Tanaman Buah

Rekomendasi Pupuk Durian agar Tidak Rontok Terbaik

pupuk durian agar tidak rontok

Durian merupakan salah satu buah tropis yang sangat diminati karena cita rasa dan aromanya yang khas. Untuk mendapatkan buah durian yang berkualitas dengan kuantitas maksimal, tidak hanya perawatannya saja yang harus diperhatikan, pemberian pupuk durian agar tidak rontok secara tepat juga sangat diperlukan.

Pemberian pupuk berperan penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh pohon durian. Tanpa pemberian nutrisi yang sesuai, pohon durian bisa mengalami masalah seperti kerontokan bunga dan buah, yang akhirnya berdampak pada berkurangnya hasil panen.

Artikel ini akan membahas rekomendasi pupuk durian agar tidak rontok, tumbuh subur, dan menghasilkan buah berkualitas tinggi. Selain itu, artikel ini juga akan menjelaskan tentang panduan pemupukan pohon durian sehingga Anda dapat menikmati panen yang melimpah dan menguntungkan.

Rekomendasi Pupuk Durian agar Tidak Rontok

Memilih pupuk yang tepat untuk pohon durian memang tidak bisa sembarangan karena akan berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas hasil panen. Berikut merupakan rekomendasi pupuk durian agar tidak rontok dan panen melimpah.

GDM Black BOS (Bio Organic Stimulant)

GDM Black BOS merupakan pupuk organik berbentuk pasta yang mengandung 4 macam bakteri menguntungkan serta unsur hara lengkap yang dapat memperbaiki kualitas tanah. Pupuk ini dapat menurunkan cemaran logam berat seperti timbal dan kromium hingga lebih dari 80% hanya dalam waktu 3 bulan.

Pupuk Organik Granule (POG) GDM

POG GDM merupakan pupuk organik berbentuk bulir yang mengandung unsur hara lengkap sehingga sangat efektif dalam mengembalikan tingkat kesuburan tanah yang akan digunakan sebagai media tanam pohon durian. Di samping itu, pupuk ini dapat dipasangkan dengan GDM Cair dan GDM SaMe untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Buah-Buahan

Pupuk organik ini termasuk dalam rekomendasi pupuk durian agar tidak rontok yang sangat cocok untuk meningkatkan produktivitas pohon durian. Selain itu, pupuk ini juga dapat membuat pohon durian lebih tahan terhadap kondisi ekstrem dan serangan penyakit sehingga pohon durian tidak mudah rontok.

GDM SaMe Granule Bio Organik

Pupuk organik ini merupakan Ekstrak Organik Konsentrat Tinggi yang mengandung unsur hara mikro dan makro lengkap serta  6 jenis bakteri premium yang memiliki fungsi ganda. Unsur hara makro dan mikro dalam pupuk ini berfungsi untuk menutrisi tanaman, sedangkan 6 jenis bakterinya berfungsi untuk menghasilkan antibiotik, enzim, dan hormon yang baik untuk produktivitas pohon durian.

Pupuk ini merupakan pasangan terbaik bagi GDM Black BOS dan GDM Cair. Ini karena GDM SaMe dapat memaksimalkan penggunaan dan manfaat dari kedua produk tersebut.



Panduan Penggunaan Pupuk Durian yang Efektif

Setelah mengetahui rekomendasi pupuk durian agar tidak rontok, Anda juga perlu mengetahui cara melakukan pemupukan pohon durian secara tepat untuk memaksimalkan kinerja pupuk. Berikut merupakan panduan penggunaan pupuk durian yang efektif dengan menggunakan rangkaian produk GDM.

Pengolahan Tanah (14 Hari Sebelum Tanam)

Pengolahan tanah untuk pohon durian dapat dilakukan pada 14 hari sebelum penanaman bibit durian dengan menggunakan GDM SaMe dan GDM Black BOS. Pertama, siapkan GDM SaMe dosis 50 kg/Ha, kemudian tebarkan 0,5 kg GDM SaMe pada tiap satu lubang tanam tanaman durian.

Selanjutnya, siapkan GDM SaMe dosis 10 kg/Ha, kemudian campurkan tiap 1 gelas GDM Black BOS tersebut ke dalam 1 tangki berisi air bersih hingga homogen. Semprotkan campuran tersebut secara merata ke lubang tanam pohon durian.

Saat Tanam 

Setelah melakukan penanaman bibit pohon durian pada lubang tanam, saatnya mengaplikasikan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Buah-Buahan atau GDM Buah dengan dosis 5 liter/Ha. Campurkan tiap 2 gelas GDM Buah ke dalam 1 tangki berisi air bersih hingga homogen, kemudian semprot merata campuran tersebut ke seluruh bibit durian yang sudah ditanam.

Pemupukan I (0 – 2 Tahun)

Saat tanaman durian masih berumur 0 – 2 tahun, lakukan pemupukan pertama dengan menggunakan Pupuk Organik Granule GDM atau POG GDM, GDM Black BOS, dan GDM Buah. Penggunaan ketiga produk tersebut harus dilakukan dalam interval waktu dan metode yang sesuai.

Pertama, taburkan tiap lubang tanam tanaman durian dengan 0,5 kg POG GDM. POG GDM untuk tanaman durian dapat diaplikasikan setiap 4 bulan sekali dengan menggunakan dosis 50 kg/Ha.

Kedua, campurkan tiap 1 gelas GDM Black BOS ke dalam satu tangki hingga homogen, kemudian semprot merata pada daerah perakaran tanaman durian. GDM Black BOS untuk tanaman durian dapat diaplikasikan setiap 4 bulan sekali dengan menggunakan dosis 10 kg/Ha.

Ketiga, campurkan tiap 2 gelas GDM Buah ke dalam 1 tangki berisi air bersih hingga homogen, kemudian semprot merata campuran tersebut ke seluruh tanaman durian. GDM Buah untuk tanaman durian dapat diaplikasikan setiap 1-2 minggu sekali dengan menggunakan dosis 8 liter/Ha.

Baca juga: “Cara Menanam Durian Agar Panen Meningkat Lebih Dari 8 Kali Lipat

Pemupukan II (2 – 4 Tahun)

Saat tanaman durian sudah berumur 2 – 4 tahun, lakukan pemupukan kedua tetap dengan menggunakan Pupuk Organik Granule GDM atau POG GDM, GDM Black BOS, dan GDM Buah. Penggunaan ketiga produk tersebut harus dilakukan dalam interval waktu dan metode yang sesuai.

Pertama, taburkan tiap lubang tanam tanaman durian dengan 1 kg POG GDM. POG GDM untuk tanaman durian dapat diaplikasikan setiap 4 bulan sekali dengan menggunakan dosis 100 kg/Ha.

Kedua, campurkan tiap 1 gelas GDM Black BOS ke dalam satu tangki hingga homogen, kemudian semprot merata pada daerah perakaran tanaman durian. GDM Black BOS untuk tanaman durian dapat diaplikasikan setiap 4 bulan sekali dengan menggunakan dosis 10 kg/Ha.

Ketiga, campurkan tiap 2 gelas GDM Buah ke dalam 1 tangki berisi air bersih hingga homogen, kemudian semprot merata campuran tersebut ke seluruh tanaman durian. GDM Buah untuk tanaman durian dapat diaplikasikan setiap 1 bulan sekali dengan menggunakan dosis 10 liter/Ha.

Pemupukan III (≥ 4 Tahun)

Saat pohon durian sudah berumur kurang lebih 4 tahun, lakukan pemupukan tetap dengan menggunakan Pupuk Organik Granule GDM atau POG GDM, GDM Black BOS, dan GDM Buah. Sebagai pupuk durian agar tidak rontok, penggunaan ketiga produk tersebut harus dilakukan dalam interval waktu dan metode yang sesuai.

Pertama, taburkan tiap lubang tanam tanaman durian dengan 2 kg POG GDM. POG GDM untuk tanaman durian dapat diaplikasikan setiap 4 bulan sekali dengan menggunakan dosis 200 kg/Ha.

Kedua, campurkan tiap 1 gelas GDM Black BOS ke dalam satu tangki hingga homogen, kemudian semprot merata pada daerah perakaran tanaman durian. GDM Black BOS untuk tanaman durian dapat diaplikasikan setiap 4 bulan sekali dengan menggunakan dosis 10 kg/Ha.

Ketiga, campurkan tiap 2 gelas GDM Buah ke dalam 1 tangki berisi air bersih hingga homogen, kemudian semprot merata campuran tersebut ke seluruh tanaman durian. GDM Buah untuk tanaman durian dapat diaplikasikan setiap 1 bulan sekali dengan menggunakan dosis 15 liter/Ha.

produk lengkap GDM

Keunggulan Pupuk Durian Produk GDM

Sebagai pupuk durian agar tidak rontok, pupuk GDM tentunya memiliki beberapa kelebihan sehingga dapat disebut sebagai pupuk terbaik untuk tanaman durian. Berikut merupakan keunggulan dari pupuk durian produk GDM.

Ramah Lingkungan

Kandungan 100% bahan organik dalam rangkaian produk GDM tidak akan membuat pohon durian menjadi resisten terhadap bahan-bahan kimia. Pupuk ini justru tidak akan merusak lingkungan dan dapat meningkatkan kualitas media tanam.

Baca juga: “Pemupukan Durian Montong, Membantu Hasilkan Panen yang Maksimal

Mencegah Penyakit Tular Tanah

Dengan menggunakan rangkaian produk GDM, pohon durian akan terhindari dari penyakit tular tanah, seperti rebah semai, busuk akar, busuk batang, bercak daun, layu tanaman, vibrio, dll. Selain itu pupuk GDM juga dapat meningkatkan antibodi pohon durian sehingga tidak akan mudah mati apabila diserang oleh hama.

Meningkatkan Produktivitas

Pupuk GDM dapat meningkatkan produktivitas tanaman durian karena produk ini bekerja untuk memperbaiki seluruh aspek yang dibutuhkan oleh tanaman, mulai dari unsur hara dalam tanah hingga tumbuh kembang durian. Buah durian yang dihasilkan tidak hanya banyak, tetapi juga memiliki daging dengan rasa yang lebih manis.

Rasakan keunggulan dari rangkaian pupuk GDM sekarang juga hanya dengan menekan tombol whatsapp di bawah ini. Pesan produk GDM sekarang juga atau lakukan konsultasi GRATIS dengan tim ahli GDM jika Anda masih bingung dengan panduan pemberian pupuk durian agar tidak rontok dan berbuah banyak.



author-avatar

About WAHYU NURWIJAYO, SP

Seorang profesional di Industri Pertanian dengan selalu menerapkan sistem keseimbangan ekologi agar budidaya pertanian berjalan efektif & efisien serta hasil produksi meningkat