Cara Menanam Bunga Matahari Terbukti Menghasilkan Panen Berlipat

Cara Menanam Bunga Matahari Terbukti Menghasilkan Panen Berlipat

cara menanam bunga matahari

Cara menanam bunga matahari – Bunga matahari (Helianthus annu L) biasanya digunakan sebagai tanaman hias, selain itu bunga matahari juga dapat di manfaatkan minyaknya dan bijinya sebagai makanan yakni kuaci. Bunga matahari dapat tumbuh di dataran tinggi maupun dataran rendah.

Oleh sebab itu budidaya bunga matahari sangat menguntungkan. Ada beberapa hal dalam memulai budidaya bunga matahari.

1. Syarat Menanam Bunga Matahari

Cara menanam bunga matahari yang pertama yaitu dengan mengetahui syarat syarat tanam bunga matahari. Dengan mengetahui syarat-syarat menanam bunga matahari, diharapkan tanaman bunga matahari ini bisa tumbuh dengan maksimal.

Berikut adalah syarat-syarat tumbuh tanaman bunga matahari yaitu dari kondisi kebun, tanah, intensitas cahaya, sumber air, waktu penanaman, serta pemilihan jenis bunga matahari.

A. Musim Tanam Bunga Matahari

Bunga matahari dapat tumbuh di dataran rendah atau tinggi sehingga perwatannya tidak terlalu rumit. Menanam bunga matahari yang tepat pada saat musim kemarau atau curah hujan tidak terlalu tinggi. Pada musim ini intensitas cahaya matahari cukup baik untuk perkembangan bunga matahari.

B. Jenis Bunga Matahari yang Ditanam

Ada banyak jenis bunga matahari tetapi hanya beberapa saja yang banyak di tanam di Indonesia antara lain:

  • Mamoth : memliki diameter saat mekar 30 cm
  • Autum beauty : memiliki kombinasi warna bunga orange, coklat dan merah, diameter saat mekar mencapai 15 cm, tinggi mencapai 2 meter.
  • Fiesta del sol : ciri khas berwarna mencolok merah, orange, tinggi tanaman bisa mencapai 1 meter
  • Big smile : tinggi tanaman hanya 30 cm, cocok pada lahan yang sempit
  • Sunbeam : memiliki tinggi tanaman 1 meter dengan diameter bunga saat mekar mencapai 10 cm

2. Cara Budidaya Bunga Matahari

Untuk menanam bunga matahari ada beberapa syarat yang di perhatikan yakni pemilihan bibit, penyemaian bibit bunga matahari.

A. Pemilihan Bibit Unggul Bunga Matahari

Untuk menanam bunga matahari sebelumnya harus menentukan jenis yang akan di tanam kemudian pilih bibit yang berkualitas. Memilih bibit yang bekualitas berkualitas akan berpengaruh terhadap bunga yang di hasilkan. Ciri-ciri indukan bunga matahari yang berkualitas sebagai berikut :

  • Tinggi batang sekitar 1-3 meter
  • Batang yang berkualitas berbentuk basah
  • Daun bunga matahari tunggal dan berbentuk hati
  • Bunga yang di hasilkan besar

Berikut ciri benih dari beberapa varietas :

  • Mammoth grey : benih berwarna putih, ukuran besar, memiliki corak garis hitam-coklat
  • Evening sun : benih memiliki variasi wana mulai dari putih sampai hitam
  • Velvet queen : benih memiliki ukuran yang lebih kecil

B. Penyemaian Bibit Bunga Matahari Secara Tepat

  • Periksa suhu, bunga matahari biasanya untuk tumbuh besar dan menghasilkan biji baru memerlukan 80 – 120 hari tergantung varietas. Bunga matahari tumbuh bagus pada suhu 64 – 91°F atau 18 – 33°C.
  • Melipat benih dalam tissue yang bertujuan untuk merangsang benih agar lebih baik saat di tanam karena tunas telah muncul. Basahi tissue jangan sampai terlalu basah. Letakkan biji bunga matahari di tengah tissue kemudian lipat. Benih di tanam sampai muncul ke permukaan tanah membutuhkan 11 hari, bila di letakkan pada tissue biarkan 1 – 2 minggu kemudian di tanam.
  • Memotong tepi kulit biji (jika perlu), jika dalam 2 – 3 hari tidak tumbuh maka potong tepi bijinya hati-hati jangan merusak benih bagian dalam kemudian di tetesi air agar lembab.

