Perikanan

Probiotik Ikan Bawal agar Lebih Produktif dan Hasilkan Panen Berkualitas

Baru mulai budidaya ikan bawal sendiri, Lur? Jangan salah, selain menerapkan teknik budidaya yang tepat, Anda juga harus rutin merawat dan memberikan probiotik khusus ikan bawal. Mengapa begitu?

Sebelumnya, potensi usaha budidaya ikan bawal ini sangat menjanjikan untuk dicoba. Pasalnya ikan berdaging lezat ini juga sering diekspor ke berbagai negara seperti Singapura dan Malaysia.

Selain itu, ikan bawal sendiri bisa dengan mudah Anda budidayakan, baik lewat keramba jaring apun (KJA) atau di kolam terpal.

Nah, untuk membuat produktivitas ikan bawal ini jadi lebih maksimal dan menghasilkan panen berkualitas, Anda haruslah melakukan perawatan yang tepat. Misalnya dengan rutin memberikan probiotik untuk ikan bawal berikut ini:

Mengapa Perlu Probiotik Ikan Bawal GDM untuk Tingkatkan Hasil Panen?

Rekomendasi probiotik ikan bawal ini adalah Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Perikanan. Produk GDM ini memiliki berbagai macam kandungan terbaik yang dibutuhkan oleh ikan bawal. Serta memiliki bakteri apatogen yang dapat menguntungkan pertumbuhan dan pembesaran ikan bawal.

Sulemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan

Selain itu, masih ada banyak kandungan lain dalam Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Perikanan yang dapat memberikan banyak manfaat pada budidaya ikan bawal, yakni;

  1. Limbah organik: terdiri dari limbah peternakan, pertanian, serta perikanan yang dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan budidaya ikan bawal.
  2. Rumput laut: mengandung protein, vitamin, mineral esensial, dan berbagai nutrisi lain  yang bermanfaat untuk ikan bawal.
  3. Minyak hewani: memiliki kandungan mineral esensial dan vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan dan pembesaran ikan bawal.
  4. Alga: mengandung mineral esensial dan vitamin, yang dapat meningkatkan nilai nutrisi pada pakan ikan bawal, juga berperan sebagai antibiotik alami.
  5. Bakteri baik dan premium: yang mampu menunjang pertumbuhan ikan bawal secara optimal, memperbaiki kualitas air kolam, dan lainnya.

Semua kandungan dalam Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Perikanan ini dapat memberikan banyak keuntungan dan manfaat pada saat budidaya ikan bawal. Misalnya memunculkan keanekaragaman plankton yang menjadi pakan alami dalam kolam ikan bawal.

Dosis dan Cara Pemberian Probiotik untuk Ikan Bawal

Agar memperoleh manfaat maksimal dari probiotik GDM untuk ikan bawal, dulur perlu melengkapi penggunaan rangkaian produk GDM lainnya. Berikut penjelasan mengenai dosis dan cara pakai rangkaian probiotik ikan bawal yang tepat:

Persiapan Kolam Ikan

Nah, untuk Anda yang mau membudidayakan ikan bawal di kolam terpal, beton, maupun tanah, langkah ini sangatlah penting. 

Dalam mempersiapkan kolam budidaya, Anda bisa menggunakan dua produk GDM, yakni GDM SaMe Granule Bio Organik dan GDM Black BOS.

Berikut panduan menggunakan rangkaian probiotik ikan bawal untuk persiapan kolam:

  1. Isi kolam terpal yang telah dibersihkan dengan air hingga mencapai ketinggian 30 cm.
  2. Sebarkan secara merata GDM SaMe Granule Bio Organic dengan takaran 50 gr/m2
  3. Setelah itu, tuangkan GDM Black BOS ke dalam ember yang berisi air penuh. Usahakan untuk memenuhi takaran sebanyak 6 gr/m2.
  4. Aduk hingga campuran GDM Black BOS dan air menyatu, kemudian siramkan/kocorkan larutan ke seluruh permukaan air kolam.
  5. Setelah itu biarkan kolam terpal tersebut selama 5-10 hari, jangan tebar bibit ikan bawal dalam periode itu, ya.

Pemberian Suplemen untuk Ikan Bawal

Rangkaian probiotik ikan bawal selanjutnya adalah dengan memberikan Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Perikanan. Anda bisa langsung mengikuti panduan penggunaan produk GDM tersebut di bawah ini:

  1. Siapkan Suplemen Organik Cair GDM SPesialis Perikanan secukupnya.
  2. Tuangkan 6 ml Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Perikanan ke dalam 1 kg pakan ikan. 
  3. Kemudian tebarkan pakan tersebut secara merata.
  4. Aplikasikan Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Perikanan ini cukup satu kali sehari, khususnya pada pagi hari saja.

Pemberian Suplemen saat Mengganti Air Kolam

Nah, petunjuk penggunaan ini dapat Anda praktekkan kalau Anda membudidayakan ikan bawal di kolam terpal, beton, hingga tanah saja.

Gunakan produk Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Perikanan dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Kuraslah air kolam hingga hanya tersisa 1/3 bagian saja.
  2. Kemudian tambahkan air bersih kembali pada kolam budidaya hingga 100%.
  3. Siapkan air bersih sebanyak 2 liter dalam ember dan larutkan Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Perikanan secukupnya.
  4. Setelah tercampur merata, tuangkan larutan Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Perikanan tersebut ke dalam air kolam.
  5. Lakukan penggantian air dan pemberian suplemen ikan bawal ini secara rutin, yakni tiap 2 minggu sekali.

Sistem bioflok bisa meningkatkan kualitas hasil panen komoditas perikanan. Tak hanya itu, sistem bioflok juga menjadi sistem budidaya yang jauh lebih mudah untuk diterapkan. Untuk dulur yang tertarik mempelajari teknik budidaya yang satu ini, dulur bisa langsung aja gabung dengan meng-klik gambar di bawah ini.

Bioflok - Batch 15 - 1

Ada banyak sekali ilmu yang akan dulur pelajari dengan mengikuti pelatihan budidaya perikanan secara bioflok. Mulai dari persiapan, pengelolaan kolam, cara memaksimalkan hasil panen, serta teknik mengatasi masalah yang sering terjadi saat budidaya lele berlangsung. Tunggu apa lagi, segera daftarkan diri dengan klik disini.

Keuntungan Menggunakan Probiotik untuk Ikan Bawal

Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa dulur dapatkan ketika menggunakan probiotik untuk budidaya ikan bawal. Apa saja?

probiotik ikan bawal (1)

Panen Ikan bawal Jadi Lebih Cepat

Keuntungan pertama yang bisa dulur dapatkan dengan menggunakan probiotik ikan bawal adalah mempercepat datangnya masa panen. Ini karena, penggunaan Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Perikanan dapat meningkatkan keanekaragaman pakan dan membuat bawal jadi lebih lahap makan.

Lebih Irit Biaya Pakan Ikan bawal

Karena keanekaragaman pakan alami yang kian bertambah dan waktu panen yang datang lebih cepat, maka secara tak langsung dulur bisa mengurangi biaya perawatan dan pakan saat budidaya ikan bawal.

Terlebih, penggunaan rangkaian produk GDM di atas dapat membantu mendorong pertumbuhan pakan alami dalam kolam budidaya, juga memperbanyak jenisnya. Pakan alami, seperti plankton dan lumut, ini yang akan menjadi substitusi pakan untuk ikan bawal.

Meningkatkan Produksi Plankton dalam Kolam Ikan bawal

Telah kita bahas sebelumnya bahwa produk GDM bisa memperkaya dan mendorong pertumbuhan plankton di kolam ikan bawal. Hal ini terjadi karena adanya empat jenis bakteri baik dalam probiotik ikan bawal, yang mampu menjaga kualitas air kolam/tambak dalam kondisi terbaik.

Selain itu, keempat bakteri tersebut juga dapat menumbuhkan berbagai jenis pakan alami lain, di luar plankton, yang jadi alternatif makanan untuk ikan bawal.

Membantu Menjaga Kondisi Air Kolam

Manfaat menggunakan probiotik ikan bawal selanjutnya adalah membantu menjaga kondisi air. Seperti yang kita tahu, air merupakan habitat ikan bawal untuk bertumbuh dan berkembang, karenanya penting untuk memperhatikan kondisi dan kualitas air dalam kolam/tambak.

Berikan Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Perikanan secara berkala untuk menjaga dan memperbaiki kualitas air dalam kolam/tambak budidaya bawal.

Ikan bawal Tidak Mudah Terserang Penyakit

Agar menghasilkan panen bawal berkualitas, dulur harus memastikan ikan harus tumbuh dengan baik dan tidak terserang penyakit. Penggunaan probiotik ikan bawal ini dapat membantu meningkatkan sistem imun ikan.

Produk ini dapat merangsang pembentukan kekebalan tubuh pada ikan bawal. Sehingga meminimalisir kemungkinan infeksi hama penyakit yang dapat menghambat pertumbuhan ikan bawal  dan menyebabkan kematian dini.

Meningkatkan Nafsu Makan Ikan Bawal

Manfaat lain menggunakan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan adalah dapat membuat nafsu makan ikan bawal jadi lebih tinggi. Berkat kandungan bakteri micrococcus roseus di dalamnya, produk ini mampu memperlunak dinding sel dan meningkatkan metabolisme dalam usus pencernaan ikan bawal.

Nah, dulur itu adalah penjelasan mengenai probiotik ikan bawal, mulai dari potensi usahanya, testimoni penggunaan, keuntungan dan cara penggunaannya.

Setelah menyimak informasi tersebut, apakah dulur tertarik untuk menggunakan produk-produk GDM dalam usaha budidaya ikan bawal yang dulur kelola?

Langsung diskusikan kendala yang Anda alami saat membudidayakan ikan bawal pada tim ahli kami. Caranya mudah, klik tombol WhatsApp di bawah dan Anda akan terhubung dengan tim kami. 

Dengan GDM siapapun bisa panen!