Cara Menanam Melon Terbukti Menghasilkan Panen Berlimpah

Cara Menanam Melon Terbukti Menghasilkan Panen Berlimpah

Tanaman melon (Cucumis melo) merupakan tanaman yang tumbuh merambat dan bila tidak ada penopang tanaman akan tumbuh menjalar. Melon termasuk dalam famili Cucurbitaceae. Buahnya yang manis dan segar banyak disukai mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, bisa dimakan langsung maupun bisa juga untuk dibuat sebagai makanan/minuman olahan lain seperti rujak, salat buah, jus dan lain-lain.

1. Syarat Tumbuh Tanaman Buah Melon

Tanaman melon akan tumbuh optimum pada suhu 25°-30°C dan curah hujan antara 1500-2500 mm/tahun. Ketinggian tempat akan berpengaruh terhadap rasa dan tekstur daging buah. Melon yang ditanam pada dataran menengah yaitu berkisar 200-900 dpl berpengaruh positif terhadap kualitas buah, seperti daging buah tebal, tekstur lebih baik, rongga buah kecil dan rasa yang lebih manis.  

A. Menentukkan Musim Tanam Buah Melon

Musim tanam yang dianjurkan untuk penanaman melon adalah saat awal bulan musim kemarau. Karena pada musim ini tanaman dapat memperoleh sinar matahari secara maksimal dan untuk meminimalisir serangan penyakit.

B. Menentukkan Media Tanam Buah Melon

Media tanam yang baik untuk melon adalah tanah gembur yang mengandung unsur hara makro dan mikro lengkap.

C. Memilih Lokasi Tanaman Buah Melon

Lokasi lahan untuk tanaman melon sebaiknya lahan yang mudah pengairannya, tidak berangin kencang, bukan daerah rawan banjir, dan mudah dijangkau kendaraan saat panen tiba.

2. Mengetahui Jenis Buah Melon

Sebelum melakukan proses tanam sebaiknya kenali dahulu lokasi area penanaman melon tersebut.

  •  Pada lokasi dengan suhu 27-25 °C dengan ketinggian < 200 m dpl sebaiknya ditanam jenis melon : Oriental sweet melon dan Musk melon.
  •  Pada lokasi dengan suhu 25-23,5 °C dan 26-24 °C dengan ketinggian 200-650 m dpl sebaiknya ditanam jenis melon : Golden Light, Jade, Silver Light, Cantaloupe (Halest Best).
  •  Pada lokasi dengan suhu 23,5-18 °C dengan ketinggian 650-1000 m dpl sebaiknya ditanam jenis melon : Casaba Melon, Melon (Honey Dew dan Jade Dew).
  • Pada lokasi dengan suhu 18,7-12 °C dengan ketinggian 1.000-2.000 m dpl sebaiknya ditanam jenis melon : Casaba Melon dan Cantaloupe.

3. Teknik Budidaya Buah Melon

Kunci keberhasilan dalam budidaya melon adalah di mulai dari pemilihan benih dan cara penyemaiannya.

A. Cara Memilih Benih Unggul Buah Melon

Hal yang mempengaruhi keberhasilan dalam budidaya melon adalah saat pemilihan benih. Tanaman melon yang baik harus berasal dari benih hibrida, tingkat kemurnian min. 95 %, tidak kadaluarsa, daya kecambah min. 80%, benih sehat, tidak cacat dan bebas hama penyakit. Hal ini dilakukan agar saat disemaikan dapat diperoleh dan memilih bibit unggul buah melon yang baik.

B. Cara Penyemaian Bibit Buah Melon

  • Rendam benih melon dengan POC GDM dan air hangat bersuhu 45 – 50 °C selama 5 jam untuk mengaktifkan sel dorman benih dan mencegah penyakit tular benih sehingga benih tumbuh cepat, seragam dan sehat.
  • Tiriskan benih yang telah direndam dan peram dengan kain selama 2×24 jam.
  • Setelah muncul calon akar pindahkan benih ke dalam tray semai yang telah diisi media semai (cocopeat, kompos, bokashi, dll). Buat media semai selalu lembab dengan menyemprotkan POC GDM + Black Bos setiap 6 jam sekali dan tutup dengan daun pisang atau taruh di tempat gelap.
  • Dalam 2 hari benih mulai berkecambah dan pindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari agar bibit dapat berkembang dengan bagus. Selalu jaga kelembaban dengan rutin menyemprot POC GDM setiap pagi dan sore hari.
  • Bibit siap pindah tanam setelah keluar 4 daun sejati.

4. Pengolahan Lahan Tanam Buah Melon

Tanaman melon menyukai tanah yang gembur dan kaya akan unsur hara makro dan mikro. Oleh karenanya pengolahan tanah harus dilakukan dengan tepat.

A. Cara Pengolahan Lahan Tanam Melon Secara Tepat

Pertama, bajak tanah sedalam 20 cm agar kondisi tanah menjadi gembur, kemudian taburi dengan GDM SAME agar kaya akan unsur hara makro dan mikro dalam tanah. Jika pH tanah dibawah 6 sebaiknya taburi dengan kapur dolomit pada bedengan. 

