Tanaman Buah

4 Manfaat Pupuk Booster Buah untuk Kebun yang Sukses

manfaat pupuk booster buah

Dalam budidaya tanaman buah, pemupukan merupakan salah satu tahapan pemeliharaan yang dapat meningkatkan hasil panen. Menjadi salah satu rekomendasi suplemen tanah, manfaat pupuk booster buah sangat beragam.

Menurut penelitian, manfaat pupuk booster buah dapat mendukung pertumbuhan jaringan akar sekaligus meningkatkan produktivitas sehingga masa panen datang lebih cepat. Khasiat ini bisa didapatkan jika pemilihan jenis pupuk sudah tepat.

Cara untuk memilih jenis pupuk yang baik untuk tanaman buah adalah dengan memperhatikan komposisinya. Untuk memahami manfaat pupuk booster buah serta rekomendasi produknya, simak informasi di bawah ini. 

Mengenal Pupuk Booster Buah

Membahas mengenai manfaat pupuk booster buah, suplemen tanah ini sudah dibuktikan mampu mendukung pertumbuhan tanaman. Menurut penelitian, perubahan signifikan dalam masa tumbuh kembang terjadi jika diberikan pupuk booster.

Pupuk booster buah merupakan jenis suplemen tanah yang diberikan saat tanaman telah memasuki masa pemeliharaan. Penggunaannya bisa untuk berbagai macam buah seperti kelengkeng, alpukat, apel hingga buah naga.

Berbeda dengan jenis pupuk lain, pupuk bosster memiliki nutrisi khusus seperti unsur hara yang lebih tinggi dan vitamin tambahan lain. Maka dari itu, tidak heran jika suplemen tanah ini mampu mempercepat tumbuhnya bunga sehingga masa pembuahan optimal. 

Pupuk booster buah memiliki tekstur cair dan padat. Pada umumnya, tipe yang paling diminati oleh para petani adalah pupuk cair sebab dapat diaplikasikan langsung ke tanaman serta mudah menyerap.

Namun, bukan berarti jenis pupuk booster lain tidak digunakan oleh petani. Biasanya, pupuk padat diberikan saat pengolahan tanah dengan cara ditaburkan untuk mendukung pembentukan unsur hara.

Penggunaan pupuk booster buah menjadi salah satu rutinitas dalam industri buah. Hal ini disebabkan, produktivitas tanaman bisa didukung secara alami sehingga mampu memenuhi permintaan pasar lokal hingga internasional. 

Para petani buah yang ingin meningkatkan kualitas dan jumlah panen juga berlomba-lomba menggunakan jenis pupuk booster terbaik. Hasilnya, masa panen tiba datang dengan cepat dan keuntungan menjadi melimpah.

Namun, untuk menemukan jenis pupuk booster buah kualitas unggul, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan seperti komposisi, dosis serta interval waktu pemberian. Melalui informasi berikut, Anda bisa mengetahui merk suplemen tanah mana yang paling cocok.

Selain mengetahui informasi perihal jenis pupuk booster buah, Anda juga perlu melakukan pengecekan terhadap kondisi tanah budidaya, tanaman serta lingkungan tanam. Langkah ini bertujuan untuk menemukan merk suplemen yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Apabila Anda adalah petani buah yang baru ingin memulai menggunakan suplemen tanah ini, maka sebaiknya berikan beberapa waktu untuk melakukan uji coba terhadap manfaat pupuk booster buah pada tanaman budidaya.

Uji coba pupuk booster buah bertujuan untuk menilai ketepatan kandungan nutrisi serta efeknya pada pertumbuhan tanaman. Pada tahap ini, Anda tidak perlu memberikan dosis terlalu banyak karena akan ada masa penyesuaian. 



4 Manfaat Pupuk Booster Buah

Setelah mengenal apa itu pupuk booster buah dan kedua bentuknya, kini Anda semakin tertarik untuk mulai menggunakan suplemen tanah ini, bukan? Namun, sebelum memberikannya, sebaiknya ketahui manfaat pupuk booster buah terlebih dulu.

Seperti di pembahasan sebelumnya, manfaat pupuk booster buah dapat meningkatkan produktivitas tanaman. Tidak hanya itu, ada beberapa khasiat lain yang bisa menjaga kelangsungan proses budidaya. Untuk informasi lengkapnya, simak penjelasan berikut. 

Memperbaiki Kesehatan Tanah

Manfaat pupuk booster buah yang dapat didapatkan dalam masa pra tanam adalah memperbaiki kualitas unsur hara tanah. Dengan kandungan ini, kesehatan lahan budidaya lebih optimal sehingga siap untuk ditanami biji buah.

Selain kesehatan tanah, manfaat pupuk booster buah lain yaitu memperbaiki struktur lahan budidaya. Apabila Anda ingin menanam tanaman buah di wilayah gersang maka penggunaan jenis suplemen tanah ini sangat direkomendasikan. 

Baca juga: “7 Tanaman Buah dalam Pot yang Cepat Berbuah dan Mudah

Mendukung Pertumbuhan Jaringan Akar

Ketika kesehatan tanah sudah optimal maka manfaat pupuk booster buah juga akan dirasakan oleh akar. Pertumbuhan jaringan akar merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan oleh petani.

Hal ini disebabkan, jaringan akar yang lemah akan memberikan beberapa efek seperti kurang optimalnya penyerapan nutrisi serta air dan berujung pada kegagalan budidaya. Terlebih jika area budidaya Anda cenderung gersang dan memiliki curah hujan rendah.

Dengan menggunakan pupuk booster buah, Anda dapat menyediakan nutrisi yang berguna untuk pertumbuhan akar. Selain itu, ketika jaringan akar terbentuk, penyerapan kadar air juga akan berlangsung dengan maksimal.  

Mempercepat Keluarnya Bunga

Manfaat pupuk booster pada jaringan akar memudahkan penyerapan nutrisi tanaman buah sehingga dapat mendukung keluarnya daun, tunas dan bunga. Bunga ini yang menjadi calon buah.

Pertumbuhan bunga yang rimbun menandakan produktivitas tanaman sudah mencapi tingkat optimal. Apabila digunakan secara rutin, pupuk booster buah bisa mempercepat masa panen.

Menjaga Kesuburan Tanaman

Selain memelihara tanaman dari dalam, manfaat pupuk booster buah juga mampu mencegah penyakit yang datang dari infeksi bakteri maupun serangan hama. Hal ini disebabkan, kandungan nutrisinya lengkap sehingga daya tahan tanaman menjadi lebih kuat. 

Baca juga: “Cara Budidaya Buah Naga yang Cepat Berbuah & Anti Penyakit

Rekomendasi Pupuk Booster Buah

Terdapat beberapa kriteria untuk memilih jenis pupuk booster buah yang tepat seperti kandungan unsur hara mikro dan makro, vitamin dan mineral serta bakteri premium. Selain itu, anjuran dosis serta interval waktu penggunaan juga perlu diperhatikan.

Rekomendasi pupuk booster buah yang dapat Anda gunakan adalah salah satu dari produk GDM yaitu Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Buah. Telah digunakan oleh banyak petani buah profesional, suplemen tanah ini terbukti memberikan khasiat melimpah.

POC GDM Spesialis Tanaman Buah memiliki komposisi lengkap seperti unsur hara makro dan mikro serta vitamin pH, N Organik, N Total, Total P₂O₅, total K₂O, Fe, Mn, Cu, Zn, B, Co, dan Mo. Kandungan ini dapat mencukupi tumbuh kembang tanaman buah. 

Selain dibuat dari 100% bahan organik berkualitas, POC GDM Spesialis Tanaman Buah mampu meningkatkan ketebalan kulit serta bobot buah, menghasilkan buah manis serta menjaga rimbunnya bunga. Pupuk ini juga bisa mencegah penyakit layu fusarium dan layu bakteri.

Tidak hanya itu, penggunaan POC GDM Spesialis Tanaman Buah secara rutin juga memperkuat proses metabolisme buah sehingga kualitasnya akan terus membaik di setiap masa panen. Pupuk ini bisa diberikan pada semua jenis buah.


Pupuk Organik Cair GDM
Spesialis Buah

  • Menyediakan Nutrisi Lengkap untuk Tanaman
  • Meningkatkan Kesuburan Tanah
  • Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Hasil Panen
  • Mencegah Serangan Penyakit
  • Mengurangi Ketergantungan pada Pupuk Kimia

Dapatkan Pupuk Booster Buah dengan Harga Spesial Sekarang Juga!

Setelah mengetahui manfaat pupuk booster buah di atas, kini Anda tidak perlu ragu untuk mulai menggunakannya secara rutin di lahan budidaya. Namun yang perlu diperhatikan adalah pemilihan jenis serta komposisinya agar menghasilkan efek baik di jangka panjang.

Anda bisa menggunakan POC GDM Spesialis Tanaman Buah sebagai pupuk booster pertama bagi tanaman buah. Komposisinya yang berkualitas unggul, dosis tepat serta terdapat panduan penggunaan sesuai masa pertumbuhan buah.

Dengan kandungan lengkap dan telah dipercaya oleh petani profesional, Anda tidak perlu khawatir tentang efek samping penggunaan POC GDM Spesialis Tanaman Buah. Untuk mendapatkan khasiat maksimal jangan lupa untuk senantiasa mengikuti anjuran dosis.

Demikian penjelasan mengenai manfaat pupuk booster buah untuk lahan budidaya Anda. Untuk mendapatkan POC GDM Spesialis Tanaman Buah, klik tombol di bawah ini. 



author-avatar

About WAHYU NURWIJAYO, SP

Seorang profesional di Industri Pertanian dengan selalu menerapkan sistem keseimbangan ekologi agar budidaya pertanian berjalan efektif & efisien serta hasil produksi meningkat