3. Persiapan Media Tanam Bunga Matahari

A. Cara Pengolahan Lahan Tanam Secara Tepat

Media tanam untuk bunga matahari dari kombinasi tanah dan kompos yang di campurdengan perbandingan 3:1. Penggunaan kompos agar nutrisi pada kompos menyatu dengan tanah karena mengandung unsur hara makro dan mikro yang membuat tanah menjadi subur. Selain pemberian pupuk kompos pemberian pupuk GDM SAME dan black bos akan membantu tanaman menjadi lebih subur. GDM SAME mengandung 5 bakteri dan black bos mengandung 4 bakteri yang di peruntukan sebagai bosster tanah. Fungsinya mendegradasi tanah yang keras menjadi gembur dan menambahkan nutrisi pada tanah.

B. Cara Menanam Bunga Matahari Dalam Pot atau Polybag

Setelah menentukan jenis bunga matahari dan memilih bibit yang berkualitas maka harus mempersiapkan media tanam. Bunga matahari tidak membutuhkan persyaratan khusus tetapi di sarankan tanah yang gembur untuk memudahkan proses penyerapan air. Penanaman benih ke media di lakukan dengan cara menancapkan bagian yang runcing kuaci ke media tanam jangan di benamkan semua sisakan bagian atas untuk tetap muncul permukaan.

Pembibitan bunga matahari dapat di semaikan pada polybag atau pot. Campuran pada polybag menggunakan tanah, kompos dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1. Kemudian di siram dengan air secukupnya dan tempatkan pada ruang yang tidak terpapar sinar matahari langsung. Penyiraman di lakukan rutin agar tanaman lembab.

4. Teknik Menanam Benih Bunga Matahari Secara Efektif

A. Lahan dan Jarak tanam benih bunga matahari

Menanam bunga matahari lebih baik pada lahan terbuka karena akan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Bunga matahari membutuhkan sinar matahari 6 – 8 jam/hari. Untuk menanam bunga matahari dengan kedalaman tanah 2,5 – 5 cm dengan jarak tanam 15 cm setiap tanaman agar tidak mengganggu tanaman lain. Jika menanam sekumpulan besar bunga matahari bei jarak 76 cm setiap lubang.

5. Cara Memelihara Bunga Matahari Secara Benar

A. Teknik Perawatan tanaman Bunga Matahari

Jaga kelembapan tanah hingga tunas muncul. Siram dengan jarak 7,5 – 10 cm jauh dari tanaman karena tunas masih kecil dan mudah rapuh hanyut terbawa air. Ketika tanaman sudah membentuk batang di siram seminggu sekali. Selalu pastikan tanaman tercukupi oleh sinar matahari. Potong tanaman bunga yang di rasa mengganggu pertumbuhan bunga yang lain agar berkembang dengan maksimal dan rapi serta tidak saling merebut nutrisi.

B. Teknik Pemupukan tanaman Bunga Matahari

Untuk pemberian pupuk di tujukan pada saat pemiliharaan. Jika di gunakan hanya untuk tanaman hias cukup dengan pemberian Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Hias di sekitar tanaman.

Pemberian POC GDM hias pada tanaman bunga matahari sangat baik karena mengandung 7 bakteri pilihan yang membantu penyerapan nutrisi dari tanah, memperpanjang akar, meningkatkan jumlah akar serta bakteri yang terkandung dalam POC menghasilkan enzim-enzim yang baik untuk pertumbuhan bunga matahari.

Bunga matahari harus di beri pupuk secara teratur. Usia 1 bulan pupuk yang cocok yakni NPK, mendekati 2 bulan bisa di berikan pupuk TSP dengan dosis sesuai umur.

C. Teknik Pengendalian Hama atau Penyakit

Untuk hama yang sering menyerang pada tanaman bunga matahari yakni burung, siput ataupun serangga lainnya. Cara untuk mencegahnya dengan memberi umpan terutama untuk siput agar tidak merusak tanaman. Jika tanaman sudah mencapai tinggi 1 meter lebih baik untuk segera memasang pagar di sekitar tanaman.

6. Cara Panen Bunga Matahari

Bunga matahari akan bertahan 30 – 45 hari dengan ciri bagian belakang kepala bunga matahari berubah warna dari hijau menjadi coklat. Jika ingin di keringkan tutupi bunga dengan kantung kertas untuk melindungi dari burung. Potong bunga dengan sedikit miring. Kemudian gantung kelopak bunga selama berminggu – minggu dan bijinya sudah dapat di ambil cukup di sodok dengan kayu atau dengan jari biji akan rontok dengan mudah.

Berikut adalah cara menanam bunga matahari, dengan mengikuti cara diatas semoga dulur-dulur dapat menanam bunga matahari dengan baik. Jika ada kendala dalam proses budidaya, jangan ragu untuk menghubungi kami untuk diskusi lebih lanjut dengan kami

GDM Info
GDM Info
Jika dulur-dulur ingin berdiskusi mengenai agrobisnis, dulur-dulur bisa langsung menghubungi tim ahli kami di 0812-600-70-600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *