Peternakan

Cara Memilih Bibit Ayam Petelur Agar Hasil Panen Maksimal 

cara memilih bibit ayam petelur

Permintaan yang besar terkait produk pasar ayam petelur semakin meningkat dari hari ke hari. Hal ini yang menyebabkan peminat terus bertambah. Melihat kebutuhan pasar yang naik, membuat prospek bisnis ini menguntungkan. Hal pertama yang perlu Anda pahami adalah cara memilih bibit ayam petelur terbaik.

Nah, melihat banyaknya keuntungan dari budidaya ayam petelur. Sebagian dari Anda mungkin tertarik untuk mencoba memulai usaha ini. Dulur bisa memulainya dari menentukan bibit ayam petelur unggulan yang bisa mendapatkan hasil maksimal. Artikel ini akan membahas tentang keuntungan,jenis ayam petelur, sampai ciri bibit ayam petelur yang baik dan sehat agar usaha ternak ayam petelur Anda maksimal. 

Keunggulan Budidaya Ayam Petelur 

Keunggulan pertama yang bisa Anda dapatkan permintaan masyarakat yang tinggi terhadap kebutuhan telur. Permintaan yang tinggi akibat jumlah konsumen Indonesia yang menyukai bahan dasar masakan. Menariknya, penjualan telur terus saja meningkat setiap hari. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang tinggi karena mampu menghasilkan telur secara konsisten. 

Selain dari permintaan yang tinggi, melihat pangsa pasar yang luas juga menjadi faktor keberhasilan ternak ayam petelur. Selain itu, keuntungan berikutnya, Anda yang ingin membudidayakan ayam petelur, jenis ayam ini memiliki nilai produksi yang tinggi, dalam sehari ia mampu menghasilkan sekitar 250-280 butir/tahun. 

Dengan Anda mengetahui cara memilih bibit ayam petelur yang tepat, budidaya ayam petelur bisa sukses dan mudah. Simak berikut ulasan selengkapnya.

Jenis Ayam Petelur Unggulan

Setelah Anda mengetahui keuntungan dari beternak ayam petelur, pemilihan bibit yang berkualitas dan sehat juga bisa menjadi faktor penting awal mula budidaya ayam menjadi sukses dan berhasil. Bagi Anda yang ingin mulai berbisnis ayam petelur, harus mengetahui jenis ayam petelur unggulan yang cocok untuk budidaya.

Ayam Rhode 

Ayam Rhode Island Red memiliki bulu berwarna merah kecoklatan dengan berat badan sekitar 2,5 hingga 3,5 kg. Mereka juga memiliki kemampuan bertelur yang baik, mampu menghasilkan sekitar 250-300 butir telur setiap tahun. Keunggulan dari ayam ini terletak pada produktivitas bertelurnya yang baik dengan cara yang mudah dalam proses perawatannya. Namun, Anda perlu memperhatikan kandang yang cukup luas, karena ayam jenis ini akan mudah sensitif jika terlalu sempit. 

Ayam Leghorn 

Masuk sebagai salah satu ayam petelur terbaik, Leghorn mampu menghasilkan sekitar 280-300 butir telur setiap tahunnya. Ayam Leghorn juga dikenal memiliki bulu yang menarik dengan variasi warna seperti putih, coklat, dan hitam. Selain itu, memiliki berat yang ringan dan dapat beradaptasi dengan baik di berbagai lingkungan.

Sama halnya dengan ayam Rhode, sifatnya yang aktif juga membuat ayam leghorn juga membutuhkan kandang yang besar dan luas untuk bergerak. 

Ayam Plymouth Rock 

Termasuk dalam jenis ayam impor, Ayam Plymouth Rock ini berasal dari Amerika Serikat. Ayam petelur ini terkenal dengan sifatnya yang ramah, mudah dijinakkan, dan memiliki pola warna yang unik. Keunggulan selanjutnya, jenis ini mampu menghasilkan sekitar 200-250 telur per tahun bagi ayam betina.

Tidak hanya itu, jenis ayam petelur ini juga memiliki ukuran tubuh yang besar, menjadikannya cocok sebagai ayam potong. Meski begitu, Anda harus memperhatikan kembali berat badannya agar tidak obesitas. 

Ayam Sussex 

Ayam Sussex dikenal memiliki tubuh yang besar dan seimbang, dengan bulu coklat muda yang tebal dan indah. Jenis ini masuk yang paling terkenal, ayam petelur Sussex betina memiliki produktivitas yang tinggi, mampu menghasilkan hingga 250 butir telur per tahun atau bahkan lebih. Selain itu, sifat mudah dijinakkan menambah keuntungan dari peternak ayam petelur loh. 

Meski demikian, Anda perlu memahami ayam Sussex dengan ketidakmampuannya yang relatif rendah dalam menghadapi penyakit dan cuaca ekstrem.

Ayam Australorp 

Jenis ayam yang satu ini tidak kalah keren dengan varietas ayam lainnya. Australorp terkenal mampu memproduksi telur sekitar 250-300 butir setiap tahunnya.. Ayam ini asalnya dari Australia dan memiliki bulu berwarna hitam yang mengkilap.

