Perkebunan

Pupuk Kapulaga yang Bagus agar Berbuah Lebat dan Hasilkan Panen Berkualitas

Budidaya kapulaga memang memiliki potensi bisnis yang menjanjikan, Dulur. Sebab tanaman ini memiliki masa panen yang panjang, yakni selama 5 tahun. Namun, untuk memaksimalkan panen kapulaga, Dulur perlu menambahkan pupuk yang tepat dalam perawatannya.

Meski kapulaga dapat ditanam dengan mudah dan bisa bertahan hidup di lahan kering, namun untuk memperoleh hasil panen yang berkualitas dan melimpah tentu kita tidak bisa mengabaikan perawatannya.

Akan tetapi pemberian pupuk pada tanaman kapulaga juga tak bisa sembarangan. Karena pemupukan secara berlebihan juga akan membuat kapulaga sulit berbuah.

Lantas bagaimana sih pemberian pupuk untuk kapulaga yang tepat? Serta produk-produk apa yang dapat Anda gunakan dalam prosesnya?

Langsung simak artikel ini sampai habis, ya, Lur!

Peluang Budidaya Tanaman Kapulaga, Apakah Menguntungkan?

Sebelum membicarakan pemupukan pada  kapulaga, tak ada salahnya untuk mengulas dulu bagaimana peluang budidaya tanaman satu ini.

Pada dasarnya kapulaga tak hanya populer sebagai tanaman obat dan rempah di Indoensia, melainkan juga sangat terkenal di luar negeri.

Melansir dari Jurnas, sebanyak 25 ton kapulaga putih dari Indonesia masuk ke pasar rempah Tiongkok. Nilai ekonomi dari 25 ton kapulaga tersebut setara dengan Rp 750 juta. Ini karena harga jual kapulaga putih bisa mencapai Rp 60 ribu per kilogram.

Lebih lanjut, permintaan ekspor kapulaga ini juga cukup banyak dan konsisten. Namun tingginya permintaan ini tidak dibarengi dengan jumlah stok yang ada. Karenanya, menjadi pembudidaya tanaman kapulaga memiliki potensi keuntungan yang menjanjikan.

Terlebih menurut analisa usaha kapulaga oleh tim ahli perkebunan GDM menyebutkan bahwa keuntungan bersih yang bisa pembudidaya peroleh bisa mencapai 50% dari modal keseluruhan yang Anda keluarkan. 

Baca Juga: Analisa Usaha Kapulaga Per Hektar Untuk Pemula Agar Lebih Untung

Nah, untuk dapat memaksimalkan hasil panen kapulaga dan meningkatkan keuntungan Anda, pemberian perawatan dan pupuk organik yang tepat berpengaruh sangat besar.

Rangkaian pupuk untuk kapulaga dari GDM bisa jadi pilihan ideal untuk menjawab kebutuhan Anda. Sebab rangkaian pupuk GDM memiliki bahan-bahan dan nutrisi yang tanaman kapulaga butuhkan. Berikut penjelasan lengkapnya:

Kebutuhan Nutrisi Tanaman Kapulaga agar Berbuah Lebat

pupuk untuk tanaman kapulaga agar berbuah lebat

Tanaman kapulaga pada dasarnya memiliki daya tahan yang cukup tinggi terhadap pengaruh iklim, sehingga mampu bertahan di cuaca panas dan musim kemarau. Meski begitu, pemberian pupuk secara rutin juga akan berefek baik pada tanaman bila Dulur melakukannya dalam kadar yang tepat.

Mengutip dari CC Grow, tanaman kapulaga membutuhkan asupan nutrisi pada tingkat sedang hingga tinggi. Namun pemupukan pada tanaman sendiri tak bisa Anda lakukan secara berlebihan, karenanya baiknya berkonsentrasi pada tanah budidaya.

Perhatikan kadar nitrogen dan kalium dalam tanah agar selalu subur, sehingga akar tanaman kapulaga dapat menyerap nutrisi yang mereka butuhkan. Selebihnya, penggunaan pupuk organik juga secara rutin harus Anda aplikasikan di sekitar pangkal tanaman.

