Perikanan

7 Penyebab Ikan Cupang Stres: Memahami Akar Masalah dan Solusinya

Sama halnya dengan manusia, ikan cupang juga berpotensi mengalami stress yang bisa menyebabkan kesehatan ikan menurun loh lur. Ikan cupang yang stress menunjukkan gejala atau tanda yang beragam. Anda perlu mengenali penyebab ikan cupang stres untuk mengurangi faktor kematian ikan. 

Sumber dari stress ikan cupang bisa disebabkan karena kondisi akuarium yang tidak sehat. Anda bisa mengecek penyebab ikan cupang stres dari beberapa hal seperti filter akuarium yang tidak berfungsi sampai kondisi tubuh ikan yang terkena parasit. 

Kenali juga tanda-tanda ikan cupang stress yang perlu Anda waspadai, mulai dari nafsu makan menurun dan adanya perubahan warna. Simak artikel dibawah ini untuk informasi selengkapnya. 

cta penyebab ikan cupang stres 1

7 Penyebab Ikan Cupang Stres

Memelihara ikan cupang tentu perlu memperhatikan penyebab ikan cupang stres yang kerap kali diabaikan. Dilansir dari Betta Care Fish Guide, stress pada ikan cupang juga muncul karena adanya pemicu hormon stress dalam tubuhnya. Maka Anda perlu mengenali sejumlah tandanya, antara lain: 

Waktu pergantian Air yang Tidak Tepat 

Stres pada ikan cupang, serta ikan hias pada umumnya, dapat muncul akibat air yang tidak berkualitas baik. Sebaiknya, penggemar hewan peliharaan harus menukar air akuariumnya setiap dua minggu sekali. Namun, jika air terlihat memburuk lebih cepat dari jadwal tersebut, Anda perlu segera gantilah air akuarium.

Pastikan bahwa kondisi air dalam akuarium cupang selalu dalam keadaan terbaik. Ketika menukar air, penting bagi penggemar hewan peliharaan untuk menggunakan jaring dengan lubang yang cukup kecil agar ikan cupang tidak terluka pada siripnya.

Air Akuarium yang Kotor 

Supaya ikan dalam akuarium merasa nyaman dan tidak mudah stres, penting untuk menjaga kebersihan dan kejernihan airnya. Kamu bisa juga mempertimbangkan untuk menambahkan daun ketapang, yang dapat membantu menjaga kebersihan habitat mereka.

Kurangnya Tempat Tersembunyi

Karena ikan cupang cenderung menyendiri, penting untuk menyediakan beberapa tempat persembunyian agar mereka bisa bersantai. Jika ikan cupang tidak memiliki waktu istirahat yang cukup dan selalu gelisah, maka bisa menyebabkan stres pada mereka. 

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menghias aquarium dengan cara yang membuat mereka merasa aman. Stres bisa terjadi bahkan ketika ikan cupang berada di dalam akuarium sendirian. Mereka selalu waspada akan adanya potensi predator yang mengancam, maka dengan memberikan tempat persembunyian, Anda dapat mengurangi tingkat stresnya.

Adanya Perubahan Suhu 

Penyebab ikan cupang stres yang satu ini perlu Anda perhatikan dengan baik. Ikan cupang tentu membutuhkan paparan sinar matahari yang cukup, asalkan tidak berlebihan, agar tidak mengubah suhu lingkungannya secara drastis yang dapat menyebabkan stres pada mereka. Waktu yang ideal untuk paparan sinar matahari adalah antara pukul 8 pagi hingga 10 pagi.

Banyaknya Sisa Makanan yang Mengendap 

Sebaiknya, pastikan memberi makan yang secukupnya pada ikan cupang agar tidak ada sisa makanan yang terendap di dasar akuarium. Hal ini dapat mencegah air menjadi keruh dan tidak jernih, sehingga ikan tidak merasa stres.

Satu Wadah dengan Ikan Lain

Lebih baik pisahkan ikan cupang Anda dari ikan lainnya karena mereka cenderung merasa terancam dan memiliki dorongan untuk bertarung, yang dapat menyebabkan stres. Maka dari itu, disarankan untuk memisahkan mereka dan tidak menempatkannya bersama-sama.

Adanya Luka atau Cedera Pada Ikan 

Hal lain yang bisa menyebabkan ikan stres adalah adanya luka atau cedera. Misalnya, saat melakukan penggantian air dan menggunakan jaring yang ukurannya terlalu besar sehingga bisa melukai sirip mereka.

Cara Mencegah Ikan Cupang Stres

Sebelumnya sudah dijabarkan beberapa penyebab ikan cupang stres yang bisa menyebabkan kematian ikan. selanjutnya Anda bisa melakukan tindakan pencegahan agar ikan cupang tidak mudah stress. 

Sering Mengganti Air Akuarium 

Salah satu faktor penyebab ikan cupang stres adalah air akuarium yang kotor. Nah, Anda perlu melakukan pergantian air akuarium untuk meredakan stress. Anda sebaiknya mengganti air akuarium sekali seminggu atau dua minggu tergantung pada ukurannya. 

