Perikanan

Pemberian Pakan Udang Galah dengan Probiotik GDM agar Budidaya Lebih Optimal

Udang galah merupakan salah satu jenis udang air tawar yang membutuhkan cukup banyak nutrisi dan gizi dari pakan. Dengan memberikan pakan yang tepat, ini bisa mendorong produktivitas budidaya udang galah di tambak semakin meningkat.

Dalam memilih pakan udang, pastikan Anda memperhatikan kebutuhan nutrisi dan komposisi dari setiap pakan yang Anda berikan. Porsi pemberian pakan ini menjadi salah satu aspek penting untuk mencapai hasil bobot panen yang Dulur inginkan.

Mengenai makanan udang galah, pastikan Anda memperhatikan beberapa aspek berikut ini, yaitu:

  1. Jenis pakan udang
  2. Kandungan nutrisi di dalam pakan
  3. Jumlah pemberian pakan

Ketiga poin di atas penting untuk diperhatikan baik bagi para petambak udang maupun pengelola bibit udang galah. Berikut simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah berikut ini!

cta probiotik udang galah (2)

Jenis Pakan Udang Galah

Jenis pakan pada udang galah terdiri dari dua, yaitu pakan alami dan pakan buatan. Masing-masing dari jenis pakan tersebut tentunya memiliki keunggulan yang baik untuk kebutuhan pertumbuhan budidaya udang.

Pakan Alami Udang Galah

Pakan alami memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi untuk pertumbuhan udang. Hal ini karena jenis pakan alami lebih mudah tercerna oleh udang galah. Adapun jenis pakan yang bisa digunakan, yaitu:

Pakan Udang Galah dari Usus Ayam

Usus ayam seringkali digunakan sebagai bahan baku utama untuk pakan udang galah dengan mencampurkannya bersama jenis pakan alami lainnya. Kandungan nutrisi dari usus ayam meliputi protein dan lemak yang sangat baik untuk pertumbuhan udang galah.

Anda bisa menggunakan campuran tepung dan usus ayam sebagai sumber protein hewani dan memenuhi kebutuhan karbohidrat pada udang. Dari pemanfaatan usus ayam ini, sudah terbukti dapat meningkatkan aktivitas budidaya udang galah menjadi optimal dan panen dalam waktu lebih cepat. 

Keong Mas

Di beberapa daerah seperti Aceh, masyarakat setempat memanfaatkan keong mas sebagai bahan pakan alami karena nilai nutrisi yang tinggi. Pakan ini bisa menjadi alternatif pengganti pakan buatan karena harganya yang cukup terjangkau.

Penggunaan keong mas sebagai pakan udang tentu akan sangat menguntungkan karena bisa mengatasi ancaman petani yang menganggap keong sebagai hama mematikan. Selain pemanfaatannya untuk udang, jenis pakan alami ini juga bisa digunakan untuk memberikan makan pada ikan lele, itik, ataupun bebek.

Ikan Rucah

Ikan rucah juga dapat Anda gunakan sebagai pakan alami dengan mencampurkannya bersama cumi-cumi, kerang, atau udang kecil untuk budidaya udang. Pakan ini juga sangat efektif bagi para petambak lobster karena bisa menghasilkan bobot panen yang besar.

Pemberian ikan rucah sangat berpengaruh terhadap keberhasilan budidaya udang karena nilai nutrisinya yang sangat tinggi. Penggunaan pakan alami ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan ketersediaan pakan udang dengan harga lebih murah.

Pakan dari Tubifex sp.

Tubifex sp merupakan sejenis cacing sutera yang menjadi pakan alami berbagai jenis budidaya ikan. Diketahui kandungan nutrisi dari cacing sutera yang terdiri dari protein sebesar 57%, lemak 13,3%, kadar abu 3,6% , serat kasar 2,04%, dan air mencapai 87,7%.

Dengan komposisi nutrisi seperti itu, tidak heran mengapa cacing sutera sangat baik untuk memenuhi kebutuhan gizi pakan udang. Pakan ini juga tidak hanya digunakan pada kebutuhan ternak ikan tawar saja, jenis ikan hias juga cocok untuk mengkonsumsi pakan ini setiap harinya.

Pakan Buatan Udang Galah

Selain pakan alami, sebagai petambak profesional juga harus menyediakan pakan buatan sebagai alternatif untuk makanan udang galah. Namun perlu dipastikan pakan buatan ini dapat memenuhi kebutuhan nutrisi budidaya udang galah.

Jenis Pakan

Pakan buatan udang galah juga memiliki berbagai macam jenis yang berbeda dari segi bentuk maupun ukuran pakan. Beberapa jenis pakan buatan ini terdiri dari pakan tepung, pakan crumble, dan pakan pellet.

Bentuk pakan ini bisa Anda sesuaikan dengan usia budidaya udang galah. Seperti contoh, pada benih udang karena memiliki bentuk ukuran yang kecil, maka jenis pakan yang bisa diberikan adalah pakan tepung.

Sedangkan pada masa pembesaran, Anda bisa memberikan jenis pakan crumble yang bisa mendorong pertumbuhan udang lebih cepat. Untuk mencapai hasil panen dengan bobot yang besar, Anda bisa memaksimalkan pemberian pakan pellet setiap harinya.

Kebutuhan Nutrisi

Pemberian pakan buatan dapat dilakukan secara rutin agar kebutuhan nutrisi udang dapat terpenuhi setiap harinya. Pastikan ketika Anda membeli pakan buatan, jenis makanan yang digunakan telah memenuhi kebutuhan nutrisi sebagai berikut:

  • Protein sekitar 44-56%
  • Lemak sekitar 5-12%
  • Karbohidrat sebesar 22%

Tips Pemberian Pakan Udang Galah

Perlu Anda ketahui udang galah memiliki sifat kanibalisme yang akan memakan sesamanya ketika merasa kelaparan. Apabila Anda terlambat dalam memberikan pakan secara teratur, maka bisa berpotensi mengancam kepunahan pada budidaya udang.

Untuk mencegah hal tersebut, maka penting untuk selalu memberikan pakan tepat waktu dengan jumlah porsi yang cukup. Misalnya dengan memberikan pakan pada pagi, siang, sore, dan malam hari.

Pemberian pakan alami dan pakan buatan bisa Anda lakukan secara bergilir. Misalnya untuk pakan alami dapat diberikan pada pagi dan sore, sedangkan pakan buatan diberikan setiap siang dan malam.

Dari jenis-jenis pakan di atas, penting untuk memberikan makanan sesuai takarannya. Pemberian pakan yang terlalu banyak akan menyisakan makanan di dasar kolam yang bisa mengakibatkan air kotor dan menimbulkan bakteri bersarang di dalam kolam.

Tambahkan Probiotik GDM pada Pakan Udang Galah

Selain memberikan pakan secara berkala, tidak lupa untuk menambahkan probiotik yang bagus untuk budidaya udang galah. Salah satunya dengan memanfaatkan probiotik GDM pada pakan sehari-harinya.

Probiotik GDM merupakan salah satu suplemen organik yang banyak digunakan oleh para peternak udang air tawar maupun udang laut. Salah satu produk yang paling unggul adalah Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Perikanan.

Produk ini merupakan salah satu jenis probiotik yang mengandung nutrisi mikro lengkap sehingga bagus untuk pertumbuhan udang maupun budidaya ikan.

Dengan menggunakan probiotik udang galah GDM, ini bisa menunjang kualitas pakan lebih baik dan meningkatkan kekebalan tubuh pada kondisi udang galah. Sebab, pemilihan bahan kandungan di dalam suplemen ini terbuat dari bahan-bahan organik dan alami.

Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Perikanan memiliki kandungan bakteri baik sehingga aman dikonsumsi oleh udang galah. Ini juga bisa memperbaiki kualitas air pada kolam dan menghindari reaksi buru pada kondisi udang.

Manfaat Probiotik GDM untuk Udang Galah

Bagi Anda yang ingin menggunakan probiotik GDM, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari pemanfaatan Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Perikanan ini. Apa saja itu:

  • Meningkatkan produktivitas budidaya udang galah secara signifikan.
  • Memiliki kualitas daging yang empuk dan lezat untuk dikonsumsi.
  • Menghasilkan benih udang galah yang berkualitas sehingga siap untuk dibudidayakan.
  • Memperbaiki kadar oksigen di dalam kolam sehingga mampu melindungi habitat kehidupan udang.
  • Menjaga kualitas air secara optimal agar pertumbuhan ikan menjadi maksimal.
  • Meningkatkan potensi budidaya udang galah sehingga bisa mencapai nilai harga dan omset yang tinggi

Cara Pemberian Probiotik GDM pada Udang Galah

Adapun cara memberikan probiotik GDM ini sangat mudah, Lur. Yakni dengan mencampurkannya pada pakan sesuai petunjuk penggunaannya. Berikut beberapa cara mengaplikasikan probiotik GDM pada kolam udang galah.

Informasi lebih lengkap terkait penambahan probiotik pada pakan udang galah bisa Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan tim GDM agar budidaya lebih maksimal. Klik kolom hijau di bawah ini untuk terhubung langsung melalui kontak WhatsApp kami!

cta pakan udang galah