Kekurangannya jenis ayam ini tidak terlalu rutin dalam menghasilkan telur, sehingga peternak perlu rutin memeriksa mengenai produktivitas ayam Australorp. 

Cara Memilih Bibit Ayam Petelur Terbaik 

Nah, setelah Anda mengetahui beberapa jenis ayam petelur yang cocok untuk budidaya. Kini Anda harus mengetahui faktor penting yang mengenai cara pemilihan bibit ayam petelur yang baik agar bisa mengoptimalkan produksi telur melimpah. 

Pilih Ayam Betina yang Berkualitas 

Hal pertama yakni Anda perlu memperhatikan, dan memiliki indukan yang baik. Penting untuk menghindari penggunaan indukan yang buruk atau afkir. Anda mulai bisa memahami cara yang tepat untuk memilih ayam indukan untuk menghasilkan telur ayam yang baik. 

Pemilihan indukan harus dilakukan dengan teliti, memastikan bahwa ayam-ayam tersebut dalam kondisi kesehatan yang baik. Beberapa jenis indukan ayam yang terkenal dengan kualitasnya. Cara memilih bibit ayam petelur dengan mengandalkan induk bisa menjadi awal yang cukup mudah untuk budidaya.

Amati Ciri Bibit yang Baik 

Bila Anda mulai budidaya ayam petelur, maka Anda perlu mengetahui sejumlah kriteria atau tanda yang menunjukkan kualitas unggas yang baik. Hal itu bisa terlihat, seperti memiliki jengger yang tidak kasar, paruh yang pendek, mata yang bersih, sayap yang tidak rapuh, dan bulu yang sehat.

Jangan Asal Pilih Usia Bibit Ayam Petelur 

Anda perlu memahami sejumlah cara yang tepat dalam memilih bibit ayam petelur yang baik. Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek minimal usia pada ayam yakni 5 bulan dan memiliki berat sekitar 1,2 kg. 

Budidaya ayam petelur memberikan berbagai keuntungan bagi para peternak, dan salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas bertelur adalah dengan memilih jenis pakan yang sesuai. Selain memperhatikan kualitas pakan, pemilihan ayam jantan juga merupakan faktor kunci, di mana keberadaan ayam jantan yang sehat dapat meningkatkan kesempatan meraih hasil yang optimal.

Memilih Jantan yang Baik 

Selain mengandalkan salah satu betina ayam petelur yang berkualitas, Anda juga harus tahu bahwa memilih jantan yang sehat dan baik juga penting dalam mencoba mengoptimalkan metode budidaya ayam petelur. 

Dalam pemilihan ayam jantan yang berkualitas, disarankan untuk memilih ayam yang memiliki kondisi fisik yang kuat dan bulu yang lebat. Pilihlah ayam jantan dengan bobot tubuh sekitar 2 kg dan berusia antara 8-12 bulan. Proses pemilihan ayam jantan pada budidaya ayam petelur hampir serupa dengan budidaya ayam pedaging, di mana ayam jantan yang dipilih harus memiliki kondisi yang baik dan kesehatan yang optimal.

Rekomendasi Probiotik Ayam Petelur 

Suplemen Organik Cair Spesialis Peternakan 

probiotik ayam petelur

Suplemen organik cair ini merupakan probiotik organik cair yang lengkap dengan unsur mineral yang sangat membutuhkan banyak nutrisi. SOC Spesialis Peternakan ini mengandung berbagai bakteri baik yang bisa mencegah penyakit pada ayam petelur. 

Selain itu, manfaat SOC Spesialis Ternak bagi ayam juga bisa meningkatkan daya cerna ayam, meningkatkan produksi telur, menjaga keseimbangan mikroba dan mengurangi kematian ayam. 

Manfaat Suplemen Organik Cair 

Meningkatkan Nafsu Makan Ayam 

Kandungan bakteri alami pada probiotik bisa membantu menjaga sistem pencernaan ayam agar nutrisi tetap terserap dengan maksimal. Nafsu makan ayam juga terus maksimal dengan kualitas yang meningkat. 

Meningkatkan Kualitas Telur 

Bantuan probiotik ini bisa menambah kualitas dari telur agar membantu Anda dalam menghasilkan telur terbaik. Bakteri alaminya sangat baik bagi kesehatan ayam sekaligus lingkungan sekitar. 

Memperbaiki Kualitas Pakan 

Probiotik GDM ini memiliki keunggulan enzim fitase yang bisa membantu meningkatkan protein dan mineral yang diperlukan ayam. Pakan yang baik yakni sehat, bergizi dan berkualitas. 

Mempercepat Waktu Panen 

Kandungan probiotik yang baik pada GDM bisa berfungsi dengan baik untuk membantu proses percepatan dan pertumbuhan ayam secara alamiah. Selain itu, juga bisa meningkatkan hasil yang lebih cepat dengan optimal. 

Demikian rekomendasi probiotik terbaiknya. Pemberian pakan yang teratur dapat menghasilkan telur dengan kualitas terbaik. Anda bisa konsultasikan lebih lanjut terkait dengan panen ayam petelur maksimal dengan Suplemen Organik Cair GDM.