Pertanian

Rangkaian Pupuk untuk Kencur agar Menghasilkan Rimpang Melimpah dan Berkualitas

Selain teknik yang tepat, dalam membudidayakan tanaman kencur dulur juga perlu memperhatikan perawatan dan pemberian pupuk yang tepat. Sebab, pupuk berguna untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tanaman dan meningkatkan pertumbuhan rimpang kencur.

Tanaman kencur sendiri pada dasarnya dapat tumbuh dengan baik di berbagai wilayah, baik di dataran tinggi maupun rendah. Namun, tanaman ini dapat membuahkan rimpang lebih banyak di wilayah dataran rendah.

Nah, dulur, selain menggunakan teknik penanaman dan memilih jenis media tanam yang tepat, memberikan pupuk untuk merawat tanaman kencur juga penting.

Misalnya dengan memberikan rangkaian pupuk kencur dari GDM yang memiliki unsur hara makro-mikro lengkap, dan berbagai jenis bakteri apatogen sehingga dapat mengikat kandungan nutrisi dalam tanah.

Ketika menghasilkan rimpang kencur yang melimpah, maka akan semakin besar juga keuntungan yang akan dulur peroleh. Nah, membicarakan soal keuntungan, mari simak dulu bagaimana peluang usaha budidaya kencur berikut ini.

Peluang Usaha Budidaya Kencur

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwasannya saat ini kencur sedang digemari banyak orang. Ya memang karena kencur bisa dimanfaatkan sebagai bahan pelengkap masakan, dan juga bisa digunakan sebagai bahan pembuatan jamu beras kencur. 

Atau bisa saja langsung dijadikan sebagai wedang kencur, yang digeprek, diberi air panas, juga diberi gula jika ingin.

Harganya yang tergolong murah dan stabil di pasaran,menjadikan kencur salah satu rempah yang banyak dibeli oleh pelanggan. Karena tingginya permintaan pasar, terutama saat ini, dulur bisa mengikuti dan menjadi pembudidaya dan penjual kencur.

Rangkaian Pupuk untuk Kencur

Pupuk Organik Cair (POC) Spesialis Tanaman Pangan

Produk GDM berupa Pupuk Organik Cair (POC) Spesialis Tanaman Pangan ini merupakan pupuk yang terbuat dari bahan anorganik, yang tentunya aman untuk tanaman kencur juga ramah untuk lingkungan. 

Produk ini telah diformulasikan khusus untuk membantu pertumbuhan tanaman, sehingga tanaman kencur dapat tumbuh dengan baik dan terhindar dari penyakit.

Dengan menggunakan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan ini, tanaman kencur bisa meningkat produktivitasnya hingga di angka yang tinggi. Hal ini dikarenakan, penggunaan pupuk ini bisa membantu memperbanyak anakan rimpang. 

Selain itu Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan ini juga mengandung mineral serta memiliki bakteri apatogen. Sehingga mampu membantu menghentikan dan juga mencegah penularan penyakit tular tanah. 

Juga mampu membantu meningkatkan daya tahan tumbuhan kencur terhadap penyakit. Karena produktivitas dan juga imunitas tinggi, tanaman lengkuas ini nantinya akan menghasilkan hasil panen yang melimpah loh, lur.

GDM SaMe Granule Bio Organik

GDM SaMe Granule Bio Organik ini bisa dulur gunakan sebagai pupuk dasar dan juga pupuk susulan. Salah satu rangkaian pupuk untuk kecur ini sendiri memiliki kandungan lewat ekstrak organik berkonsentrat tinggi. Yang mana tentunya baik bagi perkembangan tumbuh tanaman kencur. 

GDM SaMe Granule Bio Organik ini mampu mencegah adanya penularan atau infeksi yang disebabkan oleh penyakit tular tanah dan bisa membantu mengembalikan kualitas tanah yang rusak. Atau dengan kata lain, GDM SaMe Granule Bio Organik dapat memperbaiki kualitas tanah sehingga tanah tetap terjaga mineral dan juga unsur haranya.

GDM Black BOS

GDM Black BOS ini dapat digunakan untuk pupuk. Yang mampu merawat tanah dan juga tanaman kencur. Sebab GDM Black BOS ini mengandung bakteri premium dan juga unsur hara. Yang mana bakteri dan juga unsur hara ini mampu meningkatkan kualitas tanah dari lahan budidaya tanaman kencur. G

DM Black BOS ini juga selain menjaga tanaman agar tetap tumbuh dengan baik, juga mampu mengurangi limbah polusi dalam tanah. 

Dosis dan Cara Pemupukan pada Tanaman Lengkuas

Dalam pembudidayaan tanaman kencur, dulur perlu menggunakan pupuk yang tepat dengan cara dan dosis yang tepat pula. Untuk memaksimalkan pertumbuhan dan juga hasil panen, dulur bisa menggunakan pupuk organik produk dari GDM. 

Pemupukan Dasar

Pemupukan dasar dapat dilakukan di tahapan paling awal. Yakni pada tahapan persiapan media tanam. Dulur bisa menambahkan pupuk ke dalam lubang tanam yang disiapkan. Cara dan juga dosis untuk melakukan pemupukan dasar ini yakni sebagai berikut:

  • Siapkan 150 kg GDM SaMe Granule Bio Organik untuk ukuran 1 hektarnya, ke dalam tiap lubang yang disiapkan. Selanjutnya lakukan penaburan ulang secara rutin berkala 6 bulan setelah penaburan GDM SaMe Granule Bio Organik yang pertama.
  • Siapkan GDM Black BOS Organik dengan perbandingan yakni 5 kg per hektar tanah. Dulur bisa mencampurkan GDM SaMe Granule Bio Organik  tersebut dengan air. Perbandingan yang dapat digunakan yakni 250 ml GDM SaMe Granule Bio Organik  per tangki air. Setelahnya dapat disemprotkan ke tiap lubang tanam tanaman kencur. Namun lembabkan tanah terlebih dahulu sebelum disemprotkan pupuk agar dapat membantu penyerapan ke dalam tanah.

Pemupukan Susulan 

Setelah pemupukan dasar, dulur perlu dengan rutin melakukan pemupukan susulan. Setelah tanaman berusia 1 – 3 bulan,  dulur bisa melakukan pemupukan susulan yang pertama. 

Siapkan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan dengan takaran sebanyak 8 liter per hektarnya. Atau 500 ml POC GDM per tangki air. Yang kemudian bisa disemprotkan secara merata di seluruh lahan budidaya atau tanaman kencur.

Setelah pemupukan pertama, pemupukan kedua dapat dulur lakukan setelah tanaman berusia 3 bulan setelah penanaman. Cara dan juga dosis untuk melakukan pemupukan susulan kedua yakni:

  • Siapkan GDM SaMe Granule Bio Organik dengan takaran 100 kg per hektar. Yang ditebar secara merata di sekitas tanaman kencur. Aplikasikan pupuk secara rutin 4 bulan sekali ya.
  • Sedangkan untuk GDM Black BOS, dulur bisa menyiapkan takaran 5 kg per hektar. Atau 250 ml GDM Black Bos ke dalam 1 tangki. Yang kemudian disemprot merata di sekitar perakaran tumbuhan kencur. Lakukan pengaplikasian secara rutin tiap 3 bulan sekali.

Yang selanjutnya adalah pemupukan susulan ketiga, yang bisa dilakukan setelah tanaman kencur berusia lebih dari 3 bulan. 

Siapkan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan dengan dosis 8 liter per hektar. Atau 2 gelas Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan untuk per tangki. Aplikasikan secara rutin setiap 2 minggu sekali. 

Keuntungan Menggunakan Pupuk untuk Tanaman Kencur

Keuntungan dari penggunaan pupuk organik GDM untuk tanaman kencur ini, dulur bisa mendapatkan hasil panen yang melimpah serta berkualitas. 

Pupuk ini juga bisa merawat tanaman dengan baik. Karena pupuk organik GDM mampu memperbaiki kondisi tanah sehingga tanah bisa lebih subur. Tanah yang subur bisa membuat tanaman subur pula. 

Selain itu, pupuk organik GDM ini mampu mencegah tumbuhan kencur dari paparan penyakit menular tanah seperti pembusukan akar, jamur, pembusukan batang, tanaman layu, dan lain sebagainya. 

Selain itu penggunaan pupuk ini juga mampu meningkatkan produktivitas berupa perbanyakan anakan rimpang kencur. Sehingga akan makin berlimpah hasil panennya.

Bagaimana dulur, pengaplikasian Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan untuk tanaman budidaya kencur ini sangat menggiurkan bukan? 

Sebab tak hanya merawat kesuburan tanah dan juga tanaman kencur, melainkan memperbanyak pula hasil panennya. Jika dulur tertarik dan ingin berkonsultasi dengan tim ahli kami, dulur bisa langsung saja menghubungi kami lewat tombol yang ada di bawah ini ya, lur!

author-avatar

About WAHYU NURWIJAYO, SP

Seorang profesional di Industri Pertanian dengan selalu menerapkan sistem keseimbangan ekologi agar budidaya pertanian berjalan efektif & efisien serta hasil produksi meningkat

Tinggalkan Balasan