Kedua, semprot dengan GDM Black Bos untuk mencegah penyakit tular tanah dan menyediakan bakteri menguntungkan pada tanah sehingga tanah selalu terjaga kesehatan dan kesuburannya.

Ketiga, buat bedengan dengan lebar 100 cm, tinggi sekitar 20 cm dan jarak antar bedeng 50 cm. Saat musim hujan tinggi bedengan dapat dibuat hingga 50cm untuk antispasi lahan terendam air.

Keempat, tutup bedengan menggunakan plastik mulsa untuk menjaga kelembaban, mencegah tumbuhnya gulma dan menghalau datangnya hama.

B. Proses Penanaman Melon Secara Efektif

Setelah bibit melon berumur 10 hari siap untuk dilakukan pindah tanam. Jarak tanam yang baik adalah 70×60 cm dengan cara membuat lubang pada plastik mulsa yang telah disiapkan sebelumnya. Setelah itu tanam bibit melon kemudian siram dengan GDM Black Bos untuk menghindari stress pada bibit melon.  

5. Cara Memelihara Tanaman Buah Melon Secara Tepat

Agar tanaman melon tumbuh maksimal lakukan proses pemeliharaan secara intensif, meliputi : 

A. Teknik Pengajiran Tanaman Melon

Tanaman melon memerlukan ajir dalam pertumbuhannya untuk menopang tanaman agar tidak merambat ke tanah tapi dapat merambat ke atas sehingga akan mendapatkan sinar matahari secara penuh ke seluruh bagian tanaman.

Pemasangan ajir dilakukan 3 hari setelah proses tanam agar ajir tidak melukai tanaman. Ajir bisa dibuat dari bambu atau kayu dengan panjang sekitar 1,5 meter yang dipasang mengarah ke dalam bedengan dan begitu juga pemasangan pada lubang tanam sampingnya sehingga akan membentuk silang (X). Kemudian berikan sebilah bambu panjang diatasnya dan ikat dengan tali rafia. 

B. Teknik Pemupukan Tanaman Melon

Tanaman melon memerlukan unsur hara makro dan mikro untuk pertumbuhannya yang bisa di dapatkan dari proses pemupukan. GDM merupakan pupuk organik yang dapat mencukupi kebutuhan unsur hara pada tanaman melon.

Semprotkan POC GDM pada tanaman melon setiap 5 hari sekali kemudian berikan GDM SAME pada daerah perakaran untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan kocor GDM Black Bos pada tanah sekitar perakaran untuk melindungi tanaman dari serangan penyakit.

C. Teknik Penyiraman Tanaman Melon Secara Tepat

Saat tanaman umur 1 minggu lakukan penyiraman setiap hari pagi dan sore. Setelah itu penyiraman cukup dilakukan setiap 2 hari sekali. Kombinasikan GDM Black Bos dan POC GDM saat penyiraman dengan sistem kocor. Saat musim hujan pastikan lahan tidak tergenang terlalu lama olah karenanya selalu jaga kondisi dan kebersihan saluran drainase agar terawat dengan baik.

D. Teknik Pengendalian Hama atau Penyakit Tanaman Melon

Untuk mengendalikan serangan hama dapat melakukan pemasangan yellow trap/likat kuning pada lahan. Teknik selain ramah lingkungan juga untuk mengurangi residu kimia pada buah sehingga buah aman dan layak untuk dikonsumsi.

Untuk mencegah penyakit pada tanaman melon yang disebabkan oleh jamur atau bakteri pathogen yang mengakibatkan tanaman menjadi kuning, layu, kering ataupun busuk dapat diantisipasi dengan selalu rutin mengaplikasikan perpaduan GDM SAME, GDM Black Bos dan POC GDM yang mengandung unsur hara makro mikro lengkap sehingga tanaman tumbuh sehat karena antibodi tanaman meningkat.

Selain itu bakteri yang terkandung di dalamnya akan menghasilkan antibiotik yang berfungsi untuk melawan jamur dan bakteri pathogen penyebab penyakit pada tanaman.

6. Cara Panen Buah Melon Secara Tepat

Buah melon dapat mulai dipanen setelah umur 3 bulan, dengan ciri-ciri :

  1. Net pada kulit telah terbentuk sempurna.
  2. Kulit buah berwarna hijau kekuningan.
  3. Mengeluarkan aroma yang kuat.
  4. Apabila ditekan, buah terasa lunak.

Panen buah melon sebaiknya dilakukan saat cuaca cerah di pagi hari dengan cara memotong pada tangkai buah membentuk huruf T dengan menggunakan gunting atau pisau tajam untuk memperpanjang masa penyimpanan buah.

GDM Info
GDM Info
Jika dulur-dulur ingin berdiskusi mengenai agrobisnis, dulur-dulur bisa langsung menghubungi tim ahli kami di 0812-600-70-600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *