Perikanan

Apa Penyebab Sisik Nanas pada Ikan Cupang? Ini Solusinya

Ikan cupang atau betta splendens merupakan jenis ikan air tawar yang cukup populer. Namun sama halnya dengan hewan lainnya, ikan cupang juga rentan terhadap penyakit. Salah satunya sisik nanas. Anda perlu mengenali penyebab sisik nanas pada ikan cupang beserta gejalanya untuk mengetahui cara mengobati yang tepat. 

Penyakit ini termasuk jenis penyakit menular. Perut ikan cupang yang terkena sisik nanas akan membengkak dan sulit buang air besar. Beberapa kondisi bahkan membuat ikan cupang tampak seperti ikan buntal. 

Sebagai pecinta ikan hias, memahami jenis penyakit sisik nanas pada ikan cupang merupakan langkah awal mendapatkan ikan hias yang sehat. Pada artikel ini akan dijelaskan secara lengkap terkait penyebab dan cara mengobati penyakit sisik nanas pada ikan cupang. 

cta penyebab sisik nanas pada ikan cupang 1

Penyebab Sisik Nanas pada Ikan Cupang

Keberhasilan memelihara ikan cupang tidak hanya terletak pada perawatan hariannya saja, namun pemahaman terhadap penyebab sisik nanas pada ikan cupang yang bisa berpotensi menjadi masalah kesehatan juga perlu diperhatikan. 

Saat mendapati ikan cupang kesayangan Anda terkena penyakit sisik nanas, Anda perlu mengetahui penyebabnya. Sisik nanas pada ikan cupang adalah penyakit ikan nanas yang disebabkan karena adanya infeksi bakteri aeromonas atau dropsy. 

Gejala yang muncul adalah adanya lapisan lendir tebal yang berwarna putih pada tubuh serta kulit terlihat mengelupas menyerupai nanas. 

Infeksi bakteri aeromonas yang menjadi penyebab sisik nanas pada ikan cupang biasanya menyerang ginjal atau liver. Ikan cupang akan malas untuk makan dan lebih suka berdiam diri di dasar kolam jika terserang penyakit ini. 

Jika ikan cupang tidak dapat ditangani, resiko terbesarnya ikan hias Anda mengalami kematian karena sulitnya menerima asupan pakan. Salah satu cara agar ikan cupang tidak mudah terkena penyakit sisik nanas, yakni dengan melakukan karantina pada ikan. Dengan memilih ikan cupang yang terkena penyakit dan sehat maka Dulur sudah bisa menghindari penularan penyakit sisik nanas menyebar ke ikan lainnya. 

Tips Mengobati Penyakit Sisik Nanas pada Ikan Cupang

Setelah mengetahui penyebab sisik nanas pada ikan cupang, sekarang saatnya mengetahui bagaimana cara mengobati penyakit sisik nanas pada ikan cupang. Berikut cara mengobati yang bisa Anda terapkan dengan mudah. 

Buatkan Akuarium Baru

Langkah pertama adalah menyediakan akuarium baru untuk ikan cupang yang sakit. Ini bertujuan untuk mengkarantina ikan cupang yang terkena penyakit sisik nanas. Tambahkan beberapa tempat persembunyian agar ikan tidak stres, serta masukkan daun ketapang kering untuk membantu menjaga suhu air tetap stabil.

Ganti Air 

Berikutnya adalah mengganti air akuarium. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu penyebab ikan cupang terkena sisik nanas adalah air yang kotor. Jadi, pastikan untuk mengganti air yang tercemar. Tindakan ini juga bertujuan untuk mencegah penularan penyakit ke ikan cupang yang sehat. Jangan lupa untuk mencuci wadah akuarium setiap hari.

Bersihkan Kolam Secara Teratur 

Membersihkan kolam ikan cupang secara rutin sangat penting untuk proses penyembuhan. Pastikan kolam bebas dari kotoran, sisa makanan, dan benda-benda lain yang bisa mempengaruhi kualitas air. Gunakan filter dan pompa air untuk menjaga sirkulasi air di kolam tetap baik. Kolam yang sehat akan menentukan kualitas ikan cupang. 

Gunakan Antibiotik

Langkah selanjutnya dan cukup efektif adalah menggunakan antibiotik. Salah satu penyebab sisik nanas pada ikan cupang dikarenakan infeksi bakteri, maka cara mengatasi penyakit sisik nanas bisa dengan menggunakan obat biru atau obat lainnya yang khusus. Pastikan obat tersebut mampu membasmi jamur yang hidup di dalam akuarium.

Memindahkan Ikan Cupang yang Terinfeksi

Cara mengobati ikan cupang yang terkena sisik nanas adalah dengan memindahkan ikan yang terinfeksi ke tempat yang berbeda. Langkah ini dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit ke ikan cupang yang sehat. 

Proses karantina ini memungkinkan Anda memberikan perhatian penuh pada ikan yang sakit. Pastikan untuk membersihkan wadah secara menyeluruh sebelum memindahkan ikan yang terinfeksi.

Berikan Makanan yang Bernutrisi 

Makanan sehat dan bernutrisi baik untuk mempercepat proses rehabilitasi ikan cupang. Berikan makanan ikan premium dan pastikan makanan tersebut mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan. 

Pantau Kesehatan Ikan Cupang

Jangan lupa untuk terus memantau kondisi cupang secara rutin. Pemantauan berkala akan memberikan informasi tentang kesembuhan ikan dari penyakit sisik nanas. Tanda-tanda ikan cupang yang sehat kembali meliputi warna tubuh yang cerah, gerakan yang lincah, nafsu makan yang baik, dan badan ikan yang tidak lagi menggembung.

cta penyebab sisik nanas pada ikan cupang 2

Cara Merawat Ikan Cupang agar Terhindar dari Penyakit Sisik Nanas

Untuk menghindari penyebab sisik nanas pada ikan cupang seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Perlu adanya perawatan yang tepat agar ikan cupang terhindar dari sisik nanas. Menambahkan SOC GDM pada air akuarium bisa meningkatkan daya tahan ikan cupang. Berikut cara merawat ikan cupang dengan menggunakan SOC GDM. 

Persiapan Akuarium

Fase awal perawatan ikan cupang, Anda perlu mempersiapkan media akuarium seperti sabun food grades, air dan kain lap. Gunakan sabun sebanyak 1 ml lalu gosok pada permukaan akuarium hingga berbusa dan rata 

Lalu bilas dengan air bersih sampai kesat dan baunya hilang. Setelahnya, lap sampai kering. 

Tebar Ikan 

Setelah media sudah dicuci, Anda bisa mulai tebar ikan cupang pada akuarium bersamaan dengan air bersih. Lakukan penebaran ikan cupang dengan hati-hati agar tidak stres dan terluka. 

Aplikasikan Suplemen 

Selanjutnya, pemberian Suplemen Organik Cair pada pakan ikan cupang. Gunakan 10 ml/kg pakan. Tambahkan air secukupnya lalu semprot secara merata pada pakan lalu diamkan selama 15 menit. 

Selanjutnya, jika ikan hias sudah semakin tumbuh besar, gunakan SOC GDM Ikan dengan intensitas yang lebih sering. Berikan 1 ml pada air kolam dan siram secara merata. Berikan setiap 1 minggu sekali. 

Kuras

Jika akuarium sudah waktunya dikuras, maka lakukan pembersihan dengan menggunakan sabun food grade dengan dosis 1 ml. Cuci dan bersihkan akuarium seperti yang di awal tadi. 

Lakukan perawatan ini untuk menghindari penyebab sisik nanas pada ikan cupang semakin memburuk. Sebab penggunaan SOC bisa meningkatkan kesehatan ikan cupang. 

penyebab sisik nanas pada ikan cupang 1

Kegunaan Pemberian Suplemen Organik Cair (SOC) GDM untuk Ikan Cupang

Suplemen Organik Cair yang mengandung unsur mineral untuk ikan hias sangat baik untuk meningkatkan kualitas air kolam, meningkatkan keanekaragam plankton hingga menjaga kekebalan tubuh ikan cupang. Bahan-bahan yang digunakan seperti bahan limbah organik baru, algae, minyak hewani hingga rumput laut bisa menghindari dari sumber-sumber penyakit. 

Nah, setelah Anda mengenali penyebab sisik nanas pada ikan cupang dan cara perawatannya dengan menggunakan produk SOC Spesialis Perikanan dari GDM. Anda juga bisa mengkonsultasikan berbagai cara budidaya ikan hias dan perawatannya bersama tim ahli GDM kami secara gratis dengan menekan klik tombol WhatsApp di bawah ini!

cta penyebab sisik nanas pada ikan cupang 3