun suri dan memberikan keuntungan berlipat-lipat pada Anda.

Ini karena GDM SaMe Granule Bio Organik tak hanya mengandung berbagai jenis premium berfungsi ganda. Melainkan, juga unsur hara makro dan mikro yang dapat menutrisi tanaman timun suri.

Selain itu, kandungan baik dalam pupuk untuk tanaman timun suri GDM ini mampu menghasilkan enzim, hormon, dan antibiotik alami untuk meningkatkan pertumbuhan, produktivitas dan imunitas tanaman timun suri.

Dosis dan Cara Penggunaan Pupuk untuk Tanaman Timun Suri yang Tepat

cara budidaya timun suri 2

Selain memilih produk yang tepat, agar kebutuhan nutrisi tanaman timun suri terpenuhi, penting bagi Anda memperhatikan dosis pemberian pupuk yang tepat. Karena pada tiap usia tanaman tentu kebutuhannya juga berbeda-beda.

Memberikan pupuk secara berlebihan juga berkemungkinan membuat tanaman susah tumbuh, namun memberikannya dalam jumlah sedikit juga akan mengurangi efeknya.

Nah, agar tak keliru, Dulur bisa langsung menyimak dosis dan cara penggunaan pupuk untuk tanaman timun suri yang tepat berikut ini:

Pemupukan Dasar

Tak hanya dalam masa perawatan, pemberian pupuk haruslah mulai Anda lakukan di masa persiapan lahan. Nah, pemberian pupuk di masa persiapan atau pengolahan ini dikenal dengan nama pemupukan dasar.

Karena fokus utamanya adalah pada kesuburan dan kegemburan tanah, Dulur bisa menggunakan dua produk GDM, yakni GDM SaMe Granule Bio Organik dan GDM Black BOS.

Berikut cara penggunaan kedua pupuk tanah budidaya timun suri tersebut:

  1. Siapkan GDM SaMe Granule Bio Organik sebanyak 150 kilogram untuk 1 hektar lahan budidaya timun suri. Anda dapat menyesuaikan dan mengakumulasi jumlah kebutuhan produk sesuai dengan luas lahan.
  2. Taburkan secara merata GDM SaMe Granule Bio Organik di lahan budidaya.
  3. Kemudian basahi lahan dengan air bersuhu normal.
  4. Siapkan 5 kilogram GDM Black BOS untuk 1 hektar lahan budidaya. Kemudian campurkan dalam air bersuhu normal dengan dosis, 250 ml produk per 16–20 liter air.
  5. Semprotkan larutan GDM Black BOS di area bedengan lahan budidaya timun suri secara merata.
  6. Pemupukan dasar ini harus Anda lakukan 7 hari sebelum proses penanaman.

Pemupukan Rutin Tanaman Timun Suri

Pada masa perawatan tanaman timun suri pemberian pupuk sangatlah penting. Sebab pada masa ini tanaman akan mulai mengalami fase pertumbuhan, pembungaan, hingga akhirnya pembuahan.

Nah, untuk merawat tanaman timun suri, Anda bisa menggunakan Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Buah dengan dosis berikut:

  1. Siapkan 8 liter Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Buah untuk 1 hektar lahan budidaya, dosis ini hanya untuk satu waktu pemupukan.
  2. Siapkan tangki semprot dan air secukupnya.
  3. Larutkan Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Buah dalam air menggunakan perbandingan, 500 ml produk/ 16–20 liter air.
  4. Semprotkan larutan pada tanaman timun suri, khususnya pada area bawah daun dan batang tanaman.
  5. Pada saat tanaman mencapai usia tanam 0-30 hari, lakukan pemupukan setiap minggu sekali. Sementara saat tanaman mencapai usia tanam 30+ hari, kurangi interval pemupukan jadi 2 minggu sekali saja.

Pemupukan Susulan pada Tanah

Selain pada tanaman, Dulur juga harus melakukan pemupukan susulan pada lahan budidaya. Hal ini untuk memelihara kesuburan tanah, serta meningkatkan keberadaan nutrisi dan zat hara yang ada.

Dulur bisa melakukan pemupukan susulan pada tanah ini saat tanaman mencapai usia tanam 30 hari, dengan dua produk GDM di bawah ini:

  1. Siapkan GDM SaMe Granule Bio Organik sebanyak 150 kilogram untuk 1 hektar lahan budidaya timun suri. Anda dapat menyesuaikan dan mengakumulasi jumlah kebutuhan produk sesuai dengan luas lahan.
  2. Taburkan secara merata GDM SaMe Granule Bio Organik di atas bedengan.
  3. Kemudian basahi lahan dengan air bersuhu normal.
  4. Siapkan 5 kilogram GDM Black BOS untuk 1 hektar lahan budidaya. Kemudian campurkan dalam air bersuhu normal dengan dosis, 250 ml produk per 16–20 liter air.
  5. Semprotkan larutan GDM Black BOS di area perakaran tanaman timun suri secara merata.

Keuntungan Menggunakan Rangkaian Pupuk untuk Timun Suri yang Bagus

Nah, Dulur itu adalah penjelasan lengkap mengenai rekomendasi pupuk untuk tanaman timun suri yang bagus dan cara penggunaannya. Apakah kamu berminat menggunakan rangkaian produk GDM di atas?

Selain cukup mudah untuk Anda aplikasikan di rumah, rangkaian pupuk timun suri GDM ini juga akan memberikan banyak manfaat pada tanaman, seperti:

  1. membuat tanah budidaya jadi lebih subur, sehat, dan kaya zat hara,
  2. membantu mendorong munculnya hormon pertumbuhan pada tanaman timun suri,
  3. mempercepat proses pembungaan dan pembuahan pada tanaman timun suri,
  4. mengurangi risiko penularan penyakit tular tanah dan busuk buah, karena dapat membantu meningkatkan sistem imun tanaman,
  5. membantu membuat ukuran timun suri jadi lebih besar, berkulit tebal, dan menjadikan daging buah terasa kian manis.

Selain manfaat langsung pada tanaman timun suri di atas, berlangganan produk GDM dapat memberikan keuntungan tambahan pada Anda, yakni dapat langsung terhubung dengan tim ahli pertanian kami.

Tim ahli pertanian kami dapat membantu memberikan solusi ketika Anda mengonsultasikan berbagai masalah budidaya timun suri, ataupun tanaman buah yang Anda rawat. Selain itu, secara rutin kami juga menggelar webinar atau kelas pelatihan online, loh.

Penasaran? Anda bisa langsung klik tombol di bawah untuk membeli produk, konsultasi, atau daftar kelas pelatihan online dari GDM!

cta budidaya timun suri (1)
author-avatar

About WAHYU NURWIJAYO, SP

Seorang profesional di Industri Pertanian dengan selalu menerapkan sistem keseimbangan ekologi agar budidaya pertanian berjalan efektif & efisien serta hasil produksi meningkat