Pertanian

Pupuk untuk Jagung biar Buahnya Besar, Maksimalkan Panen

menanam jagung di polybag

Jagung masuk ke dalam tanaman pangan substitusi pengganti padi. Permintaan pasarnya pun terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini dikarenakan jagung tak hanya digunakan sebagai pangan, tapi juga bisa digunakan sebagai pakan ternak dan bahan dasar pembuatan bioetanol. 

Nilai ekonomis jagung akan semakin tinggi, jika buahnya semakin besar. Oleh karenanya, merawat dan memperhatikan tumbuh kembang jagung sangatlah penting. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan pupuk untuk jagung biar buahnya besar. 

Berikut pupuk untuk jagung biar buahnya besar: 

Pupuk untuk Jagung Biar Buahnya Besar 

Pupuk GDM merupakan suplemen pelengkap organik bagi tanaman. Penggunaan rangkaian pupuk GDM secara lengkap dan rutin membantu memperbesar buah jagung secara maksimal. Bakteri premium dan bahan organiknya membantu meningkatkan bobot buah. 

Adapun pupuk GDM pembesar buah pada jagung adalah sebagai berikut: 

GDM Pangan

SOC tanaman pangan sayur

GDM Pupuk Organik Spesialis Tanaman Pangan memiliki formulasi khusus untuk meningkatkan produktivitas pertumbuhan jagung. Selain itu, GDM Pangan juga bermanfaat mempercepat proses pertumbuhan dan perkembangbiakkan akar, meningkatkan daya tahan tanaman, memperbesar buah tomat, serta meningkatkan hasil produksi. 

Untuk informasi lengkap, klik disini

GDM Black Bos

GDM Black Bos adalah Bio Organic Stimulant yang memiliki konsentrat tinggi. Pupuk ini sangat cocok digunakan sebagai pupuk dasar pada tumbuhan jagung. Selain itu, cocok digunakan saat pengolahan lahan sebelum tanam bibit. Black Bos juga mengandung unsur hara lengkap yang dibutuhkan jagung.

Kandungan bakteri premium GDM Black Bos berfungsi sebagai peningkat kualitas tanah, mencegah penyakit menular pada tanah dan tumbuhan, stimulan bakteri apatogen, serta mendegradasi polutan dan logam berat. 

GDM SaMe Granule Bio Organik

GDM SaMe Granule Bio Organik berfungsi sebagai nutrisi tanaman, rumah bagi bakteri alami, penghambat pertumbuhan jamur, menjaga kesuburan tanah, sekaligus penghasil hormon, enzim, dan antibiotik alami yang diperlukan saat tumbuh kembang jagung.  

Keuntungan Menggunakan Pupuk untuk Jagung biar Buahnya Besar 

Mencegah Penyakit Bulai Jagung 

Bulai jagung merupakan penyakit tular tanah yang menyerang jaringan akar. Jika tidak segera diatasi, penyakit ini bisa menyebar ke seluruh tubuh tanaman. Tanda penyakit ini telah menyebar adalah adanya garis putih di bagian daun. 

Bulai jagung bisa diatasi dengan penggunaan GDM Black Bos dan GDM SaMe secara rutin sejak masa pengolahan lahan tanam hingga saat dibudidayakan. 

Mencegah Penyakit Kresek 

Penggunaan pupuk GDM Organik membantu mencegah pertumbuhan jamur Cochilobolus heterostrophus. Sehingga jagung bisa terhindar dari penyakit kresek yang membuat panen tidak maksimal.

Mencegah Tanaman Jagung Mudah Roboh 

Bahan alami dalam pupuk GDM membantu stimulus pertumbuhan akar secara optimal. Sehingga akar menjadi lebat dan panjang. Dengan begitu, akar dapat menyerap nutrisi lebih dan menopang tumbuhan dengan maksimal. 

Oleh karenanya, penggunaan pupuk GDM dapat mencegah tanaman jagung dari kerobohan akibat akar yang kurang kuat. 

Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Jagung

Kelengkapan unsur hara menjadi penentu cepat tidaknya tanaman tumbuh. Oleh karenanya, GDM hadir dengan kandungan unsur hara lengkap yang membantu menyempurnakan nutrisi jagung saat masa pertumbuhan. 

Tongkol Jagung Terisi Penuh 

Bakteri phytohormon dalam pupuk GDM berfungsi untuk mempercepat tumbuhnya bunga jagung serta memaksimalkan pertumbuhan bulir pada jagung sehingga tongkol jagung lebih berisi. Jika tongkol jagung terisi penuh, maka harga jualnya akan semakin tinggi. 

Nah, itu tadi pupuk pembesar untuk jagung dari GDM. Penggunaan rangkaian lengkap pupuk GDM organik membantu meningkatkan pertumbuhan dan kualitas jagung sehingga menghasilkan panen tomat yang melimpah. Dengan GDM, siapapun bisa panen. 

author-avatar

About WAHYU NURWIJAYO, SP

Seorang profesional di Industri Pertanian dengan selalu menerapkan sistem keseimbangan ekologi agar budidaya pertanian berjalan efektif & efisien serta hasil produksi meningkat