Rangkaian pupuk organik GDM dapat membantu memenuhi kebutuhan tersebut karena memiliki beragam kandungan berkualitas, baik itu untuk tanaman maupun tanah budidaya kapulaga. Beberapa kandungan hara makro mikro tersebut misalnya:

  1. nitrogen (N)
  2. fosfor (P)
  3. kalium/potasium (K)
  4. karbon (C )
  5. calcium (Ca)
  6. magnesium (Mg)

Selain itu rangkaian pupuk organik GDM juga mengandung bakteri premium, ekstrak alga dan rumput laut, juga berbagai limbah organik yang baik untuk merawat kesuburan tanah dan mendorong pertumbuhan tanaman kapulaga.

Rangkaian Pupuk Organik untuk Tanaman Kapulaga GDM yang Bagus

Pupuk Organik Cair (POC) Spesialis Tanaman Pangan

Jenis pupuk pertama yang bisa Dulur gunakan untuk merawat tanaman kapulaga adalah Pupuk Organik Cair (POC) Spesialis Tanaman Perkebunan. Penggunaan produk GDM ini dapat memberikan banyak keuntungan untuk tanaman kapulaga Anda, misalnya:

  1. meningkatkan produktivitas perkebunan tanaman kapulaga,
  2. membantu mempercepat proses pembungaan dan produktivitas buah,
  3. memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman kapulaga,
  4. juga mencegah infeksi hama penyakit yang menghambat pertumbuhan tanaman kapulaga.

GDM SaMe Granule Bio Organik

Selain pupuk cair GDM di atas, dulur juga bisa menggunakan GDM SaMe Granule Bio Organik untuk merawat tanaman kapulaga. Karena terbuat dari ekstrak organik berkonsentrat tinggi dan memiliki teknologi terbaru, GDM SaMe dapat memberikan banyak keuntungan pada tanaman kapulaga.

Dulur bisa menggunakan GDM SaMe ini dalam proses persiapan media tanam dan perawatan bulanan saat budidaya kapulaga. Kandungan terbaik dalam produk ini dapat mendorong penyerapan nutrisi pada akar tanaman kapulaga, sehingga membuat tanaman jadi lebih sehat dan mampu memproduksi buah yang lebih lebat.

GDM Black BOS

Untuk melengkapi perawatan budidaya kapulaga, dulur juga bisa menggunakan stimulan organik cair yang dapat meningkatkan produktivitas dan merangsang proses pembuahan pada tanaman kapulaga.

Gunakan GDM Black BOS yang memiliki empat bakteri premium, serta kombinasi unsur hara makro-mikro terbaik yang dapat memberikan banyak manfaat untuk tanaman kapulaga.

Penggunaan GDM Black BOS secara rutin sebagai bagian perawatan tanaman kapulaga dapat memberikan keuntungan sebagai berikut;

  1. bekerja sebagai booster tanah atau lahan budidaya tanaman kapulaga,
  2. mencegah terjadinya penyakit tular tanah pada akar-akar tanaman kapulaga,
  3. menjadi penawar racun dari logam-logam berat yang ada di lahan kapulaga,
  4. membantu menggemburkan dan menyuburkan tanah/lahan budidaya tanaman kapulaga,
  5. merangsang proses pengomposan pada lahan perkebunan kapulaga agar berjalan lebih cepat.

Dosis dan Cara Pemupukan pada Tanaman Kapulaga yang Tepat

Seperti yang ada dalam penjelasan sebelumnya, pemupukan tanaman kapulaga harus Anda lakukan dalam dosis yang tepat. Berikut aturan penggunaan produk GDM pada tanaman kapulaga:

Pemupukan Dasar

Pemupukan dasar merupakan proses pemberian pupuk pada calon media tanam atau lahan budidaya kapulaga. Proses pemupukan ini baiknya Anda lakukan 7 hari sebelum proses penanaman. 

Gunakan dua produk GDM, yakni GDM Black BOS dan SaMe Granule Bio Organik dengan aturan sebagai berikut:

  1. siapkan 5 kilogram GDM Black BOS dan 150kg GDM SaMe, masing-masing untuk 1 hektar lahan budidaya kapulaga.
  2. siapkan juga tangki semprot berisi air penuh, ukuran 16-20 liter air.
  3. taburkan GDM SaMe Granule Bio Organik pada permukaan bedengan secara merata.
  4. kemudian sirami tanah dengan air sampai menjadi lembap.
  5. larutkan 250 ml (setara 1 gelas air mineral) GDM Black BOS pada air tangki semprot. Kemudian semprotkan secara merata ke bagian bedengan tersebut.