Hal ini akan mengurangi tingkat amonia dan nitrat di dalam akuarium, sehingga lingkungan menjadi lebih baik untuk ikan cupang Anda. Dengan lingkungan yang lebih bersih, Anda dapat mencegah ikan cupang Anda mengalami stres dalam jangka panjang.

Gunakan Filter yang Baik

Selain rutin mengganti air, penting juga memiliki filter yang handal. Filter berperan menjaga kebersihan air akuarium ketika Anda tidak dapat membersihkannya secara langsung. Penggunaan filter lebih tidak mengganggu dibandingkan penggantian air, sehingga sangat membantu menjaga kesejahteraan ikan cupang Anda. Pastikan saja filter tersebut tidak menghasilkan aliran air yang terlalu kuat.

Pastikan Suhu Akuarium Baik 

Selain menjaga kebersihan air, penting juga mempertahankan suhu air tetap stabil. Bergantung pada ukuran akuarium, lokasinya di rumah, dan faktor lainnya, suhu air bisa saja berubah-ubah.

Perubahan suhu merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan stres pada ikan cupang. Bahkan, jika suhu turun secara tiba-tiba dan mencapai tingkat yang terlalu rendah, hal itu bisa sangat mengganggu bagi tubuh ikan cupang, bahkan sampai menyebabkan kematiannya.

Jangan Campurkan Beberapa Ikan ke Akuarium

Ikan cupang memiliki sifat agresif, oleh karena itu, hindari memasukkan ikan agresif lain ke dalam akuarium yang sama. Jika Anda melihat adanya perilaku agresif yang konsisten terhadap ikan cupang Anda, sebaiknya keluarkan ikan tersebut dari akuarium.

Meskipun ikan cupang Anda mungkin bertarung, namun tetap saja hal itu dapat menyebabkan stres. Begitu juga, jika Anda melihat ikan cupang terus-menerus menyerang ikan lainnya, untuk mencegah stres pada semua ikan, sebaiknya pindahkan ikan cupang tersebut ke aquarium lain.

Buatkan Ruang Tersembunyi 

Salah satu tindakan terbaik untuk mencegah  penyebab ikan cupang stres adalah dengan memberikan banyak ruang persembunyian. Ruang persembunyian memiliki peran yang penting dalam menjaga ikan cupang tetap tenang.

Dengan adanya tempat persembunyian, ikan cupang memiliki tempat untuk beristirahat tanpa khawatir akan diserang, juga memberikan rasa aman saat merasa stres.

cta penyebab ikan cupang stres

Panduan Memelihara Ikan Cupang agar Tidak Stres

Selain memperhatikan penyebab ikan cupang stres seperti yang tertulis di atas, Anda juga perlu menjaga kesehatan ikan cupang agar tetap sehat dengan pemberian suplemen yang cocok untuk ikan hias. 

Suplemen Organik Cair GDM bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang ingin menjaga daya tahan tubuh ikan. Lakukan panduan berikut ini untuk mencegah ikan cupang mudah stress dan sakit. 

Persiapan Akuarium 

Pada satu hari sebelum tebar, Anda bisa menggunakan sabun food grade, air dan kain lap untuk mempersiapkan akuarium. Caranya gunakan sabun food grade sebanyak 1 ml dan air secukupnya. 

Gosok pada permukaan akuarium hingga berbusa lalu bilas hingga bersih. Selanjutnya, jika akuarium siap Anda bisa tebar ikan cupang dalam akuarium.

Aplikasikan Suplemen 

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan Suplemen Organik Cair GDM ikan sebanyak 10 ml/kg pakan. Caranya semprotkan pada pakan ikan cupang dengan air secukupnya lalu diamkan 15 menit. Berikan SOC GDM seminggu sekali sebanyak 1 ml lalu siram secara merata. 

Kuras

Pada fase ini Anda cukup menggunakan sabun food grade sebanyak 1 ml untuk pembersihan akuarium. Lakukan 1 minggu sekali dengan aturan yang saat saat mempersiapkan akuarium. 

Suplemen Organik Cair (SOC) GDM untuk Ikan Cupang

penyebab ikan cupang stres 1

Untuk memaksimalkan agar ikan cupang agar tetap sehat dan memiliki daya tahan yang baik, Anda bisa menggunakan Suplemen Organik Cair dari GDM Spesialis Perikanan. Kegunaan suplemen ini bisa menjaga ikan cupang agar terhindar dari penyakit hingga mampu meningkatkan nafsu makan. 

Berikan nutrisi alami dan dukungan yang dibutuhkan ikan cupang untuk tumbuh dengan kuat dan berwarna indah dengan SOC GDM. Klik tombol di bawah ini untuk mendapatkan SOC GDM dan berkonsultasi secara gratis dengan tim kami jika masih bingung tentang cara penggunaannya!

cta penyebab ikan cupang stres 3