Pertanian

Rangkaian Pupuk untuk Pembesar Umbi Kentang, Tingkatkan Hasil Panen!

peluang usaha budidaya kentang

Tahukah dulur, bahwa hingga kini bertani kentang masih memiliki prospek yang menjanjikan. Terlebih, jika dulur bisa memberikan perawatan dan pupuk pembesar umbi kentang yang tepat. 

Tentu hasil panen juga akan lebih berkualitas dan melimpah. Karena ukuran umbi kentang akan semakin besar, maka nilai jualnya juga akan semakin tinggi.

Nah, sebelum membahas tentang apa saja rangkaian pupuk yang bisa dulur gunakan untuk membantu pembesaran umbi kentang. Mari simak dulu, bagaimana perkembangan nilai jual kentang di pasaran berikut ini:

Peluang Usaha Budidaya Kentang di Pasaran

Tanaman kentang memiliki prospek budidaya yang terbilang menguntungkan. Sebab tingkat konsumsi kentang masyarakat yang tinggi, serta peluang bisnis olahan kentang yang juga sangat beragam.

Menurut Pusdatin tahun 2020, konsumsi kentang nasional dapat mencapai 2282 kg per kapita di tahun 2018. Angka ini juga mengalami peningkatan pada tahun 2019, mencapai angka sebesar 2547 kg.

Peningkatan ini juga menunjukkan bahwa peluang untuk memulai usaha budidaya kentang juga besar. 

Berdasarkan jurnal (2022) kebutuhan kentang di Indonesia mencapai 6.160.560 ton/tahun. Sementara hasil produksi kentang hanya mencapai 1.314.650 ton saja. Karenanya angka impor kentang pun cukup tinggi. 

pupuk untuk pembesar umbi kentang

Nah, data-data tersebut menunjukkan bahwa ada peluang yang besar untuk dulur untuk memulai bertani kentang. Tentu saja untuk mendapatkan keuntungan maksimal, dulur perlu menerapkan teknik budidaya dan perawatan yang tepat dalam prosesnya.

Menurut artikel di Trubus.id, seorang petani kentang senior menuturkan bahwa ia dapat memperoleh peningkatan keuntungan karena umbi kentang yang lebih besar. 

Rahasia untuk mendapatkan panen kentang berkualitas adalah dengan memberikan pupuk yang tepat. Sehingga kebutuhan nutrisi tanaman kentang terpenuhi, kemudian dapat meningkatkan produktivitas dan merangsang pembesaran umbi kentang.

Rangkaian Pupuk Pembesar Umbi Kentang

Berikut ini rangkaian pupuk pembesar umbi kentang dari GDM yang bisa dulur gunakan dalam selama memulai budidaya, dan dalam masa perawatannya. Yuk, simak!

Pupuk Organik Cair (POC) Spesialis Tanaman Pangan

Merupakan pupuk cair yang terbuat dari bahan-bahan organik khusus untuk merawat tanaman pangan, seperti kentang. Penggunaan Pupuk Organik Cair (POC) Spesialis Tanaman Pangan untuk merawat kentang dapat memberikan banyak keuntungan untuk Anda, misalnya:

  1. meningkatkan produktivitas tanaman kentang,
  2. umbi kentang jadi lebih besar dan berat,
  3. menunjang pertumbuhan dan perkembangan akar tanaman kentang,
  4. meningkatkan daya tahan tanaman kentang terhadap serangan penyakit.

GDM SaMe Granule Bio Organik

GDM Same

Merupakan pupuk dengan ekstrak organik dan berkonsentrat tinggi. Selain itu, GDM SaMe Granule Bio Organik juga memiliki kandungan bakteri premium lengkap, serta unsur hara makro-mikro.

Semua kandungan tersebut dapat memberikan perawatan dan memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman kentang, sehingga dulur bisa mendapatkan banyak manfaat. Seperti:

  1. membantu menggemburkan tanah budidaya kentang,
  2. memberikan nutrisi tambahan pada tanaman kentang,
  3. sebagai rumah dari bakteri alami yang menguntungkan tanaman kentang,
  4. menghambat pertumbuhan jamur dan spora patogen, sehingga tanaman jadi lebih tahan penyakit
  5. meningkatkan pertumbuhan dan produktivitas tanaman kentang,
  6. mencegah penyakit tular tanah pada tanaman kentang.

GDM Black BOS

Merupakan stimulan organik yang berkonsentrat tinggi dan mengandung banyak bahan-bahan premium, seperti unsur hara makkro-mikro lengkap dan bakteri terbaik.

Penggunaan GDM Black BOS pada tanaman kentang dapat memberikan banyak manfaat untuk usaha Anda, seperti;

  1. merangsang bakteri apatogen lainnya untuk menghasilkan enzim, antibiotik, dan banyak lainnya
  2. sebagai booster tanah agar jadi lebih subur, gembur, sehat, dan berkualitas
  3. membantu memperbaiki tanah budidaya yang rusak dan mendegradasi polutan tanah
  4. mencegah penyakit tular tanah pada tanaman kentang
  5. mempercepat proses fermentasi kompos dan meningkatkan kualitasnya.

Dosis dan Cara Penggunaan Pupuk Pembesar Umbi Kentang

Selain melengkapi rangkaian pupuk untuk kentang di atas, dulur juga harus menerapkan dosis dan cara penggunaannya yang tepat. Sehingga pembesaran umbi kentang jadi lebih maksimal.

Berikut ini dosis dan cara pemupukan kentang dengan produk GDM:

Pemupukan Dasar

Pemupukan dasar merupakan langkah yang sangat penting saat akan memulai budidaya kentang. Sebab, penggunaan pupuk dalam pengolahan lahan akan berguna untuk meningkatkan kegemburan dan kesuburan tanah.

Dulur dapat menggunakan dua produk GDM, yakni GDM SaMe Granule Bio Organik dan GDM Black BOS sebagai pemupukan dasar. Berikut dosis dan cara penggunaannya:

Dosis

  1. Siapkan GDM SaMe Granule Bio Organik sebanyak 150 kg untuk tiap 1 hektar lahan budidaya kentang,
  2. Siapkan GDM Black BOS sebanyak 5 kg untuk tiap 1 hektar lahan budidaya kentang.

Cara Pemupukan Dasar

  1. Taburkan secara merata GDM SaMe pada tanah budidaya kentang
  2. Campurkan GDM Black BOS dalam air biasa dengan perbandingan 250 ml/20 liter air. Setelah itu siramkan pada lahan setelah proses pengolahan.
  3. Lakukan pemupukan dasar ini pada 7 hari sebelum proses penanaman kentang.

Pemupukan Lanjutan I

Pada pemupukan lanjutan ini bisa dulur lakukan pada saat tanaman mencapai umur 7, 15, dan 20 Hari Setelah Tanam (HST). Tujuannya agar pertumbuhan akar tanaman kentang dapat berjalan lebih optimal karena kebutuhan nutrisi dan unsur hara terpenuhi.
Gunakan Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Pangan dalam pemupukan lanjutan ini. Berikut dosis dan cara pemupukan lanjutannya:

  1. Siapkan 8 liter Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Pangan untuk tiap 1 hektar tanah pada saat Anda akan melakukan pemupukan.
  2. Campurkan 500 ml Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Pangan dengan air sebanyak 16-25 liter, aduk hingga keduanya menjadi homogen.
  3. Siramkan secara merata pada tanaman kentang.

Pemupukan Lanjutan II

Pemupukan lanjutan ini dapat dulur lakukan ketika tanaman kentang memasuki umur 30 HST. Proses pemberian pupuk ini berguna untuk merawat kesuburan tanaman, meningkatkan asupan nutrisi pada tanah, dan mendorong proses pembesaran umbi kentang.

Berikut langkah-langkah dan dosis pemupukan lanjutan II tersebut;

Dosis

  1. Siapkan GDM SaMe Granule Bio Organik sebanyak 100 kg untuk tiap 1 hektar lahan budidaya kentang,
  2. Siapkan GDM Black BOS sebanyak 5 kg untuk tiap 1 hektar lahan budidaya kentang.

Cara Pemupukan Dasar

  1. Taburkan secara merata GDM SaMe pada area perakaran tanaman kentang
  2. Campurkan GDM Black BOS dalam air biasa dengan perbandingan 250 ml/20 liter air. Setelah itu semprotkan secara merata pada daerah perakaran kentang.

Pemupukan Lanjutan III

Pemberian pupuk lanjutan untuk pembesaran kentang ini dapat dulur lakukan ketika kentang berumur ≥ 35 HST. Dulur bisa menggunakan produk Pupuk Organik Cair (POC) Spesialis Tanaman Pangan dengan dosis dan cara berikut;

  1. Siapkan 8 liter Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Pangan untuk tiap 1 hektar tanah.
  2. Campurkan 500 ml Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Pangan dengan air sebanyak 16-25 liter, aduk hingga keduanya menjadi homogen.
  3. Siramkan secara merata pada tanaman kentang dan ulangi tiap seminggu sekali hingga kentang siap panen.

Keunggulan Menggunakan Rangkaian Pupuk Pembesar Umbi Kentang

pupuk pembesar umbi kentang (1)

Menggunakan rangkaian pupuk pembesar umbi kentang GDM di atas secara rutin dapat memberikan banyak keuntungan untuk usaha budidaya Anda, seperti;

  1. Membuat produksi tanaman kentang jadi lebih meningkat,
  2. Bobot dan ukuran umbi kentang akan semakin besar,
  3. Membantu meningkatkan nilai jual kentang,
  4. Memberikan keuntungan yang lebih besar,
  5. Mencegah kerugian atau gagal panen akibat serangan penyakit tular tanah,
  6. Mempercepat datangnya masa panen kentang.

Nah, dulur itu adalah penjelasan mengenai rangkaian pupuk pembesar umbi kentang GDM yang bisa dulur gunakan. Apakah dulur berminat?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa ukuran dan kualitas umbi kentang sangat berpengaruh pada harga jualnya. Karenanya, pemberian pupuk dan perawatan optimal diperlukan agar pembesaran umbi kentang berjalan lebih maksimal.

Rangkaian pupuk pembesar umbi kentang GDM mengandung berbagai nutrisi, mikronutrien, vitamin, dan unsur hara lengkap yang bermanfaat untuk tanaman kentang. Sehingga dapat membuat panen kentang akan lebih berkualitas.

Bagaimana dulur, sudah tertarik untuk menggunakan pupuk pembesar kentang GDM? Yuk, pesan produknya dengan klik tombol di bawah, ya!

author-avatar

About GDM Info

Jika dulur-dulur ingin berdiskusi mengenai agrobisnis, dulur-dulur bisa langsung menghubungi tim ahli kami di 0812-600-70-600