Pemupukan Rutin Kapulaga Usia 0-3 Bulan 

Pada saat memasuki usia 0-3 bulan setelah tanam, kapulaga memerlukan asupan nutrisi yang cukup untuk mendorong pertumbuhan tanaman. Karenanya dulur bisa menggunakan Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Tanaman Pangan dengan dosis berikut:

  1. siapkan air dalam tangki sprayer bervolume 16-20 liter.
  2. tuangkan 500 ml (setara dengan 2 gelas air mineral) Pupuk Organik Cair Spesialis Tanaman Pangan ke dalam tangki tersebut, aduk hingga larut merata.
  3. semprotkan larutan secara merata pada permukaan tanaman kapulaga, termasuk pada batang hingga bagian bawah dan pucuk daun.
  4. lakukan pemupukan pada seluruh tanaman kapulaga yang Anda budidayakan hingga memenuhi dosis 8 liter/ha.
  5. ulangi penggunaan Pupuk Organik Cair Spesialis Tanaman Pangan 1x tiap minggu.

Pemupukan Rutinan Kapulaga Usia >3 Bulan

Memasuki usia tanam lebih dari 3 bulan lamanya, Dulur bisa terus memberikan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan dengan dosis berikut ini:

  1. siapkan air dalam tangki sprayer bervolume 16-20 liter.
  2. tuangkan 500 ml (setara dengan 2 gelas air mineral) Pupuk Organik Cair Spesialis Tanaman Pangan ke dalam tangki tersebut, aduk hingga larut merata.
  3. semprotkan larutan secara merata pada permukaan tanaman kapulaga, termasuk pada batang hingga bagian bawah dan pucuk daun.
  4. lakukan pemupukan pada seluruh tanaman kapulaga yang Anda budidayakan hingga memenuhi dosis 8 liter/ha.
  5. ulangi penggunaan Pupuk Organik Cair Spesialis Tanaman Pangan 2 minggu 1x.

Pemupukan Pengulangan pada Tanah

Selain menggunakan pupuk pada tanaman, penting untuk memberikan perawatan pada tanah budidaya kapulaga. Dulur bisa menggunakan dua produk GDM, yakni GDM SaMe Granule Bio Organik dan Black BOS.

Berikut ini langkah penggunaan dan dosisnya:

  1. siapkan 5 kilogram GDM Black BOS dan 100kg GDM SaMe, masing-masing untuk 1 hektar lahan budidaya kapulaga.
  2. siapkan juga tangki semprot berisi air penuh, ukuran 16-20 liter air.
  3. taburkan GDM SaMe Granule Bio Organik pada permukaan bedengan secara merata.
  4. kemudian sirami tanah dengan air sampai menjadi lembap.
  5. larutkan 250 ml (setara 1 gelas air mineral) GDM Black BOS pada air tangki semprot. Kemudian semprotkan secara merata ke bagian bedengan tersebut.
  6. aplikasikan kedua produk ini dengan takaran yang sama setiap 3 bulan sekali.

Konsultasikan Kendala Budidaya Kapulaga atau saat Penggunaan Produk GDM dengan Tim Ahli

tim ahli rnd gdm

Nah, setelah menyimak berbagai keuntungan dan cara penggunaan pupuk yang bagus dan tepat pada tanaman kapulaga di atas, apakah Anda berminat untuk menggunakan produk GDM?

Selain memperoleh keuntungan langsung pada tanaman dan lahan budidaya, Dulur juga bisa mendapatkan keuntungan lain dengan menggunakan produk GDM, yakni dapat berkonsultasi dengan tim ahli pertanian dan perkebunan kami.

Anda dapat mengonsultasikan kendala, atau bahkan mendiskusikan mengenai rencana dan analisis usaha budidaya kapulaga untuk pemula. Tim kami akan membantu menjawab kebutuhan dan kendala tersebut semaksimal mungkin.

Lantas bagaimana cara untuk memulai berlangganan pupuk untuk tanaman kapulaga GDM, serta mulai konsultasi dengan ahlinya? 

Langsung klik tombol WhatsApp di bawah,ya!