Pertanian

Cara Mencegah Lalat Buah pada Cabai, Mudah dan Efektif

cara mencegah lalat buah pada cabai

Cara mencegah lalat buah pada cabai, apakah bisa? Tentu bisa! Lalat buah termasuk salah satu jenis hama yang sudah menjadi musuh para petani cabai. Maka dari itu, tidak mengherankan jika Dulur-Dulur menemukan buah cabai yang rontok dan membusuk sebelum waktunya. 

Secara ekonomis, lalat buah merugikan para petani buah dan sayur tropika. Sebab, hama ini dapat mengakibatkan produksi dan mutu buah menurun drastis. Bahkan, lalat buah dapat menyebabkan gagal panen. 

Serangan lalat buah pada cabai mungkin terlihat sepele, namun tetap saja perlu mendapatkan perhatian dan penanganan khusus. Di bawah ini terdapat informasi mengenai cara mencegah lalat buah pada cabai, yaitu:

Cara Mencegah Lalat Buah pada Cabai

Pencegahan serangan lalat buah pada cabai membutuhkan dengan langkah-langkah ramah lingkungan. Sebab, jika menggunakan produk kimia dapat mencemari buah cabai rawit dan membahayakan bagi konsumen. Maka dari itu penerapan teknik pengendalian hama yang efektif, efeksien, dan mudah menjadi hal yang sangat penting untuk petani di lapangan

Menerapkan cara mencegah lalat buah pada cabai yang baik membutuhkan dengan teknologi secara kultur teknis, pengendalian secara fisik/mekanik, pengendalian secara biologi, dan pengendalian secara kimiawi (hanya sebagai alternatif terakhir). Simak penjelasan lengkap cara mencegah lalat buah pada cabai dalam uraian berikut.

Pengendalian Secara Kultur Teknis

Pengendalian secara kultur teknis bertujuan untuk memutus daur hidup lalat buah. Sanitasi dilakukan dengan cara mengumpulkan buah yang busuk atau gugur kemudian melakukan pemusnahan, seperti pembakaran atau pemendaman di dalam lubang sampah berukuran 1 x 0,5 m hingga 1 x1 m di sekitar tanaman atau lingkungan kebun.

Pencegahan serangan lalat buah pada cabai dapat dilakukan dengan menggunakan perangkap lem kuning atau lem tikus bening yang dicampur dengan sedikit metyl eugenol untuk perangkap lalat buah dewasa. Kemudian, memasang mulsa plastik juga dapat mengurangi populasi lalat buah. 

Pengendalian secara Fisik atau Mekanis

Pencegahan serangan lalat buah pada cabai dapat dilakukan dengan menggunakan perangkap atraktan metyl eugenol/cue lure yang dipasang di dalam bekas air mineral untuk menangkap lalat jantan. 

Tambahkan sedikit air pada bagian dasar botol agar lalat buah akan mati karena terendam. Usahakan perangkap terpasang di bagian luar lahan atau di pinggir tanaman. Tujuannya, agar lalat jantan tidak terkumpul di bagian tengah tanaman.

Pengendalian Secara Biologi

Cara mencegah lalat buah pada cabai, yaitu dengan melepaskan predator lain (serangga jantan) yang sudah mandul. Telur hasil dari perkawinan dengan lalat betina mempunyai sifat steril, tidak menghasilkan keturunan. Pada akhirnya populasi lalat buah akan musnah.

Pengendalian Secara Kimiawi

Pengasapan (fogging) juga dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah serangan lalat buah pada cabai. Kepulan asap yang menyebar di kebun cabai dapat mengusir lalat buah. Selain itu, Anda juga dapat mencampurkan insektisida dengan zat penarik (atraktan) dan foodatraktan (tertarik dengan makanan).

cta cara mencegah lalat buah pada cabai 2

Gejala Serangan Lalat Buah pada Cabai

Sebelum menuju cara mencegah lalat buah pada cabai, alangkah lebih baik jika mengetahui gejala serangannya. Tanaman cabai yang terserang lalat buah akan memunculkan gejala, mulai dari bintik tusukan berwarna hitam bekas ovipositor lalat buah (mumtazaet) pada pangkal buah. 

Serangan lalat buah sering terjadi pada buah cabai yang masih hijau (muda).  Maka dari itu, Anda harus memahami cara mencegah lalat buah pada cabai. Sebab, jika serangan terjadi di pangkal buah, maka tangkai akan menguning dan gugur sebelum waktunya. 

Sedangkan serangan di ujung buah dan bagian tengah menyebabkan buah cabai menguning dan membusuk. Kemudian saat melakukan pembelahan buah cabai, maka Anda akan menemukan belang kecil atau larva lalat buah.

Cara Mengusir Lalat Buah pada Cabai dengan Bahan Alami

Cara mencegah lalat buah pada cabai dapat dilakukan dengan mengusir lalat buah pada cabai dengan bahan-bahan alami seperti cuka apel. Cuka apel dapat menarik perhatian lalat buah. Caranya, yaitu dengan menuangkan dua tutup botol cuka apel ke dalam wadah. 

Lalu masukkan beberapa potongan buah dan gunakan saringan di atas mangkuk. Gunakan karet gelang untuk menahan saringan. Setelah itu, lubangi plastik dengan tusuk gigi. Kemudian letakkan di area tanaman cabai yang ada banyak lalat buah hinggap.

Mengusir lalat buah pada cabai juga dapat dilakukan dengan menggunakan buah yang hampir busuk. Selain dapat mengurangi sampah rumah tangga, buah busuk juga dapat menarik perhatian lalat buah. 

Caranya, yaitu siapkan botol bir atau botol lainnya yang masih ada sisa sedikit air di dalamnya. Lalu potong buah dan masukkan ke dalam botol. Kemudian tutup botol dengan plastik dan ikat dengan karet gelang. Lubangi tutup plastik dengan tusuk gigi dan letakkan di area tanaman cabai yang banyak lalat buahnya.

Pemberian Pupuk Organik Cair GDM pada Tanaman Cabai

Cara mencegah lalat buah pada cabai dapat dilakukan dengan langkah pemberian pupuk organik cair GDM pada tanaman cabai. Pemberian pupuk organik cair termasuk bagian dari perawatan yang tidak boleh terlewatkan. 

Selain pupuk, para petani juga dapat menambahkan suplemen pelengkap dengan kualitas ganda. Suplemen bertujuan untuk memberikan asupan nutrisi yangs eimbang sehingga tanaman cabai akan kebal terhadap serangan hama apapun, terutama lalat buah pada cabai. Untuk itu, Dulur dapat mencoba 3 produk GDM di bawah ini.

Pupuk Organik Cair (POC) Spesialis Tanaman Sayur

Pupuk Organik Cair (POC) Spesialis Tanaman Pangan Sayur mempunyai formulasi khusus untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan biakan tanaman cabai, meningkatkan daya tahan tanaman cabai, mencegah tanaman cabai rontok, mencegah serangan hama atau penyakit, dan meningkatkan hasil produksi cabai.

Produk organik GDM ini dilengkapi dengan 7 bakteri baik yang membantu memberikan nutrisi bagi tanah dan tanaman selama proses pemupukan. Pupuk Organik Cair ini sangat cocok untuk digunakan di tanaman sayur, terutama cabai.

GDM Bio Organik Stimulan (Black Bos)

GDM Bio Organik Stimulan (Black Bos) mempunyai formulasi khusus sebagai suplemen organik dan stimulan bakteri apatogen yang mengandung konsentrat tinggi. Tujuannya, untuk membantu menguraikan limbah tanaman, mengembalikan kondisi tanah yang rusak, dan menyuburkan tanah.

Selain itu, GDM Black Bos juga dapat menjadi solusi cara mengatasi lalat buah pada cabai, mencegah layu tanaman, dan mengatasi masalah tanah dari logam berat.

GDM SaMe Granule Bio Organik 

GDM SaMe terbuat dari ekstrak organik yang memiliki tingkat konsentrat tinggi, unsur hara, mikro-makro yang lengkap berfungsi sebagai stimulan bakteri apatogen alami. Tujuannya, untuk meningkatkan kualitas tanah, mencegah penularan penyakit pada tanah, dan menyuburkan tanah. 

Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan 3 rangkaian produk GDM Organik yang terdiri dari Pupuk Organik Cair (POC) Spesialis Tanaman Sayur, GDM Black Bos, dan GDM SaMe. Hal ini dapat menjadi solusi terbaik untuk mencegah lalat buah pada cabai.

Nah, itulah informasi seputar cara mencegah lalat buah pada cabai. Jika ingin mengetahui lebih lanjut, mari konsultasikan permasalahan Dulur dengan tim ahli kami melalui klik tombol di bawah ini.

author-avatar

About WAHYU NURWIJAYO, SP

Seorang profesional di Industri Pertanian dengan selalu menerapkan sistem keseimbangan ekologi agar budidaya pertanian berjalan efektif & efisien serta hasil produksi meningkat